Tips Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus

Masalah mahasiswa setelah lulus kuliah adalah sulit cari kerja. Padahal status sudah Sarjana bahkan ada yang lulus dengan predikat Cumlaude. Jarang-jarang ada yang lulus langsung cepat dapat kerja, atau mungkin sebelum lulus sudah dapat kerja. Akhirnya perlu menunggu berbulan-bulan untuk melamar kerja, dipanggil interview dan dapat kerja. Ada pula yang perlu menunggu hingga setahun lebih.

Inilah problema mahasiswa kita setelah lulus kuliah. Masih banyak yang merasa susah cari kerja. Sehingga semakin membuat jumlah pengangguran di Indonesia bertambah banyak.

Baca juga : 7 Alasan Kenapa Pengangguran Semakin Banyak

Sebenarnya masalah itu bisa dipersiapkan sejak masih kuliah. Sayangnya masih banyak yang belum mau mempersiapkan. Urusan cari kerja nanti diurus setelah lulus saja, seperti itu kebanyakan pemikiran mahasiswa.

Tapi tenang, jika kamu ingin cepat dapat kerja setelah lulus kuliah kamu bisa lakukan ini.

1. Fokus dan Dalami Keahlianmu Selama Kuliah

Selama kamu masih kuliah, khususnya jika sudah semester-semester akhir, persiapkan dirimu agar bisa terjun di dunia kerja. Salah satunya adalah dengan fokus dan mendalami keahlian mu. Jangan bergantung pada materi perkuliahan, kamu harus lebih aktif sendiri untuk bisa mengembangkan keahlianmu.

Karena keahlian ini adalah senjata kamu untuk bisa bekerja nanti. Kalau masih menganggap senjata utama adalah ijazah, kamu salah. Untuk apa punya ijazah tapi tidak punya keahlian. Alhasil ketika nanti mau melamar kerja dan melihat kualifikasi yang diinginkan, kamu akan minder sendiri karena tak punya keahlian itu.

Jadi fokuslah sama keahlian yang memang ingin kamu dalami.

2. Gunakan Fasilitas Lowongan Kerja Online

Beruntunglah yang lulus di era-era sekarang ini. Karena untuk melamar kerja sudah tidak perlu lagi membuat CV, mencetaknya, kemudian mengirim ke perusahaan lewat pos. Karena sekarang sudah banyak perusahaan yang sudah memanfaatkan layanan lowongan kerja online untuk menerima lamaran dari para kandidat.

Manfaatkan situs lowongan kerja online untuk memudahkan kamu mencari pekerjaan yang cocok dengan keahlian yang kamu kuasai. Kemudian apply lewat situs tersebut.

Tips untuk kamu yang merasa itu pekerjaan yang kamu banget, tapi keahlian masih kurang mumpuni, tetap lamar saja. Karena meskipun perusahaan kadang memberikan kualifikasi yang tinggi, jika kamu attitude nya bagus, mau berkembang dan belajar, dan tentunya sudah punya basic di keahlian itu, biasanya akan dicoba (diterima). Jadi jangan minder dulu.

3. Cari Kerja Sebelum Lulus

Maksudnya sebelum lulus itu adalah ketika skripsi kamu sudah hampir selesai atau pas sudah selesai dan dinyatakan lulus, sehingga cukup menunggu waktu wisuda saja. Nah, meskipun kamu belum wisuda dan belum ada ijazah maupun dokumen lain, kamu bisa melamar kerja waktu itu juga.

Jelaskan saja kamu sudah lulus dan tinggal menunggu wisuda saja.

Kadang ada mahasiswa yang merasa kalau belum wisuda belum pantas cari kerja. Itu hanya alasan agar bisa punya banyak waktu buat main-main aja.

4. Belajar Menghadapi Wawancara Kerja

Masalah para Fresh Graduate saat melamar kerja adalah ketika wawancara. Kadang ketika wawancara kerja banyak melakukan kesalahan, seperti tidak menggunakan pakaian yang rapi, grogi, dan lainnya. Sebaiknya belajar cara menghadapi wawancara kerja dengan rekan yang sudah bekerja. Atau bisa berkonsultasi dengan orang yang sudah berpengalaman.

Jangan malu, daripada nanti saat wawancara kerja kamu gagal, lebih baik persiapkan dari sekarang.

Baca juga : Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja Yang Sulit Dijawab

5. Jaga Etika

Masalah kaum milenial sekarang ini adalah etika, dan ini kadang terbawa saat melamar kerja. Pernah ada kasus ketika seorang fresh graduate ingin melamar kerja. Waktu kirim email, cara bertanyanya layaknya bertanya kepada teman. Tanpa ada sopan santun, perkenalan, pokoknya langsung tanya dengan bahasa pergaulan sehari-hari.

Hey, HRD mana yang bakal melirik mu jika cara kamu seperti itu? Apapun perusahaannya, tetapi jaga etika. Belajar bagaimana cara mengirim email ke HRD yang baik, bagaimana cara berkomunikasi untuk menanyakan lowongan pekerjaan dan lain-lain.

Anda mungkin juga suka :

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *