Bagian Tubuh yang Perlu Kamu Jaga Saat Sedang Presentasi

Kontak Mata Presentasi

Ketika Anda sedang presentasi di kantor baik sedang rekan satu perusahaan atau bahkan dengan klien, pastikan untuk melakukannya dengan baik. Apalagi jika presentasi itu sangat menentukan keputusan penting di dalam sebuah perusahaan.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa presentasi dengan baik. Salah satunya adalah dengan memperhatikan bagian-bagian tubuh saat presentasi.

Karena gerakan tubuh Anda itu sangat mempengaruhi kualitas presentasi. Meskipun materi presentasinya menarik tapi jika gerak gerik tubuh Anda tidak mencerminkan sikap profesional, pasti para audience pun juga akan meremehkan Anda.

Lalu bagian tubuh mana yang perlu di jaga saat sedang presentasi?

Menurut kami yang paling penting adalah mata. Ya, mata ini sangatlah berpengaruh ketika kita sedang berkomunikasi dengan lawan bicara kita. Kontak mata kita saat sedang presentasi itu sangat mencerminkan bagaimana keadaan kita saat itu dan bagaimana kita menghargai para pendengar.

Kontak Mata Presentasi

Coba saja lihat ketika ada orang sedang presentasi tapi matanya ‘jelalatan’ kemana-mana, jelas para audience juga merasa kurang dihargai.

Tapi selain itu, kontak mata di saat presentasi itu sangat penting, ini beberapa alasannya :

1. Menjaga harga diri dan meningkatkan kewibawaaan

Ketika Anda sedang presentasi, objek utama Anda itu hanya ada dua yaitu audience dan slide presentasi. Apabila mata Anda malah melihat ke sudut-sudut yang lain, itu akan mengurangi kewibawaan Anda sebagai presenter. Anda akan kurang dipercaya oleh audience.

Misalnya saja pandangan Anda sering ke atap atau malah sering menunduk.

2. Menarik perhatian audience

Agar presentasi Anda mendapatkan perhatian dari audience, salah satu yang bisa dilakukan adalah menjaga kontak mata ke audience. Pastikan pandangan Anda selalu diarahkan ke mata audience. Ini sederhana, tetapi secara tidak langsung ini membuat audience merasa diperhatikan dan mereka pun akan memberikan perhatian balik ke Anda.

Ini juga untuk menjaga para audience untuk tetap fokus dengan diri Anda.

Audience Presentasi

3. Meningkatkan konsentasi Anda

Ingat, ketika presentasi objek pandangan Anda hanya ada dua, slide presentasi dan audience itu sendiri. Ketika Anda berhasil menjaga kontak mata di kedua objek ini, maka Anda bisa lebih berkonsentrasi.

Tapi sebaliknya jika mata Anda malah memandang ke berbagai sudut di luar objek tersebut, konsentrasi malah akan mudah terpecah.

4. Membangun kepercayaan diri

Rasa percaya diri itu tumbuh jika apa yang kita sampaikan itu diperhatikan oleh orang lain. Nah di dalam presentasi juga seperti itu, dengan menjaga kontak mata ke audience, maka ini akan mengundang audience untuk mendengarkan dan memperhatikan kita.

Ketika Anda melihat mata audience dan mereka juga melihat diri Anda, maka secara tidak langsung ini akan meningkatkan rasa kepercayaan diri Anda.

Baca juga : Komunikasi Penting, Tips Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Ini Akan Membantu Anda

5. Memancing keterlibatan audience

Di dalam presentasi pasti ada kalanya Anda butuh keterlibatan audience, entah itu sebuah tawa, tepuk tangan atau bahkan pertanyaan.

Nah untuk memancing keterlibatan audience tersebut, Anda perlu memperhatikan kontak mata Anda dengan audience. Berikan tatapan mata yang tajam dan penuh kepercayaan diri. Sehingga apa yang Anda presentasikan akan lebih mudah sampai ke para audience. Dan akhirnya setiap apa yang Anda ucapkan pasti akan mendapatkan interaksi dari para audience.

Keterlibatan Audience

Menjaga kontak mata sangatlah penting dalam hal berkomunikasi dengan orang lain, baik itu saat presentasi, public speaking atau sekadar bicara empat mata dengan orang lain.

Banyak orang yang tidak dihargai saat berbicara hanya karena tidak bisa mengendalikan kontak mata. Sehingga dianggap meremehkan lawan bicara. Pastikan Anda memperhatikan bagian tubuh yang satu ini ketika sedang presentasi.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *