Home » Tips » Tips Melamar Pekerjaan Yang Mensyaratkan Pengalaman Kerja

Tips Melamar Pekerjaan Yang Mensyaratkan Pengalaman Kerja

Tips Melamar Pekerjaan

RuangPegawai.com – Beberapa lowongan pekerjaan memang mengharuskan kandidat untuk memiliki pengalaman kerja. Syarat ini sudah biasa ada, terlebih jika perusahaan ingin menjadi pegawai yang telah profesional dan berpengalaman.

Sebenarnya tujuan dari syarat harus punya pengalaman kerja itu agar ketika nanti diterima dan bekerja di perusahaan tersebut, langsung bisa beradaptasi dengan lingkungan perusahaan maupun bidang pekerjaannya.

Adanya persyaratan ini, kadang mematahkan semangat bagi para kandidat yang belum memiliki pengalaman kerja, biasanya sih yang masih fresh graduate.

Tapi tenang, sebagai calon pegawai hebat, syarat seperti itu bukan jadi masalah besar. Justru itu bisa dijadikan tantangan untuk bisa berkembang lebih baik dari sekarang.

Jika Anda adalah fresh graduate atau memang seseorang yang belum pernah memiliki pengalaman kerja sama sekali, coba baca tips berikut ini. Ruang Pegawai tidak menjamin Anda diterima, tapi paling tidak bisa memotivasi Anda untuk tetap bisa melamar pekerjaan dengan baik meskipun tidak punya pengalaman kerja.

Ada beberapa tips yang bisa Anda jadikan referensi.

#1 Pertegas Skill Anda Di Dalam CV

Meskipun Anda belum punya pengalaman kerja, tapi Anda punya skill yang bisa dijual ke perusahaan tersebut. Tegaskan dalam CV jika Anda punya keahlian yang memang sesuai dengan bidang Anda dan tentunya sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Tentu perusahaan akan menimbang lagi jika Anda memang seorang yang ahli di dalam bidang tersebut.

Untuk menguatkan keahlian itu, Anda harus melampirkan karya-karya yang telah Anda buat atau bahasa kerennya “portfolio“. Portfolio ini adalah bukti nyata bahwa Anda bisa dan memang ahli dalam bidang itu. Meski Anda belum punya pengalaman kerja, tapi keberadaan portfolio menjadi pertimbangan kuat bagi perusahaan untuk menerima Anda.

#2 Jelaskan Jika Anda Pernah Aktif Dalam Organisasi

Seperti yang sudah disinggung di atas, alasan perusahaan menjadi pegawai yang berpengalaman itu adalah agar mudah beradaptasi dengan lingkungan dan pekerjaan itu sendiri. Nah, masalah lingkungan perusahaan itu berkaitan dengan soft skill. Orang yang sudah punya pengalaman kerja pasti akan mudah bergaul dengan rekan sekantor, sudah tahu caranya kerja tim, dan lainnya.

Nah, untuk mengatasi hal itu, Anda bisa menjelaskan jika Anda pernah aktif dalam sebuah organisasi. Tulis saja dalam CV Anda jika Anda pernah ikut UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) ketika kuliah, pernah mengadakan acara-acara kampus, aktif di organisasi, menjadi ketua ini itu misalnya, dan lainnya.

Hal-hal seperti itu akan menjadikan nilai plus untuk diri Anda meskipun belum pernah punya pengalaman kerja.

Poin ini juga bisa sebagai pemicu bagi Anda yang masih sekolah atau kuliah. Mulai saat ini jangan sekedar menjadi siswa atau mahasiswa yang pasif. Tapi lebih aktifnya ikut acara-acara yang positif. Dan akan lebih baik ikut mengurusinya. Karena itu akan mengasah soft skill Anda. Coba baca juga artikel yang ini (Jangan Minder Jika Memiliki IPK Rendah, Anda Bisa Melakukan Hal Ini).

#3 Belajarlah Untuk Terbuka

Jika Anda sudah memiliki keahlian dan aktif dalam kegaitan-kegiatan, cobalah untuk selalu belajar terbuka. Jangan pernah malu untuk belajar tentang dunia baru. Ketika Anda nanti bekerja untuk pertama kalinya, pasti akan ada hal baru yang mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman. Itu hal biasa, karena memang Anda baru pertama kali bekerja.

Yang terpenting adalah bagaimana attitude Anda dalam mengatasi keadaan itu. Ketika wawancara kerja, usahakan untuk meyakinkan interviewer jika meskipun Anda belum punya pengalaman kerja, tapi Anda akan berjanji untuk belajar dan cepat beradaptasi. Kesungguhan ini harus Anda perlihatkan agar pihak perusahaan yakin dan siap menerima Anda.

Ketahuilah, meskipun ada pesyaratan yang mengharuskan punya pengalaman kerja, tapi itu semua tidak menjamin perusahaan untuk mendapatkan pegawai yang terbaik. Untuk itu Anda yang belum punya pengalaman kerja, tetaplah semangat dan optimis untuk bisa diterima di perusahaan yang mensyaratkan pengalaman kerja. Karena Anda memang layak untuk diterima!

Bagikan artikel ini :