Tugas Sales Engineer Apa Saja?

Tugas Sales Engineer

Tugas Sales Engineer – Andi bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang Elektronik, sebagai Sales Engineer. Apakah Sales Engineer itu sama seperti Sales marketing? Jawabannya adalah tidak. Menjadi sales engineer memang memiliki tugas pokok untuk menawarkan dan menjual barang, seperti hal nya tugas bidang sales pada umumnya. Namun, Sales Engineer ini lebih menekankan pada sisi tekniknya. 

Seorang sales identik dengan “jago berkata-kata” dan membuat orang tertarik akan produk yang sedang ditawarkannya. Sales engineer juga memiliki keahlian yang sama, namun tidak sembarang produk yang Ia jual. Terkait dengan dunia teknik, seorang sales engineer tentunya menjual produk -produk yang dibutuhkan perusahaan tertentu. Apa itu sales engineer selengkapnya, bagaimana tugas dan tanggung jawab serta prospek kerjanya, berikut selengkapnya

Apa itu Sales Engineer?

Tugas Sales Engineer

Sales Engineer merupakan salah satu bidang pekerjaan yang berkonsentrasi pada penjualan produk-produk teknik, Automation System, Electrical Engineering dan lain sebagainya. Sales engineer juga merupakan bagian dari tim sales, namun lebih menekankan pada sisi teknikalnya. 

Jika sales pada umumnya akan menjual produk secara langsung kepada pelanggan, SE lebih fokus untuk menawarkan dan menjual produk ke perusahaan. Tenaga penjualan bidang teknik ini akan bertemu dengan user dari sebuah perusahaan. User-user yang dimaksud adalah Project Engineer, Instrument Engineer, hingga Engineering Manager.

Seorang SE ini tentunya juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Komunikasi merupakan strategi yang ahli bagi seorang SE yang akan menawarkan produknya. Pada umumnya, SE akan mulai bekerja setelah mendapatkan “follow up” dari tim sales lainnya dalam satu perusahaan. 

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Engineer

Jika kamu berminat menjadi seorang SE, atau kamu ingin menambah pengalaman bekerja sebagai tim tenaga penjualan dengan konsentrasi pada sisi teknikalnya, berikut ini tugas dan tanggung jawab SE yang wajib kamu ketahui:

  • Mempresentasikan produk atau sebuah solusi kepada customer yang umumnya sebuah perusahaan besar
  • Memberikan solusi terhadap  masalah yang sedang dihadapi perusahaan dalam bidang teknik
  • Berusaha untuk menjawab RFP (Request for Proposal) antara kebutuhan pelanggan dengan produk yang akan ditawarkan
  • Mengajak pelanggan untuk menggunakan produk yang kamu tawarkan, sekalipun konsumen belum mengetahui bahwa produk seperti ini ternyata ada untuk menolong perusahaannya

Hal yang selalu identik dengan pekerjaan menjadi seorang dari tim tenaga penjual ini adalah “Dikejar target” apakah menjadi SE juga memiliki target tersendiri dalam penjualannya? Seorang SE ternyata tidak seperti kebanyakan sales, SE yang satu ini tidak perlu mengunjungi semua klien. 

Sales engineer akan mulai bekerja setelah ada klien yang benar-benar berpotensi untuk deal dengan perusahaanya. Adapun Tugas dari seorang SEsebagai berikut:

  • Mencari klien atau pelanggan yang berpotensi memberikan keuntungan bagi perusahaan
  • Jika diperlukan, seorang SE memungkinkan untuk travelling dan mengunjungi klien yang memang potensial
  • Selalu mengembangkan dan menumbuhkan hubungan jangka panjang dengan pelanggan perusahaan 
  • Bertemu dengan klien untuk menerjemahkan kebutuhan atau keinginan mereka, lalu menjabarkan hal tersebut dalam bentuk real
  • Menghitung kemampuan klien (terkait dengan budget yang dimiliki klien perusahaan)
  • Melakukan analisis terhadap penjualan dan harga produk 
  • Membantu dalam melakukan desain produk bersama tim sales lainnya
  • Selalu menghadiri rapat target penjualan
  • Mengikuti seminar khusus untuk mengetahui trend produk baru 
  • Melakukan presentasi dan demo produk yang sesuai dengan kebutuhan klien 

Kualifikasi Pekerjaan Sales Engineer

Bagaimana, setelah pemaparan mengenai tugas dan tanggung jawab pekerjaan Sebagai tenaga penjualan bidang teknik tadi, apakah kamu berminat untuk bekerja di bidang ini? Jika berminat, Yuk simak apa saja kualifikasi untuk melamar kerja di bidang ini, berikut ulasannya:

  • Pendidikan jurusan teknik dengan gelar minimal D3 (Diploma), D4 (setara sarjana) hingga Strata- 1 (S1) 
  • Memiliki kemampuan pemasaran yang baik dan mumpuni 
  • Memiliki pengalaman sebagai Sales atau tim Sales sebelumnya
  • Memiliki pemahaman yang bagus terhadap produk yang akan dijual nantinya
  • Mampu bekerja di bawah tekanan dengan target penjualan 
  • Memiliki keterampilan komunikasi yang baik 

Baca juga : Berkarir di Bidang Sales dan Marketing Worth it Nggak Sih?

Lalu berapa gaji atau pendapatan yang dihasilkan oleh seorang Sales Engineer? Dengan pekerjaan yang cukup padat, terkadang pekerjaan ini juga menuntut untuk bekerja di luar jam kerja secara umum. 

Meskipun begitu, kamu bisa memiliki kesempatan untuk travelling ke area tempat perusahaan yang menjadi klien berada. Semakin sering kamu bertemu klien dan banyak yang deal dengan perusahaan kamu, maka gaji dan pendapatan seorang sales engineer juga cukup menggiurkan. Selamat mencoba!

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.