Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Perbedaan Tugas Marketing Executive dengan Marketing Manager

Marketing Executive

Kalau Anda ingin bekerja di bidang marketing, pasti akan menemui banyak jenis profesi marketing, seperti yang akan kita bahas kali ini, yakni Marketing Executive dan Marketing Manager.

Meskipun sama-sama di bidang marketing, tetapi job desc masing-masing profesi ini berbeda. Untuk lebih jelaskan, berikut penjelasannya.

Tapi sebelumnya kita ketahui dulu apa itu Marketing.

Marketing adalah sebuah proses yang tujuannya untuk memasarkan produk dan mengenalkan produk ke masyarakat dengan cara-cara tertentu agar produknya bisa disukai oleh masyarakat. Jadi marketing itu juga memikirkan bagaimana strateginya hingga bagaimana agar masyarakat (konsumen) bisa puas.

Tanggung Jawab Marketing Executive dan Marketing Manager

Marketing Executive dan Manager memiliki peran dalam membantu organisasi dalam mempromosikan bisnis mereka. Sementara Marketing Executive memiliki fokus pada perencanaan dan pengembangan materi promosi. Sedangkan Marketing Manager mengumpulkan informasi tentang pasar yang sesuai dengan produk atau layanan.

Kedua profesi ini akan saling terkai, bekerja sama dan memastikan bahwa semua anggota tim marketingnya berada pada visi misi yang sama.

Itu tanggung jawab Marketing Executive dan Manager secara umum. Mungkin tiap perusahaan memiliki tanggung jawab yang berbeda, menyesuaikan dengan kondisi perusahaan.

Baca juga : [RTALK] Ngobrolin Profesi Digital Marketing Bareng Rizkiani Rahma Putri

Marketing Executive

Tugas Marketing Executive

Secara umum, Marketing Executive memiliki tugas untuk membuat, mengawasi dan meninjau materi promosi dan campaign dalam suatu organisasi/perusahaan.

Sebagian besar pekerjaan Marketing Executive adalah bertemu dengan klien, mengirimkan penawaran project ke bisnis potensial, dan lainnya. Untuk itu mereka harus memiliki keterampilan sosial yang baik.

Seorang marketing executive juga harus mau menemui klien dan menawarkan produknya. Selain itu juga harus bisa mencari peluang kerja sama baru.

Tanggung Jawab Marketing Executive

Untuk tanggung jawabnya secara khusus meliputi :

  • Membuat Siaran Pers yang nantinya dibagikan ke media / pers
  • Melakukan penjualan ke klien
  • Menganalisa pasar penjualan dan iklan
  • Mengembangkan tujuan dari penjualan dan promosi yang efektif

Baca juga : Seperti Ini Tugas Marketing Communication (Marcom)

Tugas Marketing Manager

Sedangkan Marketing Manager memiliki tugas untuk mengawasi bagian penjualan dan pemasaran lainnya. Selain itu juga bekerja untuk memahami permintaan suatu produk / layanan yang nantinya bisa diteruskan ke pihak lain.

Bekerja di profesi ini harus memiliki keterampilan analisa yang baik agar bisa memperkirakan permintaan produk berdasarkan data dan tren pemasaran yang sudah ada.

Marketing Manager ini bekerja dengan banyak anggota staf atau departemen di bawahnya, jadi mereka harus bisa memiliki komunikasi yang efektif dan efisien. Sangat perlu memiliki keterampilan dalam hal leadership dan organisasi agar bisa memotivasi dan meminta bawahannya secara positif.

Marketing Manager juga perlu memiliki kreativitas untuk menciptakan ide-ide baru yang bisa membantu mempromosikan organisasi/perusahaan. Dan tak jarang Marketing Manager melakukan pekerjaan untuk bertemu dengan klien atau media.

Tanggung Jawab Marketing Manager

Ada tanggung jawab Marketing Manager meliputi :

  • Melakukan Negosiasi Kontrak
  • Menemukan strategi promosi baru yang lebih baik
  • Mengembangkan kampanye promosi
  • Menetapkan harga untuk produk di pasar yang kompetitif

Baca juga : Ini Persyaratan Untuk Lowongan Kerja Internet Marketing

Itulah beberapa tugas tanggung jawab Marketing Executive dan Marketing Manager. Mungkin di setiap perusahaan akan memiliki perbedaan, itu wajar. Karena semua itu juga menyesuaikan dari kondisi perusahaan. Akan tetapi jika Anda ingin tahu tugas dan tanggung jawabnya secara umum, penjelasan di atas bisa dijadikan referensi.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.