Alasan Seseorang Tidak Betah Kerja di Rumah

Tidak Betah Kerja di Rumah

Tidak Betah Kerja di Rumah | Kerja di Rumah karena pandemi Corona (COVID-19) membuat banyak karyawan yang perlu menyesuaikan diri dengan sistem kerja yang satu ini. Meskipun terlihat menyenangkan, karena bisa kerja di rumah, tetapi banyak juga karyawan yang ternyata tidak betah kerja dari rumah.

Bahkan dari pihak keluarga pun ada yang merasa tidak nyaman karena ada anggota keluarganya yang saat ini bekerja di rumah. Tentu ini hanya masalah adaptasi saja. Tapi ya mesti bagaimana lagi, Pemerintah sudah menghimbau masyarakat untuk bekerja di rumah (Work from Home). Pihak perusahaan pun beberapa juga ada yang meliburkan karyawannya dan menyuruhnya untuk bekerja dari rumah saja.

Ada beberapa alasan mengapa seseorang tidak betah kerja di rumah, di antaranya :

Tidak Betah Kerja di Rumah

1. Kurangnya Fasilitas

Yang semula kerja di kantor bisa menggunakan fasilitas kantor dengan lengkap, sekarang saat kerja di rumah fasilitas sangat terbatas. Yang semula dilakukan secara fisik, sekarang dibuat digital kemudian dikirim secara online.

Meskipun sebenarnya jadi mudah, tetapi bagi karyawan yang tidak biasa dengan kerja secara online justru akan jadi ribet.

Mau mempelajari tidak keburu karena di lain sisi juga dikejar kerjaan kantor. Akhirnya situasi ini sedikit membuat frustasi dan merasa tidak betah dengan kondisi seperti ini.

Baca juga : 5 Bisnis Rumahan Untuk Karyawan

2. Jaringan Internet yang Lelet

Salah satu fasilitas yang perlu dibutuhkan saat kerja di rumah adalah jaringan internet. Karena dengan jaringan internet, karyawan bisa mengirim dokumen, email, online meeting, dan berkomunikasi dengan rekan kerja lain secara online.

Sayangnya bagi karyawan yang tidak memiliki jaringan internet yang cepat ini akan jadi masalah. Mau ke warnet jelas tidak boleh keluar rumah. Akhirnya stress dan tidak betah dengan kondisi seperti ini.

3. Keluarga yang Tidak Mendukung

Bagi karyawan yang memang biasanya kerja ya di kantor, pasti tidak akan memiliki ruang kerja khusus di rumahnya. Nah ketika momen seperti ini jelas agak repot jika harus kerja di rumah. Selain memang harus menyiapkan ruang atau tempat kerja yang proper, juga perlu mendapat dukungan dari pihak keluarga.

Sayangnya banyak juga keluarga yang tidak paham dengan kondisi ini. Misalnya saja ketika suami harus kerja di rumah, keluarga (anak) malah mengajaknya bermain saat jam kerja. Pasti ini dilema, istri pun juga tidak paham kondisi ini. Sehingga karyawan yang sejatinya bisa fokus kerja di rumah harus menghadapi keriuhan suasana di rumah.

Ini faktor terbesar karyawan tidak betah kerja di rumah. Bahkan ada juga keluarga yang malah bertengkar terus karena suaminya kerja di rumah.


Baca juga : Yakin Nih Mau Membawa Pekerjaan ke Rumah?

Mari kita tetap dukung keluarga kita yang saat ini sedang bekerja di rumah. Mereka bekerja di rumah bukan tanpa alasan. Ini kondisi yang tidak bisa dilawan, dan memang sudah harus demikian.

Untuk karyawan yang saat ini diminta bekerja di rumah, gunakan waktu ini dengan bijak dan atur waktu yang baik. Memang agak kurang fokus jika bekerja di rumah, tetapi manfaatkan media dan fasilitas internet yang ada untuk mengoptimalkan pekerjaan Anda. Semoga wabah ini segera selesai.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.