PNS
image via liputan6.com

Yuk Kenali Pangkat, Golongan, dan Ruang PNS!

RuangPegawai.com – Jika Anda seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja di kantor pemerintahan, pasti sudah sangat paham maksud dari pelabelan ruang kerja PNS. Tapi tak jarang yang masih belum paham apa arti dari nama ruang kerja itu.

Sebagai informasi, pelabelan ruang kerja PNS itu sudah disesuaikan dengan pangkat dan golongan PNS. Misalnya ada golongan ruang III/C, II/A, I/B, dan masih banyak lainnya.

Nah, golongan ruang tersebut sudah disesuaikan dengan pangkat dan golongan jabatan Anda sebagai PNS. Supaya lebih jelas, coba lihat tabel di bawah ini.

Nama Pangkat
Golongan
Ruang
GOLONGAN IV (Pembina)
Pembina Utama
IV
e
Pembina UtamaMadya
IV
d
Pembina Utama Muda
IV
c
Pembina Tingkat I
IV
b
Pembina
IV
a
GOLONGAN III (Penata)
Penata Tingkat I
III
d
Penata
III
c
Penata Muda Tingkat I
III
b
Penata Muda
III
a
GOLONGAN II (Pengatur)
Pengatur Tingkat I
II
d
Pengatur
II
c
Pengatur Muda Tingkat I
II
b
Pengatur Muda
II
a
GOLONGAN I (Juru)
Juru Tingkat I
I
d
Juru
I
c
Juru Muda Tingkat I
I
b
Juru Muda
I
a

Dari tabel urutan pangkat, golongan, dan ruang PNS di atas sudah sangat jelas bahwa pelabelan ruangan disesuaikan dari golongan dan ruangannya.

Jadi misal seorang PNS berada di ruang III/a berarti ia memiliki Golongan III (Penata) lebih tepatnya Penata Muda. Sangat mudah bukan mengenali jabatan PNS dengan melihat ruangannya.

Semoga Anda bisa memahami lagi maksud dari golongan ruang PNS ini kaitannya dengan jabatan yang diemban. Dan semoga dengan jabatan yang tinggi tidak membuat Anda merasa tinggi hati. Karena dengan jabatan yang tinggi justru memiliki tanggung jawab yang besar pula.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...