New Job
image via forbes.com

Bagaimana Cara Bertahan di Pekerjaan Baru?

Adaptasi sangat diperlukan ketika Anda sedang memasuki di dunia pekerjaan yang baru. Awalnya mungkin Anda akan sedang karena telah mendapatkan pekerjaan baru, tapi tak jarang yang akhirnya tak bisa bertahan di pekerjaan baru tersebut terlebih di lingkungan kantor yang baru.

Tidak hanya itu, banyak sekali masalah dan tantangan yang harus dihadapi di pekerjaan yang baru.

Lalu bagaimana agar Anda tetap bisa survive di pekerjaan baru tersebut?

Berikut ini kiat-kiat yang bisa Anda terapkan jika saat ini Anda baru saja mendapatkan pekerjaan baru.

#1 Hargailah Budaya Perusahaan

Yang pertama adalah adaptasi lingkungan kerja. Setiap perusahaan pasti memiliki budaya kerja yang berbeda. Ada yang santai, ada yang memang terlihat serius, dan sebagainya. Sebagai pegawai yang baru, sebaiknya Anda mengikuti budaya dan aturan yang ada di perusahaan baru Anda dulu.

Meski tidak nyaman, usahakan jangan pernah melanggar aturan yang ada. Karena itu akan memperburuk pekerjaan baru Anda.

#2 Berpikir Terbuka

Boleh saja Anda punya prinsip, tapi jika baru mendapatkan pekerjaan baru usahakan untuk tetap berpikiran terbuka (Open Mind). Bukalah mata dan pikiran Anda, coba buka diri dan ambil kepercayaan dari rekan-rekan kerja baru Anda.

Jangan menutup diri karena merasa tidak nyaman. Dengan menutup diri justru Anda tidak bisa berkembang dan menerima hal baru yang ada di perusahaan tersebut. Pada akhirnya banyak rekan kerja atau bahkan atasan Anda yang menilai Anda memiliki kinerja yang buruk.

#3 Ketahui Lebih Detail Job Desk Anda

Ketika mendapatkan pekerjaan baru, Anda wajib mengetahui dan mempelajari dengan detail apa tugas Anda di perusahaan tersebut. Dengan demikian Anda tak merasa rancu dengan apa yang Anda kerjakan dan tugas-tugas yang berdatangan.

Diskusikan dengan atasan mengenai tugas pekerjaan baru Anda dan mana yang perlu diprioritaskan. Ketahui juga bagaimana prosedur kerja di perusahaan tersebut khususnya untuk bagian pekerjaan Anda. Sehingga nantinya Anda bisa mengevaluasi secara pribadi kinerja Anda.

#4 Malu Bertanya Sesat di Kantor

Jangan sok tahu ketika mendapatkan pekerjaan baru. Meski bidang pekerjaan tersebut sudah dikuasai, pastikan selalu bertanya kepada siapapun. Jangan malu untuk bertanya. Ketika Anda mendapatkan pekerjaan baru, itu artinya Anda akan mendapatkan masalah, pengalaman dan hal-hal baru. Anda bisa menanyakan kepada rekan kerja yang lebih senior atau kepada atasan.

Jadilah pebelajar yang selalu ingin tahu hal-hal baru di tempat baru. Ini akan lebih baik daripada Anda diam dan merasa sok tahu.

#5 Mintalah Penilaian Atas Kinerja Anda

Wajar jika dipekerjaan baru, Anda tak bisa maksimal bekerja. Adaptasi memang diperlukan. Untuk itu jangan malu-malu untuk meminta penilaian atas kinerja Anda. Evaluasi sangat penting untuk menciptakan ritme kerja yang lebih baik di bulan-bulan berikutnya.

Anda bisa meminta penilaian kepada atasan atau rekan kerja. Setelah itu, diskusikan mengenai kekurangan kinerja Anda untuk mendapatkan solusinya.

***
Dalam pekerjaan baru, perusahaan khususnya atasan pasti sudah memberikan toleransi untuk setiap pegawai baru. Tapi jangan sampai toleransi ini Anda acuhkan begitu saja. Justru Anda harus gunakan untuk mendapatkan kepercayaan dan kenyaman bekerja di tempat baru Anda.

Banyak pegawai yang resign beberapa bulan setelah bekerja di tempat baru, bukan karena masalah gaji yang diberikan, bukan masalah pekerjaan yang dikerjakan. Tapi banyak yang tidak bisa adaptasi dengan pekerjaan barunya. Jadi, 5 kiat di atas semoga bisa membantu Anda untuk tetap bisa bertahan di pekerjaan baru dan membuat Anda lebih berkembang lagi.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...