Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

5 Manfaat Magang Sebelum Benar-benar Kerja Beneran

Manfaat Magang

Manfaat mengikuti magang kerja sebelum benar-benar kerja beneran, maksudnya itu kerja full-time jadi karyawan tetap di kantor. Buat kamu yang masih kuliah khususnya semester akhir tak ada salahnya untuk mengikuti magang di perusahaan.

Apalagi sekarang ini banyak perusahaan besar dan startup yang membuka kesempatan internship di perusahaannya. Meskipun statusnya jadi karyawan magang, tapi kamu jangan anggap remeh soal magang ini.

Soalnya kadang ada yang menganggap magang sebagai kerja uji coba yang pada akhirnya tidak mau serius mengerjakannya. Padahal magang ini merupakan kesempatan untuk kamu bisa belajar lagi.

Dan yang perlu kamu tahu, banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika kamu mengikuti magang, misalnya saja seperti ini.

Manfaat Magang

1. Bisa Jadi Jembatan untuk Bisa Kerja Full-time

Kalau kamu serius dan totalitas saat magang, maka kamu akan bisa berpeluang besar untuk diterima kerja full-time. Khususnya bekerja di perusahaan tempat kamu magang.

Kalau kerjamu sangat bagus, dan memberikan pengaruh positif untuk perusahaan, bukan tidak mungkin perusahaan akan hire kamu sebagai pegawai tetap setelah masa magang selesai.

Ini bisa jadi jembatan menuju kesuksesan karier kamu.

2. Menambah Relasi

Ya kalau pun nantinya kamu tidak bisa kerja full-time di perusahaan tersebut, kamu tetap bisa mendapatkan peluang lain dari rekan-rekan kerja yang ada di perusahaan tempat kamu magang.

Manfaatkan waktu magang kamu untuk menambah relasi sebanyak-banyaknya, baik dengan rekan satu kantor atau pihak lain. Tentu ini akan membuka peluang besar untuk kamu dalam berkarier nantinya.

Jangan sungkan untuk menjalin komunikasi dengan para senior. Meskipun kamu anak magang, tapi ini kesempatan yang bagus untuk kamu bisa belajar dengan para senior.

Baca juga : Cara Berkomunikasi Lebih Efektif di Tempat Kerja

3. Bisa Menguasai Keterampilan Baru

Keterampilan yang kamu dapatkan selama kuliah kadang tidak sesuai saat digunakan di dunia kerja yang sesungguhnya. Karena ketika kamu berada di ruang kerja yang sesungguhnya, semuanya akan berjalan dinamis. Di sinilah kamu akan bisa belajar hal baru termasuk mendapatkan keterampilan baru yang belum pernah didapatkan di bangku pendidikan.

Kamu juga bisa mengasah soft skill maupun hard skill yang sudah kamu miliki sebelumnya.

Baca juga : Perbedaan Hard Skill dan Soft Skill

4. Belajar Bekerja Secara Full-time

Meskipun statusnya magang, dari segi jam kerja sama seperti karyawan tetap lainnya. Nah ini manfaat yang bisa kamu dapatkan yakni dengan menjadikan posisi magang ini sebagai pekerjaan full-time.

Anggap saja kamu sedang bekerja secara full-time sehingga kamu bisa belajar bagaimana ritme kerja yang sebenarnya dan tantangan yang ada. Kamu bisa mendapatkan pengalaman berharga melalui kerja magang.

Di sini kamu akan belajar bagaimana disiplin dalam bekerja, tanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan, dan lain sebagainya.

5. Bisa Jadi Nilai Tambah Resume / CV

Ketika nanti kamu lulus kuliah, dan membuat CV untuk melamar kerja, kamu sudah punya pengalaman kerja yang sesungguhnya. Sehingga ini dapat menjadi nilai tambah yang menjanjikan. Apalagi jika bidang pekerjaan yang akan dilamar sama seperti saat magang.

Magang itu banyak manfaatnya, kalau kamu merasa ‘ah cuma magang, lagi pula kadang banyak perusahaan yang ngasih gaji‘. Iya, mungkin kamu nggak dapat gaji berupa uang, tetapi kamu tetap akan banyak dapat manfaat positifnya apalagi saat ini status kamu masih mahasiswa.

Intinya jadilah mahasiswa yang open minded. Jangan selalu dilihat dari uangnya. Kesempatan, pengalaman, dan ilmu itu lebih berharga dari uang. Karena jika kamu bisa mengambil manfaat dari magang, nantinya kamu juga akan bisa mendapatkan hasil yang memuaskan saat sudah bekerja beneran.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *