Home » Ragam » Ingin Kerja di Industri Migas? Ini Pertimbangan Untuk Anda

Ingin Kerja di Industri Migas? Ini Pertimbangan Untuk Anda

Perusahaan Migas

RUANGPEGAWAI.com – Banyak pegawai yang mendambakan bisa bekerja di perusahaan minyak dan gas (migas). Salah satu alasannya adalah untuk mendapatkan gaji yang tinggi, baik di perusahaan migas milik pemerintah maupun swasta.

Akan tetapi gaji tinggi itu juga berbanding lurus dengan tugas kerja yang diberikan.

Jika Anda melihat pekerjaan para engineer perusahaan migas, mereka bekerja dengan risiko yang tinggi. Ya sebanding dengan hasil yang didapatkan.

Untuk itu jika Anda ingin bekerja di perusahaan migas, ada beberapa pertimbangan yang harus Anda tahu. Diantaranya :

#1 Tidak bisa dekat dengan keluarga

Industri migas ini tidak tiap daerah ada. Hanya daerah-daerah tertentu saja yang ada, seperti di kawasan Blok Cepu. Ini artinya tempat Anda bekerja pun juga akan jauh dari keluarga. Anda bisa saja akan bekerja berbulan-bulan dan tidak bisa pulang ke rumah karena ada tanggung jawab kerja yang harus Anda kerjakan.

Bagi Anda yang baru saja menikah tentu ini tantangan tersendiri bagi keluarga Anda.

Inilah salah satu konsekuensi yang harus Anda terima jika ingin bekerja di industri migas.

#2 Risiko kerja yang cukup tinggi

Seperti yang sudah disenggol di atas, bahwa pekerjaan di sektor migas punya risiko yang cukup tinggi. Apalagi jika Anda seorang engineer. Keselamatan kerja sangat dijaga. Karena bisa saja Anda akan terkena gas berbahaya atau adanya kecelakaan kerja lainnya.

Akan tetapi risiko-risiko itu bisa diminimalisir dengan etos kerja yang baik dan dukungan SOP perusahaan yang berstandar.

#3 Persaingan yang tinggi

Bisa saja lulusan SMA bekerja di industri migas, akan tetapi perlu ketekunan dan kesabaran dalam menghadapi persaingan. Apalagi saat ini industri migas dituntut untuk cepat dalam mengikuti perkembangan teknologi. SDM nya pun juga harus memiliki kemampuan yang setara dengan teknologi yang ada.

Misalnya saja melalui sertifikasi atau pelatihan. Kalau tidak maka akan kalah dengan orang-orang yang terus mengupgrade keahliannya.

#4 PHK Mengancam

Meski bisnis sektor migas berskala internasional, tetapi faktor harga minyak yang turun menyebabkan beberapa perusahaan migas terancam untuk mengistirahatkan pegawainya untuk memangkas nilai produksi.

Akan tetapi itu tidak selamanya dilakukan, beberapa perusahaan migas besar seperti PT Pertamina (Persero) tentu bisa mengatasi hal semacam itu.

***

Itu beberapa pertimbangan jika Anda ingin bekerja di perusahaan migas. Setiap profesi pekerjaan pasti akan ada risikonya. Yang terpenting sekarang adalah apakah Anda akan mau menerima risiko dan tantangan itu atau tidak.

Semoga Anda sukses!