Pencari Kerja

Ciri-ciri Pencari Kerja yang Laris Manis di Perusahaan

Saat ini, jumlah orang yang melamar kerja sangatlah banyak. Dalam satu event jobfair di kota besar, dapat menarik pengunjung sebesar 1000 pencari kerja. Namun demikian, fakta tersebut berbanding terbalik dengan banyak perusahaan saat ini mengalami kesulitan untuk mencari karyawan yang tepat untuk bekerja di perusahaan. Ada apakah ini? Menurut pendapat saya, ada beberapa hal vital yang melatarbelakangi permasalahan tersebut, yaitu para pencari kerja tidak memiliki softskill yang memadai saat memasuki dunia kerja.

Perusahaan memiliki dinamika yang cukup cepat. Ada yang hanya dalam waktu 16 tahun mampu menciptakan berbagai macam produk, ada yang mampu mencapai omzet miliar-an, dan sebagainya. Pada intinya, softskill tersebut digunakan untuk mengikuti dinamika yang muncul di perusahaan. Sehingga, jika Anda ingin menjadi pencari kerja yang dilirik oleh banyak perusahaan, maka asah softskill yang Anda miliki.

Berikut beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan dalam mempersiapkan memasuki dunia kerja.

1.Keterampilan Komunikasi

Berkomunikasi dengan jelas dan runtut. Menyampaikan pesan dengan sistematis sesuai dengan inti pesan yang ingin disampaikan. Membiasakan diri untuk berbicara di dalam forum atau ketika presentasi dapat meningkatkan keterampilan komunikasi ini

2.Keterampilan dalam Memimpin

Keterampilan dalam memimpin, melakukan delegasi, bukanlah suatu hal yang cepat dipelajari, namun bisa dipaksakan dengan keberanian dan kepercayaan diri. Media paling tepat untuk mengembangkan keterampilan dalam memimpin adalah melalui organisasi. Anda akan terbiasa melakukan pendelegasian dan juga mengarahkan anggota atau orang lain dengan baik, benar, dan sopan.

3.Keterampilan dalam Manajerial

Keterampilan manajerial, adalah kemampuan Anda dalam mengatur suatu hal. Sebagai contoh bagaimana Anda mengatur diri Anda sendiri, kemudian mengatur jadwal sehari-hari, hingga mengatur tim kerja Anda. Dan…lagi-lagi media paling tepat untuk meningkatkan keterampilan ini adalah melalui organisasi. Bergabunglah dengan kepanitiaan sehingga Anda dapat merasakan bagaimana menjalani interaksi dalam bekerja tim dengan SDM yang beraneka karakter, serta mengatur waktu kegiatan Anda.

4.Mampu Mempelajari Hal Baru dengan Cepat

Dalam dunia kerja, banyak sekali terjadi pembaharuan maupun perkembangan situasi kerja atau materi kerja. Selain itu, bekerja dengan target yang beraneka macam dengan waktu yang terbatas, sehingga kemandirian dan kecepatan dalam belajar sangat diperlukan. Sayang, saat ini cukup sulit menemukan SDM yang benar-benar memiliki kemandirian dalam belajar. Sebagian besar dari mereka lebih memilih bergantung pada pihak terkait, dengan alasan takut melanggar prosedur. Come on…salah itu wajar, asalakan ada pelajaran yang bisa diambil dan mau mengakui kesalahan.

5.Memiliki Semangat untuk Mempelajari Hal Baru

Perusahaan sangat senang dan bahagia apabila menemukan SDM yang bersemangat saat mempelajari hal baru. Mengapa demikian? Situasi kerja saat ini akan menghadapkan pegawai dengan berbagai macam perubahan, sehingga diperlukan kemauan untuk belajar. Namun faktanya, banyak yang mengeluh ketika menghadapi perubahan. Jadi, tempatkan diri Anda untuk menjadi yang lebih baik dalam dunia kerja

6.Keterampilan dalam melakukan Negosiasi

Negosiasi, hal yang hampir dilakukan oleh semua profesi. Bawahan dengan atasan, sesama rekan kerja, dan sebagainya. Kehidupan dunia kerja tidak lepas dari yang namanya negosiasi. Diawali dengan keterampilan komunikasi, dan kepercayaan diri, diharapkan nantinya Anda mampu meyakinkan pihak lain mengenai pendapat Anda. Cara paling mudah untuk mengembangkan keterampilan ini adalah cobalah untuk mengikuti organisasi atau dengan lebih mudahnya adalah aktif di dalam kelas saat tanya jawab dengan dosen.

Baca juga: Yakinlah, Mencari Kerja Itu Mudah

7.Adaptasi dengan Lingkungan

Beradaptasi dengan lingkungan merupakan hal paling pokok. Karena ketika tidak mampu melakukan proses adaptasi tersebut, maka yang terjadi adalah kinerja tidak maksimal. Fleksibelitas dalam menghadapi perubahan sangat diperlukan dalam dunia kerja saat ini. Tidak hanya dengan lingkungan sosial saja, namun juga dengan lingkungan kerja. Karena segala sesuatunya dalam dunia kerja dibutuhkan keseimbangan, antara lingkungan sosial, maupun lingakunga kerja. Tidak mungkin Anda hanya berhadapan dengan pekerjaan saja atau orang-orang saja.

Demikianlah beberapa kriteria pencari kerja yang diminati oleh banyak perusahaan, dan jadilah salah satu diantaranya…good luck!

Miftha Karima

Perempuan biasa, memiliki background Psikologi. Menyukai hal-hal terkait dengan pengembangan diri, training, HRD, karywan, dan sharing ilmu

Website - Twitter - Facebook

You may also like...