Tips Melakukan Wawancara Kerja Melalui Telepon

Wawancara-Kerja-Lewat-Telepon

Tips Melakukan Wawancara Kerja Melalui Telepon | Kalau sudah mengirim lamaran dan CV, pasti yang ditunggu-tunggu adalah panggilan interview atau wawancara kerja. Tapi di era sekarang ini kadang wawancara kerja tidak harus dilakukan di kantor. Beberapa HRD kerap juga melakukan wawancara kerja melalui telepon.

Ini menjadi hal positif untuk pelamar, karena dengan melalui telepon kamu tidak perlu lagi datang ke kantor untuk wawancara. Cukup menunggu waktu untuk di telepon oleh pihak HRD.

Akan tetapi melakukan wawancara kerja melalui telepon ini tetap harus dipersiapkan dengan baik. Dan kalau boleh dibilang malah kudu lebih serius lagi persiapannya, karena kamu tidak bisa bertatap muka dengan HRD.

Ada beberapa persiapkan yang perlu kamu lakukan agar proses wawancara kerja melalui telepon bisa berjalan dengan lancar dan hasilnya positif.

Wawancara-Kerja-Lewat-Telepon

1. Atur waktu yang tepat

Biasanya ketika HRD ingin melakukan wawancara sama kamu, mereka akan menelepon dulu untuk menanyakan jadwalnya. Nah nanti kamu akan ditanya kapan bisa dihubungi untuk wawancara. Karena wawancara melalui telepon ini akan cukup memakan waktu yang lama, jadi perlu waktu yang tepat.

Sebaiknya kamu pastikan waktu yang benar-benar kosong dan tidak ada agenda sama sekali. Apalagi jika kamu saat ini statusnya masih bekerja. Jangan sampai nanti jadwalnya berbenturan dengan agenda kantor seperti meeting dan lainnya.

Masalah waktu ini perlu diperhatikan betul, jangan sampai kamu nanti sudah menyiapkan jadwal tapi pas waktunya malah minta reschedule lagi. Itu akan membuat citra buruk diri kamu di mata HRD.

2. Persiapkan materi wawancara

Enaknya wawancara melalui telepon, kamu tidak perlu bertatap muka dengan HRD. Yang artinya kamu bisa mempersiapkan materi wawancara untuk dijadikan ‘contekan‘. Misalnya saja kamu menyiapkan materi detail perusahaan atau bisa jawaban-jawaban dari pertanyaan wawancara yang kiranya disampaikan.

3. Aktifkan alarm ponsel

Kamu sudah tahu jadwal dan waktu HRD akan menelepon kamu. Mungkin itu beberapa hari kemudian. Supaya kamu tidak lupa dan bisa menyiapkan waktu sebelum wawancara dengan baik, kamu bisa aktifkan alarm ponsel kamu paling tidak 30 menit sebelum jadwal yang ditentukan.

Sehingga kamu bisa persiapan untuk wawancara kerja lewat telepon.

Jangan lupa juga agar tidak membuat ponsel kamu jadi mode silent, supaya kalau ada telepon bisa langsung tahu. Kan nggak enak kalau HRD sampai meneleponmu berulang kali karena tidak diangkat.

4. Cari tempat yang tenang

Nah saat menerima telepon dan akan wawancara, sebaiknya kamu cari tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan dulu. Supaya komunikasi nanti tidak terganggu. Proses wawancara pun juga bisa berjalan dengan lancar.

Jangan lupa juga untuk memberitahu orang sekitar kalau kamu akan wawancara kerja lewat telepon. Sehingga mereka tidak akan mengganggu kamu selama telepon berlangsung.

5. Jawab dengan suara yang jelas

Ketika berbicara dengan HRD, bicaralah dengan suara yang jelas dan nada yang tidak terlalu pelan. Perlihatkan semangat kamu melalui nada bicara kamu. Meskipun ini wawancara melalui telepon, tetap saja kamu harus memposisikan diri dengan baik.

Jangan mentang-mentang HRD tidak melihat, kamu bicaranya sampai tiduran atau malah sembari makan. Intinya tetap jaga attitude.

Melakukan wawancara kerja melalui telepon tetap saja butuh persiapan. Meskipun kamu tidak bertatap muka langsung dengan HRD, kamu harus selalu jaga sikap. Justru karena tidak bertatap muka ini persiapan yang lebih matang, agar HRD bisa yakin dengan jawaban dan penjelasan kamu saat wawancara.

Semoga bermanfaat ya…

Anda mungkin juga suka :

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *