Home » Ragam » 4 Tugas Asisten Dosen yang Wajib Diketahui, Ternyata Upahnya Lumayan! 

4 Tugas Asisten Dosen yang Wajib Diketahui, Ternyata Upahnya Lumayan! 

Tugas asisten dosen tentunya jauh lebih ringan daripada menjadi dosen utama. Itulah sebabnya, Banyak mahasiswa yang ingin menjadi AsDos untuk mencari pengalaman bekerja di Universitas atau Sekolah tinggi.

Untuk menjadi asisten dosen, Selain kamu harus memahami tugas asisten dosen, Kamu juga harus lebih menonjol dibandingkan teman-teman sekampus ketika sedang dalam kegiatan belajar. 

Bisa dibilang, Kamu harus cukup pintar dalam memahami materi-materi perkuliahan, Sehingga kamu bisa membantu Dosen utama untuk menyampaikan perkuliahan.

Apa itu Asisten Dosen?

Asisten Dosen merupakan seseorang yang dipilih dan memiliki tugas untuk membantu dosen ketika menyampaikan kegiatan mengajar kepada mahasiswanya.

Tugas Asisten Dosen

Umumnya, Asisten Dosen atau disingkat menjadi AsDos ini akan direkrut dari mahasiswa yang memang tertarik dengan profesi ini.

Namun, Ada juga seorang asisten dosen yang memang direkrut dari kalangan dosen muda, dan merupakan hasil rekomendasi dosen yang bersangkutan. Asisten dosen untuk dosen muda, biasanya juga melalui proses rekrutmen resmi terlebih dulu.

Menjadi AsDos dan menjalankan tugas asisten dosen dengan baik, tentunya akan diberikan upah sesuai ketentuan pihak Universitas atau Sekolah Tinggi bersangkutan. 

Cara Menjadi Asisten Dosen

Sebelum kamu mengetahui apa saja tugas asisten dosen itu, Kamu juga harus tahu bagaimana cara untuk menjadi asisten dosen. 

Bukan hal yang sulit, Tapi kamu memang harus jauh lebih unggul dibandingkan teman-teman sekampus. Kamu harus lebih pintar dan aktif ketika mengikuti perkuliahan di kampus. 

Jika perlu, Kamu bisa mempelajari mata kuliah tertentu, sebelum tiba kegiatan belajar di kampus. Dengan begitu, ketika dosen bertanya tentang suatu hal, Kamu mungkin sudah tahu karena sudah memahami sebelumnya. 

Ketika di kelas, Sebaiknya kamu juga sering bertanya kepada dosen tentang suatu hal yang menarik untuk dibahas dan didiskusikan. Seringnya bertanya, akan memudahkan dosen untuk mengingat kamu dan prestasimu. 

Jadilah mahasiswa yang berprestasi, Agar dosen segera melirikmu dan menjadikan kamu sebagai asisten dosen terbaiknya. 

Tugas Asisten Dosen

Para mahasiswa yang tertarik dan ingin menjadi asisten dosen, Akan mengalami proses perekrutan oleh dosen bersangkutan. Ketika dalam proses itu, biasanya akan diberitahukan apa tugas asisten dosen yang wajib diketahui. Berikut ini adalah tugas asisten dosen secara umum:

Membantu Penelitian Dosen

Salah satu tugas asisten dosen adalah membantu penelitian dosen tentunya. Para dosen biasanya memiliki pekerjaan dalam sebuah proyek penelitian. Untuk mengerjakan proyek tersebut, tidak jarang Dosen akan membutuhkan bantuan dari mahasiswanya.

Jika ada mahasiswa yang sudah terpilih menjadi asisten dosen, Maka proyek penelitian cenderung akan dibantu oleh asdos tersebut. 

Baca juga :   Tugas Manajer SDM dan Tanggung Jawab

Alasannya, Dosen utama sudah mengetahui bagaimana kemampuan asisten dosen tersebut dan yakin bahwa proyek penelitiannya akan berjalan dengan baik atas bantuan asisten dosennya.

Mendampingi Penelitian Mahasiswa Lainnya

Biasanya, Mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir akan lebih sering menemui dosennya untuk memeriksa hasil karya penelitian miliknya. Namun, ketika sang dosen sibuk, maka tugas pemeriksaan ini bisa dipercayakan sebagai tugas asisten dosen yang sudah dipilihnya.

Beberapa mahasiswa akan didampingi ketika melakukan penelitian sesuai dengan jurusannya. Seorang asisten dosen hanya akan melaporkan perkembangan tugas mahasiswa tersebut kepada dosen, untuk mendapatkan umpan balik hingga tugas mereka selesai.

Sebagai Pengganti Dosen untuk Mengajar di Kelas

Ini merupakan tugas asisten dosen yang utama, yaitu sebagai pengganti dosen ketika mengajar di kelas. Asisten dosen yang boleh mengajar seperti ini biasanya masuk juga ke dalam kategori dosen muda yang telah lulus S1 atau S2.

Biasanya, Dosen utama tidak begitu saja memberikan tugas mengajar kepada para asisten dosennya. Dosen akan terlebih dulu memberikan bahan ajar, silabus serta hal-hal lain yang diperlukan untuk kegiatan mengajar di kampus. 

Membantu Menyusun Bahan Ajar atau Silabus 

Sebelum mengadakan pertemuan dan mengajar di kelas, Para dosen tentu harus mempersiapkan terlebih dulu bahan ajar serta silabus yang akan dijadikan pedoman mengajar di kelas nanti. 

Ketika menyusun silabus, Dosen juga akan membicarakannya terlebih dulu bersama asisten dosennya. Dalam hal ini, tugas asisten dosen adalah membantu menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dosen, seperti hal yang bersifat teknis dan administratif. 

Baca juga: Ini Untungnya Bekerja Sambil Kuliah

Gaji Asisten Dosen

Sudah cape nih jadi asisten dosen dan menjalankan tugas asisten dosen, Lalu apa akan mendapatkan upah? 

Tugas asisten dosen sebenarnya cukup berat, karena kita harus membantu mengajar selagi masih kuliah juga. Dalam hal ini, kamu memerlukan manajemen waktu yang baik tentunya.

Meskipun begitu, Kamu tetap bisa mendapatkan imbalan atau upah, setiap kali kamu membantu sang dosen di kampus. Upah tersebut bisa untuk menambah uang saku, bahkan menjadi tambahan untuk meringankan biaya kuliah. 

Adapun untuk asisten dosen dari kalangan dosen muda, yang juga mengajar setelah mengikuti proses rekrutmen, biasanya mendapatkan upah dari pihak universitas yang sesuai dengan peraturan pengupahan yang berlaku.

Upah tersebut juga disesuaikan dengan tugas asisten dosen, serta latar belakang pendidikan dari para asisten dosen tersebut. Bagaimana, berminat untuk menjadi asisten dosen? 

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.