New Job
(c) https://blog.westernunion.com

Ingin Resign? Tips Mencari Kerja Baru Ini Akan Membantu Anda

Beberapa pegawai memang sering mengalami masalah ini. Ketidakcocokan dengan sistem kerja di kantor, entah karena masalah gaji, rekan kerja, atasan, bahkan pekerjaan yang dijalani, membuat pegawai menjadi berpikir untuk resign kemudian mencari pekerjaan di kantor yang lain. Hal ini lumrah terjadi pada sebagian besar pegawai. Banyak yang berharap saat resign langsung mendapatkan pekerjaan yang baru.

Maka tidak sedikit para pegawai tersebut mencari pekerjaan baru terlebih dahulu sebelum memutuskan resign, agar lebih aman. Mungkin bagi sebagian pegawai, melakukan hal ini sangat sulit karena waktu yang masih tidak leluasa.

Baca juga: Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengajukan Resign

Belum lagi masih harus bersaing dengan para pekerja lainnya yang mungkin lebih memiliki waktu senggang lebih lama. Lalu bagaimana caranya agar bisa mencari kerja saat belum mengundurkan diri di perusahaan yang lama?

Berikut 4 tips yang bisa dijadikan acuan dalam mencari pekerjaan.

1. Browsing pekerjaan menggunakan perangkat pribadi

Jangan sekali-kali browsing mencari pekerjaan menggunakan peralatan kantor seperti laptop, komputer, maupun gadget lainnya. Apalagi jika ada pantauan. Jika Anda terpaksa harus menggunakan perangkat komputer, Anda bisa menghapus browser history maupun download agar tidak ada yang mengetahui hal tersebut.

2. Memanfaatkan waktu luang semaksimal mungkin

Anda bisa memanfaatkan waktu luang semaksimal mungkin untuk mencari pekerjaan. Misalnya saja waktu makan siang di kantor atau saat sudah berada di rumah. Jika ada janjian wawancara kerja, sebaiknya jadwalkan pada pagi hari, saat makan siang, atau sore hari setelah pulang kerja. Jika tidak memungkinkan mencuri-curi waktu, Anda bisa izin beberapa hari dulu dengan alasan lain seperti harus pergi ke luar kota karena ada acara mendesak.

3. Jangan merusak nama baik perusahaan lama

Saat Anda memutuskan untuk bekerja di perusahaan lain, jangan pernah merusak atau menjelek-jelekan nama baik perusahaan lain. Sebaiknya cari alasan mengundurkan baik yang baik dan tidak menyudutkan satu pihak.

4. Resign dengan cara baik

Setelah Anda diterima di perusahaan baru yang diinginkan, segera ajukan resign pada perusahaan lama. Namun lakukan pengunduran diri dengan baik-baik. Perusahaan lama Anda tentunya akan menghargai jika mengundurkan dengan baik dan benar. Untuk perusahaan baru, sebaiknya katakan sejujurnya jika Anda memang masih bekerja di perusahaan baru dan berencana untuk resign dengan cara yang baik. Mereka akan menghargai usaha Anda.

Keempat hal di atas bisa Anda jadikan sebagai tips dan acuan dalam mencari pekerjaan saat belum mengundurkan diri di perusahaan lama. Selamat mencari pekerjaan baru!

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...