Tips Mengatur Keuangan Sebelum Resign

Sebelum Resign Kerja Baiknya Mengatur Keuangan Anda, Baca Tips Ini

RuangPegawai.com – Kalau mau resign kerja jangan hanya menyiapkan pekerjaan baru apa yang harus dicoba. Tapi masalah keuangan atau finansial juga perlu diperhatikan. Karena sudah pasti jika sudah resign nanti pasti tak akan mendapatkan pemasukan dari gaji. Lha wong sudah nggak kerja.

Ya pengennya sih setelah resign langsung dapat pekerjaan baru, sehingga tak berlarut lama dalam keadaan kekosongan dana keuangan.

Tapi itu kadang tak bisa diprediksi. Banyak yang nganggur lama setelah resign. Endingnya adalah kondisi ekonomi yang semakin menipis. Apalagi kalau sudah berkeluarga. Duh…. anak istri mau dikasih makan apa…..

Ada baiknya sebelum resign memang sudah mempersiapkan segalanya termasuk masalah keuangan. Ya minimal biaya untuk hidup satu bulan. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Sisihkan Uang Untuk Dana Talangan

Setelah resign pastinya tak akan punya pendapatan. Itu yang pertama. Yang kedua, berarti Anda harus mempersiapkan dana untuk hidup setelah resign dari dana yang Anda punya sebelumnya. Nah, sebelum resign ada baiknya menyisihan uang untuk dana talangan. Dana ini digunakan untuk biaya hidup atau keperluan yang penting setelah keluar dari pekerjaan nanti.

Baca juga: Tips Resign Dari Perusahaan Dengan Tenang

Minimal Anda harus menghitung dana talangan ini untuk keperluan makan, bayar kost (jika ngekost), atau biaya primer lainnya yang wajib untuk dikeluarkan.

Kalau sudah berkeluarga berarti dana talangan akan semakin besar.

2. Stop Jajan Yang Tidak Perlu

Hemat sangat penting di bulan-bulan akhir menjelang resignKarena daripada uang buat jajan hal-hal yang tidak penting, lebih baik ditabung untuk bekal nanti setelah keluar kerja. Batasi pengeluaran yang sekiranya itu hanya untuk foya-foya dan hiburan semata. Seperti nonton film, nongkrong di cafe, beli baju baru, dan beli ini itu yang tidak perlu.

3. Awas Jangan Ngutang

Jangan pernah mencari utangan untuk biaya hidup setelah resign. Nanti itu justru akan memberatkan keuangan ketika dalam kondisi tak punya pemasukan. Kalau pun ingin ngutang, lebih baik nominalnya tak besar, dan periodenya tak panjang. Sehingga bisa dicicil dalam waktu dekat dengan nominal yang tak memberatkan keuangan.

4. Carilah Pekerjaan Sampingan

Yeah, ini solusi yang cukup apik untuk menopang kondisi keuangan dalam sementara waktu. Anda bisa mencoba untuk mencari pekerjaan sampingan apa saja yang penting bisa menghasilkan uang dan halal. Tak perlu memperhatikan nominalnya banyak atau sedikit, tapi yang penting hasilnya bisa untuk menopang hidup untuk sementara waktu sembari mencari pekerjaan baru.

Baca juga: Cara Efektif Melamar Pekerjaan Di Era Modern

5. Bergaulah Dengan Banyak Teman

Banyak teman banyak rejeki, meski mau resign jangan sampai putuskan silahturahmi. Tetap jaga pergaulan karena itu akan mendatangkan hal-hal baru untuk Anda. Dan bisa jadi dari pergaulan itu Anda diajak makan teman, dikasih ini itu, yang itu akan menghemat pengeluaran. Yang lebih penting lagi Anda akan mendapatkan informasi lowongan pekerjaan baru yang sekiranya cocok untuk Anda.

Itu beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatur keuangan sebelum melakukan resign. Karena Anda tak tahu kapan akan mendapatkan pekerjaan baru. Tapi syukur-syukur setelah resign langsung ada yang menawarkan pekerjaan baru yang lebih baik dari pekerjaan sebelumnya. ^^

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...