Etika di Tempat Kerja
(c) https://blog.kairosmarketing.net

5 Etika Penting di Tempat Kerja

Saat berada di suatu tempat, tentu saja selalu ada peraturan atau biasa disebut dengan etika yang harus dipatuhi. Seperti halnya di tempat kerja, tentu saja ada etika-etika di dalam lingkungan kerja. Etika sendiri berfungsi untuk membatasi perilaku individu agar tidak mengganggu kenyamanan individu yang lainnya. Individu pun bermacam-macam sifatnya, ada yang dapat langsung dengan mudah menyesuaikan diri, namun ada pula yang kurang bisa menyesuaikan diri, sehingga membutuhkan pihak lain untuk memberikan pengarahan.

Beberapa etika yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Jangan tertawa dan berbicara terlalu keras

Saat berada dalam suasana kantor, pada dasarnya tidak ada yang melarang untuk tertawa dan berbicara. Namun demikian, ada volume yang perlu diatur. Jika Anda tertawa dengan suara yang keras, atau mungkin berbicara dengan suara terlalu keras, maka akan mengganggu kenyamanan kerja karyawan lain disekitar Anda.

2. Jangan menggunakan toilet terlalu lama

Toilet merupakan fasilitas umum yang disediakan perusahaan untuk seluruh karyawannya. Dengan demikian, toilet tersebut bukan untuk Anda sendiri, melainkan juga untuk karyawan yang lain. Sehingga saat menggunakan toilet, gunakanlah seperlunya. Jangan menggunakan toilet untuk tidur,merokok, atau hal lainnya.

3. Ikut menjaga kebersihan lingkungan kerja

Jika di perusahaan tempat Anda bekerja sudah ada yang namanya OB (Office Boy) yang bertanggung jawab atas kebersihan, bukan berarti Anda tidak perlu ikut menjaga kebersihan lingkungan kerja juga. Etika utama adalah Anda harus ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan kerja. Mengapa demikian? Karena kebersihan di tempat kerja sangat penting dan dapat memberikan pengaruh kepada kinerja.

4. Jangan suka membicarakan kejelekan orang lain

Hal berikutnya terkait etika penting lainnya adalah jangan suka membicarakan kejelekan orang lain. Bergosip boleh, tapi tidak perlu membicarakan kejelekan orang lain. Belum tentu juga diri Anda lebih baik dari orang yang sedang Anda bicarakan. Jadi, lebih baik memperbaiki kinerja diri untuk pencapaian karir yang lebih baik, dari pada menghabiskan waktu yang dimiliki dengan kegiatan yang tidak berguna

5. Jangan terlalu sering datang terlambat

Perusahaan sudah mengatur jam kerja karyawannya, dan aturan tersebut sudah dinilai baku. Namun demikian ada beberapa perusahaan yang dapat menindak tegas, namun ada pula yang tidak melakukan apa pun. Anda sebagai seorang karyawan harus datang tepat waktu, hal ini dikarenakan dengan datang terlambat, tentu saja pekerjaan Anda juga akan tertunda sehingga hasil kerja kurang maksimal.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...