Home » Berita » Solusi & Alasan Mengapa Website PUPNS Sulit Diakses

Solusi & Alasan Mengapa Website PUPNS Sulit Diakses

Website PUPNS Sulit di Akses
(c) http://fresherglobe.com/

Bagi Anda khususnya para PNS yang saat ini sedang disibukkan dengan pengurusan data PUPNS 2015, tentu akan mendapatkan berbagai masalah dalam proses pendaftaran maupun input data lainnya. Jika beberapa waktu lalu kami sudah memposting masalah terkait “Cara Mendapatkan Tanda Bukti Pendaftaran (Registrasi) PUPNS 2015“, kali ini kami akan memberikan Anda informasi dan solusi tentang website PUPNS.BKN.GO.ID yang sulit di akses.

Ya, sebagaimana kita ketahui, Pendataan Ulang PNS Tahun 2015 ini dilakukan secara elektronik atau online. Dengan memanfaatkan internet, para PNS diharapkan bisa lebih mandiri dan cepat dalam melakukan pembaharuan data kepegawaiannya.

Website pupns.bkn.go.id sendiri menjadi pusat dari proses PUPNS 2015 kali ini. Sayangnya, sistem pendataan ulang ini bisa dikatakan kurang dipersiapkan dengan baik khususnya dalam hal pengadaan website dan infrastrukturnya. Sehingga tak heran jika website PUPNS ini sulit diakses oleh para PNS di seluruh Indonesia.

Tapi, apa alasan mengapa website PUPNS sulit diakses? Berikut ini kami coba untuk memberikan informasi dari hasil riset yang kami lakukan ketika mencoba mengakses website PUPNS.BKN.GO.ID. Informasi ini hanya hasil dari pengamatan kami, bukan dari informasi resmi dari pihak BKN.

1. Server Website Sedang Sibuk

Website untuk registrasi PUPNS ini diakses oleh seluruh PNS di Indonesia, tak heran jika server website PUPNS sulit untuk diakses. Sehingga menyebabkan server sibuk, dampaknya adalah website sulit diakses. Indikasinya adalah hanya loading saja, atau muncul pesan error ketika membuka halaman registrasi, login dan lainnya.

Solusi : Solusinya adalah jangan mengakses pada jam-jam sibuk. Karena dijam-jam sibuk tentu akan banyak yang mengakses website tersebut. Jam sibuk itu biasanya ketika malam hari dan siang hari. Disarankan untuk mengakses pada pagi atau dini hari.

2.  Jaringan Internet Lambat

Cek dulu jaringan internet yang Anda gunakan. Bisa saja masalah tidak bisa akses website PUPNS diakibatkan jaringan internet yang Anda gunakan lambat atau lemot. Jika Anda mengakses menggunakan laptop dan modem pribadi, cek dulu apakah mendapatkan sinyal yang bagus. Dan cek indikator kecepatannya. Jika menggunakan jaringan internet publik, seperti di kantor, sekolah atau warnet, tanyakan kepada penyedia jaringan internet apakah sedang trouble atau tidak.

Solusi : Jika menggunakan modem pribadi (jaringan provider GSM/CDMA) Anda bisa mengganti dengan paket data internet dari provider lain atau bisa juga berganti posisi agar mendapatkan sinyal yang bagus. Minimal sinyal yang bagus adalah HSDPA. Jika Anda hanya mendapatkan sinyal EDGE, tentu akan sangat lambat.

3. Salah Alamat Website

Kedua alasan di atas adalah dari sisi kendala teknis, namun tidak menutup kemungkinan juga sulitnya akses Website PUPNS juga diakibatkan oleh Human Error. Bisa jadi Anda salah mengetik alamat website PUPNS di browser. Cek kembali apakah alamat website sudah sesuai atau belum. Websitenya adalah http://pupns.bkn.go.id

Nah itu beberapa faktor penyebab mengapa website PUPNS 2015 sulit diakses.

Yang terpenting adalah ketika menghadapi masalah atau kendala seperti itu atau error lainnya, tetaplah untuk tenang dan jangan panik. Biasanya bagi PNS yang tidak begitu fasih menguasai komputer dan internet, akan mudah panik ketika mendapatkan error atau kendala yang kecil sekalipun.

Jika terjadi error, maka cobalah untuk menanyakan kepada rekan yang lebih tahu soal itu. Atau Anda bisa mendapatkan solusinya dengan mencari di Google, karena mungkin saja ada PNS atau pihak lain yang membagikan tips dari masalah yang seperti Anda alami.

Baiklah, demikian yang bisa kami sampaikan semoga memberikan manfaat dan diberikan kelancaran dalam melakukan Pembaharuan Data PNS.

Bagikan artikel ini :
8 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *