Home » Interview » 5 Penyebab Kegagalan Saat Interview Kerja

5 Penyebab Kegagalan Saat Interview Kerja

Gagal Interview

Selain test ketrampilan, interview kerja juga menjadi salah satu tahapan rekrutmen yang sangat menentukan Anda diterima kerja atau tidak.

Tak heran jikan banyak kandidat yang merasa senang jika sudah dipanggil untuk datang melakukan interview atau wawancara kerja.

Sayangnya, banyak yang tidak menjadikan tahapan secara serius sehingga banyak yang gagal ketika sudah menjalani interview kerja. Bagi Anda yang belum berpengalaman kerja dan baru akan menjalani interview kerja untuk pertama kalinya, harus mempersiapkan dengan matang.

Ingat, interview kerja tidak menyeramkan seperti yang Anda bayangkan. Tapi di tahapan ini Anda dinilai oleh HRD atau Pimpinan yang mengajak kamu interview. Sehingga persiapan interview harus dilakukan dengan maksimal.

Kali ini, saya akan memberikan 5 penyebab kegagalan saat interview kerja. Harapannya, dengan mengetahui kegagalan ini Anda bisa segera memperbaiki diri dan mempersiapkan diri untuk interview kerja di kemudian hari.

#1 Datang Interview Tidak Tepat Waktu

Interview Late

Image via http://www.wikihow.com/

Padahal sebelumnya Anda sudah dikabari terkait pemanggilan Anda untuk datang interview pada jam dan tempat yang telah ditentukan. Tapi, Anda tidak datang tepat pada waktu yang telah ditentukan.

Anda datang terlambat ini saja sudah mengurangi nilai Anda dimata pihak pewawancara entah itu HRD atau Pimpinan Perusahaan langsung. Anda dianggap pribadi yang kurang disiplin dan menghargai waktu. Sehingga hal-hal seperti itu yang tidak disukai oleh pihak perusahaan karena nanti apabila diterima kerja hasilnya juga tidak maksimal.

Lebih baik, lain waktu Anda datang paling tidak 15 menit sebelum jam interview yang ditentukan. Sehingga Anda bisa mempersipkan diri Anda dan bisa interview dengan tenang tidak tergesa-gesa.

#2 Pakaian Anda Kurang Rapi

Fashion Interview

Image via http://www.prestigerecruitment.ca/

Anda datang interview dengan pakaian yang kurang rapi dan sopan. Misalnya saja Anda memakai kemeja berdasi tapi kemeja tidak dimasukan atau lengan digulung. Faktor pakaian terlihat sepele tapi terkadang ada perusahaan yang menilai Anda dari cara berpakaiannya.

Apalagi jika profesi pekerjaan yang Anda lamar mengharuskan untuk memiliki penampilan yang rapi dan sopan.

Untuk itu waktu wawancara kerja lebih baik menggunakan pakaian yang rapi dan sopan.

#3 Anda Gugup

Interview Gugup

Image via http://www.newsnish.com/

Ketika wawancara kerja Anda gugup dan kurang tenang dalam menjawab pertanyaan yang diajukan kepada Anda. Sehingga jawaban Anda pun juga tidak jelas apa maksudnya. Ini yang membuat pihak yang mewawancarai Anda menjadi menilai buruk terhadap personality Anda.

Gugup itu hal wajar, namun pastikan Anda mencoba untuk tenang. Caranya dengan sadar jika Anda sedang wawancara kerja. Anda tidak perlu mencemaskan apa-apa, karena wawancara kerja adalah obrolan biasa yang ingin mencari tahu tentang diri Anda. Cerita apa yang Anda ketahui sejujurnya. Tetap rileks…

#4 Bahasa Tubuh Anda Terlihat Tidak Fokus

Bahasa Tubuh Interview

Image via http://www.anakui.com/

Ketika menjawab atau berbicara saat wawancara kerja mungkin Anda tidak duduk dengan sempurna. Anda sering melihat ke kanan kiri dan tidak melihat orang yang mewawancarai Anda. Sehingga ini membuat kesan Anda tidak menghargai orang lain.

Dalam wawancara kerja sebaiknya Anda duduk tegak, dan memandang orang yang mewawancarai Anda dengan penuh antusias. Ini akan menandakan jika Anda juga sangat tertarik untuk bisa diterima kerja di perusahaan tersebut.

#5 Jawaban Tidak Relevan

Interview Gagal

Ketika wawancara kerja akan banyak pertanyaan yang ditanyakan kepada Anda. Pertanyaan itu bisa tentang masalah pribadi atau pengalaman kerja. Anda mungkin ketika menjawab pertanyaan tidak sesuai dengan apa yang dipertanyakan. Sehingga membuat orang yang mewawancarai Anda bingung dengan maksud Anda.

Di sini menandakan Anda tidak memiliki komunikasi yang bagus. Dan pihak perusahaan tidak bisa menerima Anda kerja karena komunikasi masih kurang.

Baca juga: Komunikasi Penting, Tips Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Ini Akan Membantu Anda

***

Itu beberapa hal penyebab kegagalan saat interview kerja. Alangkah baiknya sebelum interview kerja, Anda mempersiapkannya dengan cermat. Sesuaikan dengan perusahaan yang Anda lama, cari tahu apa dan bagaimana perusahaan yang Anda lamar. Dan tetap tenang saat wawancara kerja.

Bagikan artikel ini :