Ngulik Profesi SEO Specialist Bersama Meylisa Rahman

SEO Specialist - Meylisa Rahman

RUANGPEGAWAI.com – Perkembangan dunia digital semakin luas dan berdampak pada bidang-bidang pekerjaan lain tidak hanya IT. Justru dengan perkembangan digital ini banyak pekerjaan di bidang lain sangat terbantu dengan adanya layanan teknologi saat ini.

Ambil contoh pekerjaan di bidang logistik. Sekarang ini dengan berkembangnya teknologi, banyak orang yang melakukan jual beli online, marketplace tumbuh dimana-mana dan dampaknya adalah bisnis logistik semakin untung karena banyak yang menggunakan jasanya.

Tidak hanya itu, dengan berkembangnya bisnis digital ini juga membuka profesi-profesi baru yang dulunya tidak ada dan bahkan di dalam dunia pendidikan pun tak ada ilmunya. Salah satunya adalah profesi SEO Specialist.

Di kanal RuangPegawaiTalk! sebenarnya sudah sempat dibahas mengenai profesi ini dengan narasumber April Fitriani.

Baca juga : Ngobrol Profesi SEO Specialist Bareng April Fitriani

Tapi tak ada salahnya kalau sekarang Ruang Pegawai membahasnya lagi dengan narasumber yang berbeda. Harapannya dengan informasi ini nanti pembaca mendapatkan kesimpulan yang bisa saja sama atau mungkin berbeda dari dua narasumber ini.

Nah, kali ini kita akan ngulik profesi SEO Specialist ini bareng Meylisa Rahman, perempuan cantik yang ternyata telah bekerja di Agency Digital Marketing sejak ia duduk di bangku kuliah semester 3.

Ya, Meylisa memang memulai kariernya sebagai SEO Specialist sejak masih kuliah semester 3. Ada alasan tersendiri mengapa ia memilih profesi ini. Ternyata sejak SMP, Meylisa sudah gemar menulis jurnal harian di blog pribadinya. Sehingga aktivitas itu membuatnya cinta dengan profesi ini.

“Alasan saya memilih profesi ini adalah dimulai dari hobby sejak SMP dimana saya suka menulis jurnal harian saya di blog saya pribadi yang masih menggunakan blogspot. Saat itu saya merasakan kebahagiaan setelah banyak orang yang membaca tulisan saya, ternyata hobby saya ini menjadikan saya mencintai profesi saya sebagai seorang SEO,” tulisnya saat dimintai keterangan melalui email.

Yang menarik lagi adalah perempuan yang berdomisili di Bogor ini ternyata lulusan IPB (Institut Pertanian Bogor). Bagaimana bisa lulusan yang berhubungan dengan pertanian justru berprofesi di bidang yang sangat berseberangan.

Tetapi ini bukan menjadi masalah.

Justru menurut Meylisa, untuk berprofesi sebagai SEO Specialist tidak harus berlatarbelakang di bidang IT. Karena pekerjaan ini juga tidak ada sekolah atau jurusannya. Hampir orang-orang yang bekerja sebagai SEO Specialist ini belajar secara otodidak. “SEO itu tidak ada sekolahnya hampir semua orang SEO di Indonesia itu belajar secara autodidak, seperti halnya hacker yang belajar hacking secara autodidak juga hihihi,” jelasnya.

Lalu apa job desc dari SEO Specialist?

SEO sendiri adalah Search Engine Optimization, di mana pekerjaan ini memiliki tugas pokok untuk mengoptimalkan sebuah website agar bisa mendapatkan posisi yang bagus di mesin pencari, seperti Google.

Perempuan yang sekilas mirip Oki Setiana Dewi ini menjelaskan kalau agak unik job desc dari profesi ini. Baginya, dia harus bisa menganalisa sebuah website dari sudut pandang sebagai user dan sebagai robot mesin pencari. Dari hasil analisa itu, lalu ia gunakan untuk melakukan langkah-langkah optimasi agar website tersebut dapat memiliki peringkat yang sesuai dengan target yang diharapkan.

Tantangan SEO Specialist

Profesi SEO Specialist ini tetap memiliki tantangan tersendiri. Mengingat ilmu SEO bukanlah ilmu pasti. Ada banyak kendala yang datang dari faktor luar khususnya mesin pencari itu sendiri.

Hal ini dibenarkan juga oleh Meylisa. Ia mengatakan kalau tantangan justru datang dari para kompetitor. Ya bagaimana lagi, namanya juga mengoptimalkan sebuah website di mesin pencari, pasti harus bersaing dengan website-website lain yang ingin mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari.

“Tantangannya ya lagi-lagi kompetitor. Ketika kalian mengoptimasi situs A sebagai e-commerce, pastinya situs A ini tidaklah sendirian dan pasti ada kompetitornya. Ketika kompetitornya memiliki skor SEO lebih baik dibanding client kita maka disanalah letak tantangan yang sebenarnya,” ungkapnya.

Belum lagi jika Google melakukan pembaharuan algoritma, itu pasti butuh strategi baru lagi untuk melakukan optimasi. Namun, profesi ini tetap memberikan hal positif yakni bisa selalu berdiskusi tentang hal baru khususnya di bidang SEO dengan para SEO Specialist lain. Agar mendapatkan informasi dan wawasan yang selalu up to date.

Bagi kamu yang ingin berprofesi seperti Meylisa ini masih sangat terbuka lebar. Tidak ada syarat fisik, yang penting kuat mental dan selalu optimis. Karena sekali lagi SEO ini tidak ada ilmu pastinya. Permintaan klien yang neko-neko belum lagi adanya faktor eksternal seperti yang dijelaskan di atas, kadang membutuhkan mental dan menguras pikiran. Wajar jika ada peluang karier di profesi ini yang mensyaratkan bersedia bekerja di bawah tekanan.

Baca juga : Ini Maksud Sanggup Bekerja di Bawah Tekanan Dalam Syarat Lowongan Kerja

Meski begitu, profesi ini ternyata juga punya jenjang kariernya kok. Di beberapa perusahaan besar, profesi SEO Specialist ini memberikan jenjang karier mulai sebagai SEO Junior, SEO Specialist hingga SEO Senior.

Bicara soal penghasilan yang didapatkan, profesi ini masih bisa dikatakan wajar dan memiliki peluang besar. Artinya jika benar-benar ditekuni, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar. Kalau kata Meylisa gaji diprofesi ini masih sangat seksi untuk ditekuni. 🙂

Nah, buat kamu yang mungkin tertarik untuk berprofesi seperti Meylisa ini, bisa lhoh dimulai dari sekarang. Meylisa memberikan tips untuk kamu yaitu jangan mudah menyerah, dan tetap belajar. Jangan sekedar tergiur gaji, karena kalau tergiur gaji kamu bisa jadi tidak bisa bertahan diprofesi ini.

Hingga saat ini Meylisa pun masih bekerja di perusahaan yang sama. Jadi ia telah ikut andil dalam mengembangkan perusahaan yang dinaunginya sejak kuliah semester 3 itu.

Meylisa Rahman
SEO Specialist at Rel Nofollow
LinkedIn : https://www.linkedin.com/in/meylisa-rahman-3b154413a/
Startup : https://www.pertanyaanku.com

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 18 =