Profesi SEO Specialist

[RTalk] Ngobrol Profesi SEO Specialist Bareng April Fitriani

RuangPegawai.com – Perkembangan dunia internet sekarang ini semakin pesat. Tidak hanya berdampak pada bidang teknologi saja, tapi keberadaannya juga mempengaruhi berbagai bidang lainnya. Dunia pekerjaan pun juga mendapatkan impact dari perkembangan teknologi internet ini.

Kali ini, RuangPegawai Talk! ingin ngobrol bersama April Fitriani, seorang wanita yang profesinya sangat berhubungan dengan teknologi internet dan website. Dan pastinya masih banyak orang yang belum mengenal profesi yang satu ini.

Kita kenalan dulu dengan Kak April Fitriani. Beliau adalah seorang wanita asal Bekasi yang bekerja di salah satu perusahaan agency bilangan Jakarta, yakni Mirum Agency.

Profesi pekerjaan dari Kak April ini cukup menarik. Beliau adalah seorang yang bisa memberikan perubahan bagi website-website agar naik kelas di mesin pencarian, seperti Google.

Profesi dia adalah seorang SEO Specialist.

Ada yang sudah pernah dengar profesi ini?

SEO Specialist, berarti profesi yang khusus menangani SEO. SEO itu kepanjangan dari Search Engine Optimization. Jadi gini, Anda pasti pernah membuka Google lalu misalnya ingin mencari “pabrik baju di jakarta“. Nah nanti pasti akan muncul hasil pencarian berupa website-website yang berhubungan dengan kata pencarian tadi “pabrik baju di jakarta“.

pabrik baju di jakarta - Google Search

Tapi tahukah Anda bahwa bisa saja website yang muncul dihasil pencarian teratas itu sudah dioptimasi? Dan itu menggunakan teknik SEO tadi. Jadi SEO itu adalah salah satu teknik yang membuat sebuah website agar dapat muncul dipencarian teratas dengan kata kunci tertentu.

Tugas seorang SEO Specialist itu salah satunya ya seperti itu. Meningkatkan ranking website di hasil penelusuran mesin pencari.

Menarik kan ya profesi pekerjaan ini? Tapi bagaimana supaya bisa bekerja di bidang ini? Mari kita tanyakan ke Kak April.

Menurutnya, semua orang bisa berprofesi sebagai SEO Specialist, yang penting memiliki keahlian dalam bidang SEO seperti ilmu dasar SEO (On Page & Off Page), Content Planning, Keyword Optimization, Link Building, dan masih banyak lagi. Silahkan dicari sendiri dan dipelajari jika Anda tertarik.

Kalau soal pendidikan, sebenarnya semua lulusan bisa melakukannya, sekalipun lulusan SMA. Tapi menurut Kak April akan lebih baik bagi mereka yang telah mengeyam pendidikan di jurusan IT dan SI. Karena tentu akan memilik basic di dunia internet maupun website dan itu akan memudahkan dalam mempelajari masalah SEO.

Kak April sendiri adalah lulusan S1 Komunikasi tapi faktanya bisa bekerja di bidang ini.

Meski kelihatannya profesi ini menarik, tapi setiap profesi tetap saja ada tantangannya. Berdasarkan pengalaman dari Kak April, tantangan di profesi SEO Specialist ini adalah ketika Google sebagai mesin pencari terbesar mengupdate algoritma pencariannya. Lalu juga adanya kompetisi dengan website lain untuk mendapatkan ranking.

Jadi gini, untuk mengoptimasi website itu memang ada kompetitornya. Misal Anda ingin mengoptimasi website klien dengan kata kunci “jual undangan pernikahan“, nah kata kunci ini ternyata juga banyak persaingannya. Banyak website yang memakai kata kunci ini. Semakin besar persaingan maka semakin sulit dan lama mengoptimasinya.

Tantangan lain seperti ketika website mengalami penurunan traffic dan itu butuh analisa yang cermat. Dan yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana mempertahankan ranking keyword position yang telah dioptimasi.

Tapi tenang, tantangan ada untuk dipecahkan. Dan Kak April punya caranya sendiri seperti dengan terus update informasi perubahan algoritma Google yang nantinya bisa disesuaikan dengan cara optimasinya. Lalu tetap harus banyak membaca, khususnya membaca mengenai perkembangan SEO dan internet. Dan tetap melakukan analisa trend yang sedang banyak dicari di internet.

Jika Anda tertarik memiliki profesi seperti ini, peluang kariernya masih terbuka lebar. Karena tidak hanya dibutuhkan di Digital Agency saja, tetapi perusahaan e-commerce atau perusahaan yang memiliki website pasti ingin website mereka dioptimasi akan memiliki peringkat yang bagus di mesin pencari.

Jenjang karier pun juga ada, tapi biasanya hanya ada di perusahaan besar dan agency. Kalau untuk perusahaan umum yang sekedar membutuhkan Ahli SEO kemungkinan tidak memberikan jenjang karier.

Ada tips dari Kak April bagi Anda yang memang ingin berkecimpung di dunia ini, yakni teruslah berlatih dengan menggunakan website/blog sendiri. Karena SEO hanya modal teori tidak akan jadi apa-apa. Apalagi perkembangan SEO terus berubah semakin bergantinya algoritma Google. Untuk itu Anda juga harus tetap memperbanyak bacaan mengenai SEO dan internet. Intinya harus up to date.

Itulah sedikit pengalaman profesi SEO Specialist dari Kak April. Jika ada yang ingin bertanya atau mungkin meminta bantuan untuk mengoptimalkan websitenya, bisa menghubungi Kak April di jejaring sosialnya.

April Fitriani
SEO Specialist at Mirum Agency
Email : [email protected]
Twitter :[email protected]
LinkedIn : https://id.linkedin.com/in/aprilfhartoyo

Ingin berbagi pengalaman kerjamu di RuangPegawai.com seperti Kak April? Silahkan klik di sini!

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...

  • kyyyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa,,, Apriiiiiiiiiiiiiiiil #DieHardFans

  • aih,,, mantan gw itu,,, lols,,