Resume
image via https://jobsdhamaka1.files.wordpress.com/2015/02/resumepic2.jpg

Kriteria CV Yang Tidak Diinginkan HRD

RuangPegawai.com – Bisa jadi kegagalan Anda dalam melamar pekerjaan disebabkan tidak sesuainya CV (Curriculum Vitae) di mata HRD. Ketahuilah, banyak HRD yang sangat selektif dengan CV yang dikirimkan oleh pelamar kerja.

Untuk itu, Anda sebagai pelamar kerja harus mengetahui apa-apa saja kriteria CV yang tidak diinginkan oleh HRD. Tujuannya agar Anda bisa mempersiapkan dan membuat CV yang tidak hanya memiliki isi yang berbobot tapi juga menarik untuk dilihat.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai CV yang tidak disukai oleh HRD!

#Tampilan Berantakan

Ketika Anda membuat CV, pastikan dibuat dengan format dokumen komputer, bukan ditulis tangan. Karena jika ditulis tangan kadang membuat tulisan tidak mudah dibaca dan itu sangat merepotkan. Kalau pun dibuat dengan komputer, pastikan menggunakan layout yang rapi. CV yang berantakan tidak disukai HRD.

Apalagi jika terlalu banyak isiannya. Ketahuilah, buatlah CV yang spesifik sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Sehingga isinya benar-benar terkait dan membuat CV lebih ringkas.

Jangan sampai membuat CV lebih dari 2 lembar.

#Tidak Punya Tujuan Yang Jelas

CV memang berisi tentang data diri Anda, tapi di dalam CV juga menggambarkan tentang apa yang Anda lamar. Kalau Anda ingin melamar pekerjaan ‘Desain Grafis’, cukuplah menulis tentang kemampuan Anda di bidang desain dan portofolio Anda.

Menulis hal yang spesifik dengan bidang yang Anda lamar, menandakan Anda punya tujuan jelas dalam melamar pekerjaan tersebut.

#Tidak Memiliki Keahlian Khusus

Jika Anda melamar di bidang pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus, dan ternyata Anda hanya punya keahlian yang biasa-biasa saja, itu membuat HRD juga menganggap Anda biasa-biasa saja. HRD sangat senang dan menginginkan kandidatnya punya keahlian yang khusus terutama yang sesuai dengan bidang yang dilamar.

 

Jika saat ini Anda masih melampirkan keahlian khusus yakni mengoperasikan Ms. Office, sebaiknya itu diupdate ulang. Karena di era sekarang ini, hal tersebut sudah sangat biasa dan bukan sebuah keahlian khusus.

Apabila Anda mengalami hal-hal di atas, jangan khawatir. Lakukan update CV Anda, caranya dengan belajar tentang hal baru yang menjadi kesukaan Anda dan sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan Anda lamar. Jangan lupa buat desain CV yang menarik tapi tetap nyaman dilihat.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...