Mengantuk di Kantor
(c) http://justicelife.net/

Sering Mengantuk di Kantor? Atasi dengan Cara-cara Ini!

Terkadang suasana kantor yang terlalu tenang dan sunyi bisa membuat Anda menjadi mengantuk. Apalagi jika waktu istirahat selama di rumah kurang, karena banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan, baik lembur saat di kantor atau harus menyelesaikan segala pekerjaan rumah yang menumpuk.

Jika sudah seperti ini, wajar saja bila Anda menjadi mengantuk saat bekerja. Lalu bagaimana caranya agar tidak mengantuk selama berada di kantor? Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa membangkitkan semangat dan mood Anda lagi, sehingga tidak akan merasa mengantuk selama berada di kantor.

1. Banyak minum air putih

Kedengarannya memang tidak ada hubungannya. Namun ternyata jika Anda rutin minum air putih saat bekerja, otak Anda bisa tetap fokus dengan pekerjaan yang sedang Anda lakukan. Kemudian pikiran juga dapat menjadi lebih rileks, sehingga tidak akan ada kejadian mengantuk lagi saat bekerja. Sebaiknya Anda menyediakan air putih di meja kerja agar semakin mudah saat hendak meminumnya.

2. Jangan makan di meja kerja

Jangan terlalu sering makan di meja kerja Anda. Makan siang di meja kerja bisa membuat Anda menjadi lebih lelah, malas, dan mengantuk. Anda bisa mensiasatinya dengan makan siang di luar ruangan kerja Anda atau bahkan di luar kantor. Jika Anda makan di luar kantor, pikiran pun bisa menjadi lebih fresh karena Anda bisa melihat pemandangan di luar kantor.

3. Jangan makan makanan manis dan berlemak

Jika Anda ingin tetap merasa segar selama bekerja, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang manis dan mengandung lemak. Dua jenis makanan ini dapat membuat Anda menjadi lebih malas dan mengantuk. Anda bisa mengganti makanan ini dengan jenis makanan lain yang lebih sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

4. Melihat pemandangan yang hijau

Jika Anda sudah terlanjur mengantuk, Anda bisa melihat benda-benda yang berwarna hijau. Warna hijau memang diyakini dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks, segar, bugar, dan tidak mengantuk. Sebagai saran, Anda bisa memasang pot tanaman di halaman kantor. Lebih praktis lagi, Anda bisa meletakkan vas bunga kecil dengan tanaman hijau di meja kerja.

5. Berdirilah sambil olahraga ringan di sekitar ruangan Anda

Cobalah untuk berdiri dan lakukan olahraga ringan seperti menggerak-gerakkan tangan, kaki dan leher. Anda juga berjalan seperti ke ruangan rekan Anda agar oksigen bisa lancar menuju otak. Sehingga rasa ngantuk Anda akan berkurang.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan supaya tidak mengantuk di kantor. Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa melakukan hal lain seperti mendengarkan musik, berjalan-jalan di sekitar ruangan kerja, mengobrol dengan rekan kerja atau bisa menggunakan cara klasik, yakni menyeduh kopi 🙂

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...