Tugas Accounting Staff / Staf Akuntan / Accounting Officer

Tugas Akuntan

Setiap perusahaan pasti membutuhkan Accounting Staff untuk membantu masalah manajemen keuangan perusahaan. Jabatan ini cukup vital dan tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Karena seorang Accounting Staff atau Staf Akuntan harus menguasai bidang akuntansi, dan itu perlu belajar.

Sebenarnya tugas Accounting Staff dan Accounting Officer itu sama, hanya beda penyebutan saja.

Profesi Accounting Staff ini memiliki tanggung jawab salah satunya adalah membuat laporan keuangan perusahaan. Laporan ini harus berformat dokumen, bukan hanya dalam bentuk lisan yang disampaikan ke atasan. Karena ada hubungannya dengan laporan keuangan, maka seorang Accounting Staff harus punya ketelitian tinggi.

Selain harus paham soal akuntansi, biasanya juga harus paham soal perpajakan. Karena ini nanti saling berkaitan ketika membuat laporan.

Tugas Akuntan

Mungkin lebih detailnya mari kita lihat fungsi dan tugas Accounting Staff.

Jabatan Accounting Staff ini adalah jabatan paling bawah di bidang ini, sedangkan jabatan atasnya adalah Accounting Manager. Jadi bisa saja seorang Accounting Staff naik jenjang kariernya sebagai Accounting Manager.

Tanggung Jawab Accounting Staff

Seorang Accounting Staff ini memiliki aktivitas dan tanggung jawab utama yakni melakukan dokumentasi dan pencatatan di keuangan perusahaan. Profesi ini hanya fokus di lingkup keuangan perusahaan saja tidak ke yang lain.

Kalau perusahaannya skala besar, biasanya Accounting Staff berjumlah banyak. Kalau perusahaan kecil biasanya hanya satu saja cukup.

Baca juga : Ini Dia Tugas Pegawai Administrasi Perkantoran

Tugas Accounting Staff

Tugas yang dilakukan staf akuntan perusahaan ini cukup banyak, diantaranya adalah :

  • Membuat lapporan keuangan perusahaan
  • Membuat laporan perpajakan perusahaan
  • Mengatur administrasi keuangan perusahaan
  • Menyusun anggaran pengeluaran perusahaan baik setiap bulan maupun tahun
  • Menyusun anggaran pemasukan perusahaan baik setiap bulan maupun tahun
  • Memproses pembayaran gaji bagi karyawan
  • Melakukan surat menyurat yang ada hubungannya dengan bidang perbankan maupun keuangan
  • dll

Tugas-tugas di atas bukannya tugas yang selalu dilakukan di sebuah perusahaan. Karena itu kembali lagi ke setiap perusahaan, bagaimana kebijakannya. Tetapi garis besarnya seperti itu.

Nah biasanya perusahaan mencari Accounting Staff itu dengan syarat pendidikan minimal D3/S1 Jurusan Akuntasi/Perpajakan. Akan lebih baik jika sudah memiliki pengalaman bekerja di bidang ini. Tetapi semua itu ya kembali lagi ke perusahaan, bagaimana mereka membutuhkan profesi ini.

Dan sekarang pun juga banyak perusahaan yang mensyaratkan pendidikan minimal SMK Jurusan Akuntasi. Karena lulusan SMK juga bisa bersaing. Itulah sedikit informasi mengenai tugas accounting staff.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *