Apa itu Kartu Prakerja? Siapa yang Boleh Mendaftar?

Apa itu Kartu Prakerja

Apa itu Kartu Prakerja? Buat kamu yang memang saat ini sedang menganggur dan mencari kerja, perlu tahu tentang Kartu Prakerja ini. Karena Kartu Prakerja ini adalah salah satu program yang dikeluarkan oleh Pemerintah guna mengembangkan kompetensi kerja bagi para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, maupun orang yang sudah bekerja dan butuh untuk meningkatkan kompetensinya.

Jadi Kartu Prakerja ini sebenarnya tidak hanya ditujukan untuk orang yang sedang mencari atau belum dapat pekerjaan saja. Yang sudah punya pekerjaan pun juga bisa memilikinya. Intinya bisa digunakan untuk seluruh warga Indonesia di atas 18 tahun dan tidak sedang mengeyam pendidikan sekolah/kuliah.

Bagaimana Bentuk Program Kartu Prakerja?

Apa itu Kartu Prakerja

Dulu ketika program Kartu Prakerja ini dicetuskan, banyak yang menyangka kalau programnya nanti tiap orang dapat bantuan orang secara langsung. Padahal bukan seperti itu.

Program Kartu Prakerja ini nantinya adalah bantuan biaya untuk pelatihan. Bantuan biaya ini nanti disimpan dalam wallet Kartu Prakerja yang sudah dimiliki dan penggunaannya hanya bisa digunakan untuk pelatihan kerja saja. Jadi tidak bisa dicairkan untuk membeli ini itu.

Program pelatihannya merupakan kolaborasi dari pihak Pemerintah maupun Swasta. Untuk saat ini nantinya pengguna bisa memilih pelatihan yang diinginkan seperti di Kemnaker, Tokopedia, Skill Academy Ruangguru, G2 Academy, Hacktiv8, Maubelajarapa, LinkAja, Bukalapak, dll.

Nah beberapa instansi dan perusahaan tersebut telah memiliki pelatihan-pelatihan yang bisa dipilih pengguna sesuai dengan yang diinginkannya.

Keuntungan Mendaftar Kartu Prakerja

Kalau sekarang kamu masih berpikir, ah tidak penting. Sebaiknya kamu berpikir ulang, apalagi jika kamu saat ini masih belum punya pekerjaan. Justru ini adalah platform yang tepat untuk kamu bisa mengembangkan diri secara gratis. Gratis di sini maksudnya kamu nanti mendapatkan modal biayanya dari Pemerintah.

Adapun keuntungan lain mendaftar Kartu Prakerja adalah sebagai berikut :

– Mendapatkan Pelatihan

Kamu bisa mengikuti pelatihan yang ada baik pelatihan online maupun offline yang telah diadakan pihak Pemerintah atau Swasta. Dan nanti membayarnya menggunakan Kartu Prakerja yang dimiliki.

– Mendapatkan Sertifikat Pelatihan

Nantinya setelah selesai mengikuti pelatihan, kamu juga akan mendapatkan sertifikat pelatihan dan instansi dan perusahaan yang kamu pilih untuk mengikuti pelatihan. Sertifikat ini tentunya bisa digunakan untuk lampiran saat ini mendaftar kerja. Sehingga kompetensi yang sudah kamu miliki selama mengikuti pelatihan bisa dibuktikan dengan adanya sertifikat ini.

– Mendapatkan Insentif

Kamu juga berpeluang mendapatkan insentif langsung yang dikirim ke wallet Kartu Prakerja kamu.

Bagaimana menarik kan? Kamu hanya modal niat saja, sementara masalah biaya pelatihan sudah ditanggung. Kalau kamu masih sampai menyia-nyiakan, berarti kamu tidak peduli dengan karir dan pekerjaan kamu ke depannya.

Syarat Penerima Kartu Prakerja

Seperti yang sudah disinggung di awal tadi, bahwa Kartu Prakerja ini bisa digunakan oleh seluruh warga Indonesia, hanya saja memang ada syarat-syarat siapa saja penerima Kartu Prakerja ini.

Adapun syarat utamanya adalah :

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia di atas 18 tahun
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal (Sekolah/Kuliah)

Nah, gimana? Tentu ini menarik untuk mengupgrade kemampuan diri kamu. Yuk segera daftar terutama jika kamu sedang mencari kerja atau mungkin baru saja terkena PHK.

Baca juga : PHK Adalah Risiko, Tetap Semangatlah

Cara daftarnya gimana? Kamu bisa daftar di situs prakerja.go.id

Semoga bermanfaat!

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.