Hari Pertama Kerja
image via www.fipshacker.com

Anda Karyawan Baru? Jadikan Hari Pertama Bekerja Lebih Berkesan

Hari pertama bekerja tak jarang membuat karyawan baru menjadi trauma. Yang lebih parahnya lagi, rekan kerja menjadi salah kira dengan diri Anda.

Jika Anda adalah karyawan baru, pastikan hari pertama bekerja Anda lebih menyenangkan dan mengesankan. Kesan pertama itu penting! Lebih penting dari jabatan Anda di tempat kerja baru.

Sayangnya, masih banyak karyawan yang di hari pertama justru jaim dan tertutup. Ini salah! Justru ini akan membuat hari pertama Anda tak menyenangkan. Anda akan terkekang oleh kejaiman Anda sendiri, dan itu bukan diri Anda!

Lalu bagaimana caranya? Salah satunya adalah terbuka dan apa adanya.

Biasanya, tiga bulan pertama Anda akan merasa menjadi karyawan yang dipandang baik oleh rekan kerja maupun atasan. Ya…supaya nanti bisa ditambah kontrak kerjanya. Tapi bukan begitu caranya. Cukuplah menjadi diri Anda yang apa adanya dan tetap lakukan yang positif untuk rekan-rekan kerja Anda.

Baca Berita Yang Lagi Tren Hari Itu Juga

Hari pertama kerja biasanya cuma ngobrol masalah perkenalan. Nama, alamat, dulu kerja dimana, dan semuanya yang berbau soal pekerjaan. Dan tau nggak itu membosankan. Supaya lebih menyatu lagi dengan rekan kerja yang baru, coba cari informasi yang lagi tren saat itu juga. Soal Manchester United lah, atau Barca lah, kalau suka bola. Atau soal fashion terbaru kalau rekan kerja mayoritas perempuan.

Ngobrolin hal-hal di luar pekerjaan justru akan memperkuat hubungan dengan rekan kerja yang baru.

Tak jarang justru muncul canda tawa yang membuat Anda seolah sudah lama berada di kantor itu. Ya, hal-hal semacam ini perlu dimunculkan saat hari pertama kerja. 🙂 Manfaat positif lainnya, Anda juga tidak dianggap kudet sama rekan kerja. Anda akan dianggap seseorang yang berwawasan luas. Kalau Anda hanya membahas masalah pengalaman kerja yang banyak, kadang justru akan dicap sebagai orang sombong. Yah, namanya juga manusia…

Pakaian Yang Anda Gunakan Adalah Mulut Kedua Anda

Jangan salah kostum. Ini kantor baru bukan kantor lama Anda. Untuk itu cari tahu model pakaian kerja apa yang sesuai untuk kantor baru Anda. Pakaian yang Anda gunakan secara tidak langsung akan mencerminkan diri Anda. Tidak rapi sedikit, Anda akan dicap negatif. Mau?

Baca juga: Ladies, 5 Model Baju Kerja Wanita Ini Wajib Anda Dimiliki

Sebelumnya lebih baik tanyakan saat wawancara kerja. Gaya pakaian kerja apa yang biasa digunakan di kantor baru tersebut. Sehingga Anda bisa mempersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.

Tidak perlu menggunakan pakaian yang mewah dan glamour. Ini justru akan menimbulkan kesan kepada rekan kerja Anda kalau Anda orangnya high class. Syukur-syukur kalau semua rekan kerja Anda juga punya gaya seperti itu, tapi kalau tidak? Itu justru akan menjadi jurang pemisah pergaulan Anda dengan rekan kerja.

Jangan Datang Telat Tapi Juga Jangan Kepagian

Berangkatlah kerja ke kantor baru Anda sewajarnya. Tidak perlu pagi-pagi, dan tidak boleh juga terlambat. Datang terlalu pagi dan jika itu bukan kebiasaan Anda justru akan membuat Anda tak nyaman, Anda seperti orang spesial.

Kesannya memang aneh, tapi cobalah untuk melakukan ini. Dampaknya akan membuat Anda seperti sudah lama bekerja di kantor baru. Apalagi jika di jalan ternyata berpapasan dengan rekan kerja satu kantor, wah itu akan menarik.

Anda Memang Lebih Pandai, Tapi Jangan Sok Tahu

Jabatan dan tingkat pendidikan Anda memang lebih tinggi dibanding rekan kerja baru Anda, tapi sudahlah, jangan pamerkan kepandaian Anda di hari pertama. Apalagi dengan banyak bicara yang itu dianggap ‘sok tau‘ oleh rekan kerja Anda.

Bicara sewajarnya, tidak perlu membawa latar belakang pendidikan. Cukup kepandaian Anda dibuktikan dalam hasil bekerja yang optimal.

Bicara Dengan Rekan Kerja

image via businessinsider.com

Intinya adalah bicara seperlunya dan sewajarnya.

Apalagi jika di hari pertama ada rekan kerja Anda yang ingin membantu Anda memperkenalkan bidang pekerjaan Anda. Meskipun Anda sudah tahu, tapi cobalah untuk mengikutinya, jangan sok tau dan tetaplah rendah hati.

Jika Anda Tak Mampu Jangan Mengeluh

Kadang hari pertama kerja langsung dikasih pekerjaan. Dan naasnya, pekerjaan itu tidak sesuai dengan yang diharapkan. Anda merasa pekerjaan itu berat. Meski begitu, janganlah Anda mengeluh apalagi mengeluh dengan rekan kerja baru, dijamin akan cepat menyebar. Dan rating Anda akan turun.

Meski Anda mendapatkan pekerjaan yang dirasa berat dan tak mampu, cobalah untuk mempelajari. Sesungguhnya di kantor itu bukan sekedar untuk bekerja tapi juga belajar.

Tetaplah percaya diri dan jaga semangat agar pekerjaan Anda tuntas sesuai deadline yang ditetapkan.

***
Hari pertama kerja harus Anda jadikan menyenangkan dan berkesan. Tetaplah menjadi diri Anda dan jangan menutup diri hanya untuk dibilang ‘karyawan baik‘.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...