Melamar Kerja Online

Cara Efektif Melamar Pekerjaan Di Era Modern

Apakah selama ini Anda masih disibukkan dengan cara melamar kerja yang konvensional? Membuat lamaran kerja dengan ditulis tangan atau komputer lalu mendatangi perusahaan-perusahaan?

Ah, itu sudah tak jaman…

Dengan cara seperti itu hanya akan menguras tenaga dan menghabiskan waktu saja. Sudah capek berjalan dari satu perusahaan ke perusahaan lain, tapi hasilnya nol besar. Tidak ada lowongan yang terbuka untuk Anda.

Nah, daripada menggunakan cara yang tidak jelas, lebih baik gunakan perkembangan teknologi yang sudah modern ini.

Sekarang ini untuk melamar kerja bisa dilakukan di rumah atau dimana saja. Sehingga sangat efektif. Yang terpenting adalah, Anda menyiapkan surat lamaran pekerjaan dan CV yang menarik. Untuk membahas bagaimana membuat surat lamaran pekerjaan dan CV yang menarik akan saya bahas di postingan selanjutnya. Jadi follow blog ini untuk mendapatkan perkembangan update terbaru.

Untuk saat ini saya ingin berbagi dulu cara melamar pekerjaan yang lebih efektif di era modern ini. Bagaimana saja caranya?

#1 Kirim Lamaran Pekerjaan Melalui E-mail

Sekarang ini sebagian perusahaan sudah menggunakan internet sebagai sarana komunikasi termasuk dalam menerima surat lamaran pekerjaan. E-mail adalah salah satu media komunikasi yang paling banyak digunakan di internet. Anda bisa menggunakan e-mail untuk mengirim surat lamaran kerja.

Tidak perlu khawatir soal etika, karena mengirim melalui e-mail juga ada caranya agar bisa tersampaikan dengan baik dan benar.

Namun, jika perusahaan memang tidak menginginkan untuk dikirim melalui e-mail, ya jangan dikirim lewat e-mail. Pastikan dulu sebelum mengirim lewat e-mail, pihak perusahaan bisa menerimanya.

#2 Kirim Lamaran Pekerjaan Melalui Situs Lowongan Kerja

Bersyukurlah saat ini Anda tidak dipusingkan lagi untuk mencari pekerjaan yang sesuai bagi Anda. Karena, telah banyak situs website yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan. Tidak informasi lowongan kerja saja, tapi juga sudah memiliki fitur yang lengkap bagi para pencari kerja. Misalnya informasi CV Anda bisa di tampilkan di website tersebut dan yang lebih menarik adalah Anda bisa mengirim pekerjaan langsung dari situs tersebut.

Baca juga: JobPlanet.com Hadir Menjadi Solusi Kerisauan Pencari Kerja

Biasanya untuk bisa meng-apply lowongan pekerjaan, Anda harus membuat akun di situs tersebut. Sehingga nanti jika ada lowongan pekerjaan yang sesuai, tinggal Apply saja. Berikut ini situs-situs yang bisa Anda gunakan, JobsDB, Jobstreet, Jobdesk, dan lainnya.

#3 Kirim Lamaran Pekerjaan Langsung Dari Website Perusahaan

Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang telah memiliki website. Website yang mereka miliki tidak hanya untuk media informasi produk dan layanannya saja. Tapi juga melingkupi layanan untuk para pencari kerja yang ingin mendapatkan kemudahan dalam proses recruitmen di perusahaan tersebut. Contohnya saja Telkom Indonesia, saat ini telah memiliki channel website untuk recruitmennya di http://rekrutmen.telkom.co.id.

Di website tersebut, Anda bisa mendaftarkan diri dan melihat lowongan apa saja yang tersedia di perusahaan Telkom. Nah, jika ada posisi yang sesuai dengan Anda, maka tinggal Apply saja lewat website tersebut. Mudah kan!

#4 Kirim Lamaran Pekerjaan Langsung Dari Media Sosial

Tidak hanya melalui website saja, tetapi beberapa perusahaan saat ini sudah banyak yang mengembangkan melalui media sosial. Hal ini juga termasuk dalam proses rekrutmen pegawai baru. Salah satunya media sosial yang biasa digunakan oleh perusahaan adalah LinkedIn.

LinkedIn ini adalah media sosial yang memang dikhususkan untuk jaringan karir dan pekerjaan. Di sana Anda jugadapat dengan mudah berkenalan dengan para pegawai bahkan CEO dari berbagai perusahaan. Dari sinilah Anda bisa mendapatkan relasi untuk mencari pekerjaan baru.

#5 Kirim Lamaran Langsung Dari Job Placement Center Universitas

Biasanya universitas sudah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan dalam hal proses rekrutmen pegawai. Salah satu yang digunakan adalah media website Job Placement Center. Di sana akan ada banyak informasi pekerjaan dan Anda bisa melamar melalui situs Job Placement Center tersebut. Tapi sayangnya, kadang ada beberapa universitas yang hanya memberikan fasilitas ini untuk mahasiswanya saja, bukan untuk umum.

Nah, itu beberapa cara efektif melamar pekerjaan di era modern sekarang ini. Jangan sampai Anda tidak mengikuti perkembangan teknologi yang ada sehingga justru Anda yang akan merasa kesulitan, khususnya dalam mendapatkan pekerjaan.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...

  • petrus kogoya

    slmt mlm