Recruitments
Image via http://www.recruitmentagencynow.com/

Jurus Merekrut Karyawan Potensial

Dalam dunia kerja Anda akan menjumpai cukup banyak persaingan mulai dari prestasi kerja hingga memperoleh SDM yang potensial. Banyak perusahaan besar bersaing untuk memperoleh SDM yang berkualitas, dan uniknya adalah macam-macam perusahaan memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan SDM yang mereka inginkan.

Bagi Anda yang saat ini menjalani posisi sebagai bagian Recruitment di salah satu perusahaan tersebut, mungkin Anda dapat mengikuti beberapa cara berikut ini:

Campus Recruitment

Perlu kita sadari, bahwa biaya untuk melakukan recruitment bukanlah biaya yang sedikit. Sehingga tim recruitment dituntut untuk bekerja secara efektif agar memperoleh kandidat yang sesuai. Salah satunya dengan campus recruitment. Melakukan proses perekrutan dari kampus ke kampus. Selain itu, pilihlah perguruan tinggi yang memang dinilai unggul oleh sesama kalangan perusahaan. Anda bisa mengetahui melalui Ikatan alumni yang ada, dan menanyakan kepada penyedia jasa / biro yang biasa melakukan perekrutan dari kampus ke kampus lebih banyak mendapatkan source di perguruan tinggi mana.

Menjalin MOU

Memperluas wilayah perekrutan dengan menjalin MOU dengan perguruan tinggi ternama. Secara tidak langsung dengan menjalin MOU, perusahaan akan merasakan manfaat plus yaitu mendapatkan tenaga di bidang research dengan biaya yang tidak terlalu mahal, hal ini dikarenakan beberapa mahasiswa dari perguruan tinggi negeri terkait dapat melakukan penelitian di perusahaan Anda. Kemudian, manfaat lainnya adalah memudahkan menyebarkan informasi lowongan jika ada kebutuhan tenaga kerja sewaktu-waktu. Dengan menjalin MOU, perusahaan dapat memiliki penyaring utama dan penjamin SDM secara tidak langsung, karena tentu saja seluruh perguruan tinggi tidak ingin mahasiswanya mencemari nama baik almamater sehingga, tim di perguruan tinggi akan memberikan jaminan kepada perusahaan terkait.

Berpartisipasi dalam event job fair

Ketika ikut serta dalam event job fair, banyak perusahaan yang saling beradu brand untuk menarik jobseeker yang datang agar memasukkan lamaran. Namun demikian, kekurangan melalui jalan ini adalah kualitas pelamar yang cukup sulit untuk diprediksi. Terlebih pada event job fair yang diselenggarakan di lokasi umum seperti lapangan, gedung perkotaan, dan tempat lainnya. Mengapa demikian? Karena dari segi lokasinya yang sangat umum, tentu saja pesertanya juga sangat luas dan kurang bisa dikenali asal usulnya. Berbeda jika event yang diselenggarakan di kampus, akan lebih jelas kualitas SDM nya dan juga background pendidikan para jobseeker.

Mengadakan seminar persiapan memasuki dunia kerja

Tidak ada salahnya melakukan branding melalui media pengadaan seminar. Selain memberikan efek yang positif terhadap lingkungan sekitar, Anda juga dapat menyelipkan gambaran kerja di perusahaan Anda. Selain itu, akan lebih efektif lagi jika seminar tersebut dilakukan di lingkungan kampus dengan membidik perserta yang sebagian besar adalah mahasiswa tingkat akhir.

Baca juga: STOP! Jangan Asal Memilih Pekerjaan di Pengalaman Pertama Anda

Cukup menarik bukan cara untuk memperoleh karyawan yang potensial? Selain melakukan alternatif usaha tersebut, jangan lupa untuk melihat range salary yang semestinya diberikan, agar Anda merupakan perusahaan yang dapat dipertimbangkan oleh jobseeker.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...