Mengapa Anda Tertarik Bekerja di Perusahaan Kami?

Pertanyaan Interview Kerja

Saat interview, banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan oleh HRD atau Pimpinan Perusahaan kepada Anda. Tentu pertanyaan interview itu tujuannya untuk mengenal lebih dalam tentang diri Anda. Dan kadang interview ini juga digunakan sebagai tahap kedua apakah Anda akan terima atau tidak. Wajar kadang ketika sudah interview tapi tidak lolos.

Banyak sekali model-model pertanyaan interview, dan ada beberapa pertanyaan interview yang hampir sama ditanyakan di setiap perusahaan. Salah satunya adalah “Mengapa Anda Tertarik Bekerja di Perusahaan Kami?

Nah pertanyaan itu sangat sering ditanyakan. Tapi anehnya masih saja banyak yang bingung saat mau menjawabnya.

Pertanyaan Interview Kerja

Pertanyaan seperti ini itu sebenarnya hanya untuk melihat keseriusan Anda untuk bekerja di perusahaan itu. Selain itu pihak perusahaan juga ingin melihat sebenarnya jauh pengetahuan dan wawasan Anda dari cara Anda menjawabanya.

Pertanyaan ini tidak ada template jawabannya. Karena itu semua tergantung dari masing-masing orang dan kondisi perusahaan. Kalau Anda masih bingung nanti ingin menjawab apa, RuangPegawai coba berikan beberapa cara menjawabnya.

Cari tahu sejarah perusahaan yang Anda lamar

Anggap saja pertanyaan itu datang dari gebetan Anda, “Mengapa kamu cinta sama aku dan mengapa kamu ingin aku jadi pacarmu?”

Nah sama kan pertanyaannya. Dan biasanya sebelum ada pertanyaan itu, pasti cari tahu dulu dia orangnya gimana, keluarganya gimana, bagaimana pergaulannya, dll. Untuk menjawab pertanyaan interview di perusahaan pun juga seperti itu.

Anda sebelum datang ke interview perlu mencari dulu sejarah perusahaan itu. Bahkan akan lebih baik jika Anda mencari tahunya sebelum Anda melamar kerja. Jadi cari-cari tahu dulu, perusahaan ini itu bergerak di bidang apa, skala bisnisnya seberapanya, berdiri sudah berlama lama, dan lain-lain.

Anda bisa mencari informasi tersebut lewat internet, atau kerabat yang tahu perusahaan itu, atau melalui website perusahaan tersebut, jika punya.

Karena selain untuk bahan jawaban nanti saat interview, mengetahui latar belakang perusahaan itu sangat penting. Agar Anda sebagai pelamar dan kandidat di perusahaan itu juga bisa mantap memilihnya. Ya seperti memilih pasangan lah, cari tahu dulu yang bisa dicari tahu supaya nanti ketika benar-benar memilih sudah mantap lahir dan batin.

Cari kekurangan perusahaan itu di bidang yang akan Anda lamar

Kalau yang pertama Anda harus mencari tahu secara umum tentang perusahaannya, berikutnya adalah mencari tahu lebih spesifik tentang bidang yang akan Anda lamar. Ini memang akan sulit mendapatkan informasinya, tapi kamu bisa mencari tahunya lewat dua cara.

The_return_to_work_interview

Yang pertama secara eksternal dan yang kedua secara internal.

Eksternal ini Anda bisa mencarinya sendiri dari hasil pengamatan Anda, dan mungkin ini hanya bisa berlaku untuk profesi atau bidang-bidang tertentu saja. Misalnya saja bidang Digital Marketing.

Nah di bidang ini Anda yang juga punya skill di bidang tersebut pasti bisa sedikit mencari tahu performa Digital Marketing yang telah dilakukan perusahaan. Ini bisa dilihat dari bagaimana websitenya dikelola, keaktifan media sosialnya, dll.

Pasti Anda tahu masalah ini, kemudian coba dari kekurangan yang bisa Anda lakukan nanti jika Anda bisa masuk di perusahaan itu. Nah kekurangan dari perusahaan itulah yang bisa Anda jadikan salah satu senjata untuk menjawab pertanyaan itu.

Misalnya saja Anda menjawab seperti ini…

“Beberapa hari yang lalu saya coba melihat website perusahaan ini Pak, dan dari hasil pengamatan sederhana saya, sepertinya website perusahaan ini perlu dioptimalkan di bagian ……… Karena menurut saya itu sangat penting untuk mendukung Digital Marketing perusahaan ini dari sisi website. Nah itulah yang menjadi salah satu alasan saya ingin bekerja di perusahaan ini, karena saya ingin membantu mengoptimakan sisi itu dengan keahlian yang saya miliki.”

Itu contoh saja.

Sedangkan yang secara internal, bisa didapatkan ketika interview berlangsung. Saat interview Anda bisa bertanya tipis-tipis soal kondisi bidang yang Anda lamar tersebut. Minimal nantinya Anda bisa mendapatkan gambaran secara nyatanya. Nah ketika pihak perusahaan menjelaskan, Anda perlu fokus dan cermat dalam mendengarkannya. Anda harus mencari titik fokus atau kelemahan yang bisa Anda jadikan materi untuk jawaban Anda nanti. Tetapi juga perlu disinkronkan dengan kemampuan Anda.

Intinya Anda nanti menawarkan solusi atas masalah atau kekurangan yang saat ini perusahaan miliki. Sehingga pihak perusahaan nanti menilai bahwa Anda ini memang orang tepat. Anda sedikit tahu tentang kekurangan perusahaan dan Anda memang punya kemampuan untuk mengatasi itu.

Carilah hal menarik di perusahaan itu

Selain mencari sisi kekurangan perusahaan yang sesuai bidang Anda, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mencari sisi unik dan menarik dari perusahaan itu. Apapun itu, yang penting positif. Misalnya saja tentang budaya kerjanya, skala bisnisnya, dan lain sebagainya.

Lagi-lagi Anda perlu riset dan cari tahu melalui berbagai media.

Artikel terkait :

***

Kami rasa di era sekarang ini tidaklah sulit mencari informasi tentang perusahaan. Apalagi jika perusahaan sudah memiliki website profile perusahaan, itu akan sangat membantu sekali.

Jadi kesimpulannya untuk menjawab pertanyaan “Mengapa Anda Tertarik Bekerja di Perusahaan Kami?” itu sangat mudah. Anda tidak perlu khawatir, bingung, gugup, atau berpikir negatif lainnya. Tapi jangan sekali-kali menjawab karena gajinya besar.

Jelas itu akan sangat mengagetkan, karena Anda akan ditanya darimana Anda tahu gaji di sini besar. Dan jawaban seperti itu sangatlah tidak cerdas dan hanya akan membuat penilaian buruk kepada diri Anda. Karena Anda hanya akan dianggap mencari uang saja.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *