Tips Meningkatkan Kemampuan Diri Dalam Bekerja

Kualitas Kerja

RuangPegawai.com – Sudah menjadi sebuah rahasia umum, bahwa meningkatkan kemampuan diri merupakan sebuah hal yang diinginkan oleh banyak orang. Namun, bila kamu merasa bingung bagaimana caranya agar kamu dapat meningkatkan kemampuan diri kamu dalam bekerja.

Artikel kali ini akan membahas tentang beberapa tips dan trik yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas diri kamu selama bekerja, ini dia ulasannya.

1. Berkompetisi

Berkompetisi merupakan salah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas diri kamu dalam bekerja, tanpa harus mengikuti secara resmi. Kamu bisa membandingkan hasil kerjamu dengan kualitas kerja rekan kerja kamu yang lain.

Sehingga kamu dapat bisa terpacu untuk bekerja lebih baik dan lebih baik dari rekan kerja yang bisa kamu anggap sebagai seorang rival yang tepat untuk kamu. Dan otomatis dengan semangat serta hasrat yang ditimbulkan dari kompetisi ini, kamu bisa meningkatkan kemampuan kamu dengan cepat.

2. Pelajari hal baru

Mempelajari hal baru juga dapat meningkatkan kemampuan untuk diri kamu sendiri loh. Selain menambah wawasan, kamu juga akan mendapatkan sebuah inspirasi untuk mengerjakan pekerjaan kamu dengan lebih baik. Dengan bertambahnya pengetahuan yang kamu miliki, kamu juga memiliki kualitas yang lebih kan?

3. Coba buat sebuah shortcut

Sebagai seorang pegawai yang baik, kamu mungkin akan bosan dengan bekerja yang monoton dan terkesan memiliki proses yang sebenarnya bisa dipersingkat. Ciptakan lah sebuah shortcut atau jalan pintas untuk menyelesaikan tugas yang rutin diberikan kepada kamu. Dengan melakukan hal yang seperti itu, kamu akan dituntut untuk berfikir lebih kreatif namun tetap realistis. Sehingga kamu dapat mengerjakan secara sesuatunya dengan baik dan lebih cepat.

4. Minta kritik

Jangan malu untuk meminta kritik atau pendapat dari orang lain tentang pekerjaan yang kamu buat. Bila kamu masih ragu, kamu bisa mengambil pelajaran dari peristiwa yang kerap kali terjadi di masyarakat, yaitu “ban bocor” bila kamu terus menggunakan ban yang bocor, roda kendaraan yang kamu naiki tidaklah akan berjalan dengan semestinya dan akan merusak beberapa bagian lainnya. Namun, untuk memperbaiki ban tersebut, kamu tidak lah harus menambal semuanya atau mengganti semuanya. Kamu hanya tinggal menutup bagian yang berlubang saja, bukan seluruh bagian yang ada di permukaan ban tersebut.

Dari narasi tersebut kamu bisa menyimpulkan bahwa, untuk menjadi lebih baik itu kamu hanya harus menutupi sesuatu yang kurang yang ada pada dirimu. Bukan mengganti keseluruhan dari semua yang kamu lakukan disaat bekerja, mintalah bantuan dari rekan kerja mu yang lain tentang hasil dari pekerjaan mu. Apa yang kurang dan apa saja yang berlebihan. Sehingga kamu akan semakin berkembang dan kualitas yang ada di diri kamu akan meningkat setelah memperbaikinya.

Meningkatkan kualitas diri itu memang penting, karena sesuatu yang dilakukan dengan terus mengupayakannya agar lebih baik, akan selalu menghasilkan yang lebih baik juga. Teruslah bersemangat dalam bekerja dan gapailah kesuksesan kamu secepatnya. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan salam sukses!! Jangan lupa bagikan artikel ini dan langganan (subscribe) blog ini agar kamu bisa mendapatkan update artikel positif terbaru dari kami.

Dickhy Karirpad

Dickhy Karirpad

Halo! Kami Karirpad.com, sebuah Jobseeker Network yang menjembatani perusahaan dengan para pencari kerja di seluruh Indonesia.

Website - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 5 =