Cari Tahu Fungsi OTP dan Karakteristik yang Dimiliki

OTP Adalah

Kamu tentu sudah tidak lagi asing dengan istilah OTP, bukan? Terlebih bagi kamu yang seringkali melakukan transaksi secara online. OTP merupakan kepanjangan dari one time password yang memiliki fungsi utama untuk mempertebal keamanan akun. Adanya OTP akan membuat transaksi online yang kamu lakukan lebih aman. OTP sendiri akan secara otomatis dikirimkan setiap kali kamu melakukan transaksi. Pengiriman kode OTP umumnya menggunakan SMS atau email.

Pastikan kamu bisa menjangkau nomor ponsel yang didaftarkan sebelumnya untuk bisa mengetahui berapa kode OTP yang perlu kamu cantumkan. Transaksi yang akan kamu lakukan tidak akan berhasil jika kamu tidak bisa menjangkau nomor ponsel yang telah didaftarkan. Apabila nomor kamu hangus, terlebih dahulu kamu perlu melakukan konfirmasi pergantian nomor. Sehingga transaksi yang akan kamu lakukan ke depannya menggunakan nomor terbaru.

OTP Adalah

Umumnya kode OTP dilengkapi dengan empat hingga enam digit angka. Pastikan kamu tidak mencantumkan kode OTP yang salah saat sedang melakukan transaksi. Selain sebagai kode untuk membuat transaksi lebih aman, OTP juga bisa dikatakan sebagai bentuk persetujuan atas transaksi yang sedang berlangsung. Pentingnya sebuah OTP membuat banyak perusahaan mulai menerapkan kode keamanan ini. Mulai dari bank hingga aplikasi dompet digital sekalipun. Ada tidaknya OTP juga bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen saat akan bertransaksi menggunakan layanan perusahaan. 

OTP sendiri memiliki sifat yang sangatlah rahasia. Kamu tidak diperkenankan untuk menginformasikan kode OTP kepada siapapun. Bahkan, kepada keluarga maupun kerabat dekat lainnya. Menginformasikan kode OTP secara sembarangan hanya akan meningkatkan risiko dari tindak pencurian atau penyalahgunaan akun. Mengingat kini banyak oknum tidak bertanggung jawab menyalahgunakan OTP untuk melakukan tindak pencurian secara online.

Setelah membahas fungsi dari OTP, kini saatnya kamu mengetahui karakteristiknya. Langsung saja, berikut ini beberapa karakteristik yang dimiliki OTP:

Hanya Berlaku Satu Kali

Berbeda dengan penggunaan password biasa, OTP hanya berlaku untuk satu kali pemakaian saja. OTP yang kamu terima hari ini tidak akan berlaku pada transaksi selanjutnya. Meskipun jenis transaksi yang kamu lakukan sama. Pemberlakuan OTP yang hanya satu kali ini tentu membuatnya lebih aman. Kamu pun tidak perlu lagi khawatir meski orang lain secara sengaja maupun tidak mengetahui OTP transaksi sebelumnya.

Dilengkapi Batasan Waktu

Selain hanya bisa digunakan satu kali saja, OTP juga dilengkapi dengan batasan waktu. Batasan waktunya sendiri kurang lebih selama tiga hingga lima menit. Apabila telah melebihi batasan waktu yang digunakan, kode OTP sebelumnya tidak bisa lagi digunakan. Mengingat penggunaannya hanya berlaku satu kali. Kamu perlu meminta kode OTP yang baru untuk melanjutkan transaksi.

Konteksnya Sempit

OTP juga hanya berlaku pada transaksi tertentu saja. OTP yang diperuntukkan untuk transaksi melalui bank tidak akan berlaku pada transaksi menggunakan dompet digital atau transaksi lainnya. Jika kamu melakukan dua transaksi sekaligus pada alat pembayaran yang berbeda, pastikan kamu tidak melakukan kesalahan penggunaan OTP. Konteksnya yang sempit ini juga membuat OTP semakin aman.

Berdasarkan ketiga karakteristik yang telah disebutkan di atas, kini kamu semakin yakin untuk menerapkan penggunaan OTP pada perusahaanmu, bukan? Jika iya, kamu sebaiknya tidak sembarangan dalam memilih vendor OTP. Salah satu vendor OTP yang terpercaya dan berpengalaman di Indonesia yakni Kokatto. Perusahaan satu ini siap mengamankan transaksi yang dilakukan konsumen melalui perusahaan kamu!

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.