Yang Harus Anda Miliki Jika Ingin Bekerja di Perusahaan Startup

Perusahaan Startup

RUANGPEGAWAI.com – Era digital sekarang ini banyak bermunculan perusahaan-perusahaan startup yang memiliki persaingan tinggi. Tidak hanya persaingan dari sisi pencari kerja, tetapi juga dari sisi perusahaan.

Hal ini disebabkan oleh karakteristik dari perusahaan startup itu sendiri.

Perusahaan startup adalah perusahaan yang masa operasinya belum lama namun sudah mampu berkembang dan terus akan melakukan pengembangan sesuai dengan model bisnis yang scalable dan berulang.

Kondisi inilah yang membuat perusahaan startup harus memiliki SDM yang benar-benar mau diajak fight dan unggul dibidangnya masing-masing.

Apakah perusahaan startup hanya membutuhkan SDM yang berpengalaman? Tidak juga. Seorang fresh graduate pun bisa masih di perusahaan startup. Asal memiliki kualifikasi sebagai berikut :

#1 Cepat Belajar dan Beradaptasi

Perusahaan startup bukanlah perusahaan yang berjalan pada sistem yang sudah ada saja. Namun, dalam perjalanannya, perusahaan startup dituntut untuk berkembang sesuai perubahan zaman, teknologi dan gaya hidup manusia.

Inilah yang perlu dimiliki oleh SDM apabila ingin bekerja di perusahaan startup. Ia harus mampu beradaptasi baik dengan sistem kerja, lingkungan dan tim yang ada. Selain itu yang terpenting adalah cepat untuk belajar.

Memiliki kemauan untuk terus belajar dan didukung oleh kecepatan dalam mempelajari hal-hal baru di bidangnya, itulah yang diharapkan.

Sehingga keberadaannya nanti akan dapat mengimbangi laju perkembangan perusahaan startup agar terus dapat bersaing di pasar global.

#2 Tidak Kaku

Kalau Anda sebelumnya bekerja di perusahaan ‘umum’ lalu beralih ke perusahaan startup, maka Anda akan merasa gaya bekerja Anda akan berubah. Perubahan itu dirasakan dari sisi sistem kerja.

Karena perusahaan startup umumnya sangat fleksibel. Di mana harus mampu menyesuaikan perubahan yang ada. Jangan kaget jika arah bisnis kadang berubah-ubah, karena memang sudah seperti itu sifatnya, fleksibel.

Inilah yang perlu dimiliki pegawai di perusahaan startup. Seorang pegawai harus mampu menyesuaikan ritme kerja yang ada. Harus siap siaga setiap waktu dan tidak boleh kaku.

Misalnya saja ketika bekerja di perusahaan startup bidang advertising. Pegawai harus mampu melihat perubahan dunia luar tentang teknologi baru, kondisi pasar dan bagaimana gaya hidup masyarakat.

Baca juga : [RTalk] Ngobrol Profesi SEO Specialist Bareng April Fitriani

#3 Mandiri Tapi Aktif

Dengan berbekal keahliannya, pegawai di perusahaan startup dituntut untuk bisa bekerja secara mandiri. Ya meskipun kerja tim juga diperlukan, tetapi kemampuan kerja secara mandiri juga sangat diperlukan di perusahaan startup.

Hal ini dikarenakan perusahaan startup umumnya tidak memiliki SDM yang banyak, sehingga SDM yang ada harus dituntut mandiri dalam bekerja dan tentu proaktif.

Anda pun bebas mengemukakan ide yang membangun untuk perusahaan startup. Karena memang iklim di perusahaan startup sangat terbuka terhadap ide-ide baru yang datang dari pegawainya.

Apabila Anda hanya berpacu pada job desc yang ada saja dan tak mau melihat keluar, maka Anda akan tertinggal dengan laju perkembangan perusahaan.

#4 Tidak Pantang Menyerah

Perusahaan startup bukan tempat bagi pegawai yang suka mengeluh dan mudah menyerah. Karena di perusahaan ini Anda harus memiliki attitude yang terus fight dan pantang menyerah.

Kalau pekerjaan Anda mendapatkan kebuntuan dan terus gagal, Anda harus bisa mencoba lagi sampai bisa. Dan biasanya Anda akan diberi keluasaan dalam mengambil keputusan asal itu berdampak positif untuk pekerjaan dan perusahaan.

Seorang pegawai di perusahaan startup haruslah yang menyukai tantangan dan hal-hal baru. Mencoba dan gagal adalah sebuah hal biasa, karena dari situlah akan tercipta karya yang luar biasa.

#5 Kepedulian Yang Tinggi

Meski kadang di perusahaan startup memiliki SDM yang sedikit, namun kepedulian yang tinggi sangat diperlukan. Anda memang harus dituntut untuk bisa kerja mandiri, tetapi sisi kepedulian Anda juga perlu dibawa.

Peduli bukan hanya untuk pekerjaan yang diberikan ke Anda, tetapi juga tentang perkembangan perusahaan Anda.

Pegawai di perusahaan startup juga harus memiliki tanggung jawab terhadap perkembangan perusahaannya. Sehingga apa yang dikerjakannya nanti juga sesuai dengan perubahan perusahaan ke arah yang lebih baik.

Baca juga : Bekerja Itu Bukan Sekedar Soal Usaha Namun Juga Soal Hati

***
Itulah beberapa hal yang perlu Anda miliki jika ingin bekerja di perusahaan startup. Sekilas memang terlihat berat, tetapi faktanya jika sudah bekerja tidak seperti itu.

Iklim bekerja di perusahaan startup sangat berbeda dengan perusahaan umum. Meski terlihat berat, Anda akan menikmatinya. Apalagi jika Anda memang seseorang yang ingin terus berkembang. Bekerja di perusahaan startup adalah tempat yang cocok untuk Anda dalam mengembangkan skill yang Anda miliki.

Mau mencoba bekerja di perusahaan startup?

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

5 Responses

  1. Rudhi Hadhi says:

    Bukalapak, tokopedia, OLX, go-jek itu apakah masuk dalam perusahaan startup ya mas ?

  2. andrie says:

    benarrr selalee

  3. Larasati Neisia says:

    berguna tipsnya mas.. saya kerja di start up soalnya hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × one =