Tugas Pramugari/Pramugara (Flight Attendant) Itu Tidak Mudah

Tugas Pramugari

Tugas Pramugari – Apakah kamu ingin menjadi pramugari atau Flight Attendant? Bisa terbang ke berbagai daerah baik di dalam negeri maupun luar negeri secara gratis, tetapi malah dibayar. Bagi sebagian orang menjadi Pramugari atau Pramugara memang menyenangkan. Tetapi tak jarang orang yang juga tidak mau menjadi pramugari karena risiko yang harus dihadapi.

Profesi ini sering disebut Flight Attendant. Masyarakat kita lebih mengenalnya sebagai Pramugari (Perempuan) dan Pramugara (Lak-laki). Flight Attendant ini bertugas atau bekerjanya yakni di dalam pesawat mempersiapkan ketika akan terbang hingga mendarat.

Flight Attendant juga sering disebut Cabin Crew. Kalau kamu pernah naik pesawat pasti sudah mengerti sedikit tugas dari Pramugari / Pramugara ini.

Biasanya kebanyakan orang akan melihat kesibukan pramugari ketika sudah dalam pesawat. Padahal kesibukan pramugari sudah berjalan ketika proses boarding.

Tugas Pramugari Sebelum Proses Boarding

Tidak hanya penumpang yang sibuk untuk boarding, tetapi menjadi pramugari juga seperti itu. Berikut beberapa tugas yang perlu dilakukan pramugari sebelum proses boarding.

  1. Melakukan briefing dengan seluruh awak pesawat dan staff penerbangan. Dalam briefing ini akan didiskusikan terkait penerbangan yang akan dilakukannya.
  2. Checking peralatan keselamatan. Pramugari juga perlu memastikan seluruh peralatan keselamatan penerbangan baik yang akan digunakan penumpang maupun kru pesawat nantinya. Sehingga ketika digunakan nanti sudah dalam posisi aman.
  3. Pramugari juga harus mengecek kondisi makanan dan minuman yang akan diberikan penumpang maupun kru pesawat.
  4. Mengecek dan memastikan kalau pesawat sudah siap untuk dimasuki penumpang.
  5. Menghias diri agar penampilannya tetap menarik agar bisa memberikan pelayanan yang baik kepada penumpang.

Nah itu beberapa tugas dari Pramugari sebelum proses boarding. Ketika sudah memasuki waktu boarding, maka para pramugari/pramugara wajib berada pada tempatnya, yaitu di dalam pesawat untuk menyambut para penumpang yang masuk ke dalam pesawat.

Ketika sudah di dalam pesawat ini pramugari juga punya tugas lagi.

Tugas Pramugari

Tugas Pramugari Saat di Dalam Pesawat

  1. Menyambut dan menyapa penumpang dengan ramah.
  2. Membantu penumpang mencari tempat duduknya.
  3. Membantu penumpang apabila kesulitan dalam menaruh barang di bagasi kompartemen.
  4. Melakukan demo tata cara penggunaan alat keselamatan penerbangan, seperti pelampung, masker oksigen, sabuk pengaman, dan menyuruh penumpan agar menonaktifkan peralatan elektroniknya khususnya ponsel selama penerbangan berlangsung.
  5. Menawarkan makanan dan minuman ke penumpang dengan penuh keramahan.
  6. Melakukan pendampingan bagi penumpang yang membutuhkan bantuan khusus, seperti anak kecil, penumpang dengan kebutuhan khusus, atau yang lanjut usia.
  7. Cepat dan tanggap dalam memberikan pertolongan pertama jika ada penumpang yang sakit saat dalam penerbangan.
  8. dan lain-lain tergantung dari kebijakan masing-masing maskapai.

Itu lah beberapa tugas dan tanggung jawab Pramugari baik sebelum dalam penerbangan maupun saat penerbangan.

Bisa disimpulkan bahwa tugas utama dari pramugari adalah memberikan pelayanan, kenyamanan dan menjaga keselamatan penumpangnya. Sehingga ketika penumpang mulai masuk ke dalam pesawat hingga keluar bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal.

Meskipun menjadi pramugari nanti bisa pergi ke berbagai daerah, tetapi tugas dan tanggung jawab pramugari sangatlah besar. Bahkan menjadi pramugari harus lebih mementingkan keselamatan penumpang terlebih dulu daripara keselamatan diri sendiri. Keselamatan dan kenyamanan penumpang adalah yang nomor satu.

Di tengah risiko menjadi pramugari yang juga besar, tetapi jika kamu ingin berprofesi menjadi pramugari tidaklah mudah. Karena butuh kerja keras selama proses belajar. Lagi pula persaingannya juga tinggi.

Menjadi Pramugari tidak hanya bermodal cantik, tetapi juga harus pintar, ramah dengan orang lain, punya keahlian khusus, bisa berbahasa asing (minimal Inggris), tidak individualis, dll.

Apakah kamu siap berprofesi menjadi Pramugari atau Flight Attendant?

Baca juga:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *