Tugas Customer Service
Image via www.huffingtonpost.com

Tugas Customer Service Itu Seperti Ini Lho

Menjadi customer service memang sangat mengasiknya, karena tugas customer service ini langsung berhubungan dengan orang atau pelanggan. Sehingga peran dari customer service ini sangatlah mulia, yakni melayani kebutuhan informasi dari pelanggan.

Nah, jika Anda saat ini tertarik untuk bekerja menjadi customer service, sebaiknya memang perlu mengetahui dulu apa peran dan tugas dari CS ini.

Saya sendiri sangat setuju jika Anda saat ini ingin bekerja sebagai CS. Karena setiap pekerjaan yang dilakukan oleh CS tujuannya untuk memberikan kepuasan kepada konsumen melalui pelayanan yang diberikan.

Nah, berikut beberapa tugas Customer Service umum dilakukan dibeberapa perusahaan.

1. Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan (Customer Relation Officer)

Karena CS berhubungan langsung dengan pelanggan/klien/nasabah, tentunya CS harus bisa membangun hubungan baik dengan pelanggan. Caranya dengan memberikan pelayanan yang maksimal, ramah, dan penuh senyum.

Pelayanan CS yang maksimal akan memberikan cermin positif untuk perusahaan. Apabila ternyata ada pelanggan yang komplain terkait pelayanan/produk dari perusahaan, Anda sebagai CS harus bisa memberikan solusi dan menenangkan pelanggan.

Jangan sampai Anda terbawa perasaan hingga akhirnya malah memarahin pelanggan, jangan sampai itu terjadi.

2. Menerima Tamu (Resepsionis)

Tugas lain dari Customer Service adalah menerima tamu. Ya, karena biasanya CS berada di frontliner, sehingga tamu-tamu yang datang harus berhadapan dengan Customer Service dulu.

Di sini seorang CS harus paham betul soal internal perusahaan yang dinaunginya. Karena biasanya tamu akan bertanya soal masalah perusahaan, baik itu tentang produknya atau lainnya.

Kalau CS tidak paham, tamu pasti akan kecewa. Dan tetaplah ramah ketika menerima tamu.

3. Sebagai Komunikator

Customer service juga berperan sebagai komunikator. Maksudnya adalah sebagai penghubung antara pelanggan dengan perusahaan. Kadang ada klien atau relasi dari luar yang memiliki kepentingan dengan salah satu pegawai atau pimpinan perusahaan. Nah, Customer Service juga harus bisa sebagai penghubung antar keduanya.

***
Melihat dari beberapa tugas pokok Customer Service di atas, tentu seorang CS harus memiliki beberapa kemampuan yang bisa mendukung pekerjaannya, salah satunya adalah kemampuan komunikasi.

Kemampuan komunikasi sangat penting untuk bisa mendukung kinerja dari Customer Service.

Baca juga: Ini Dia Tugas Pegawai Administrasi Perkantoran

Selain kemampuan berkomunikasi, ada beberapa persyaratan lain yang perlu dimiliki oleh seorang Customer Service.

1. Kemampuan Berbahasa

Ya, beberapa perusahaan sekarang ini sudah mensyaratkan untuk Customer Service agar memiliki kemampuan berbahasa yang baik, tidak hanya Bahasa Indonesia saja, tapi juga harus menguasai Bahasa Inggris. Terlebih jika Anda ingin bekerja sebagai CS di perusahaan multinasional.

2. Berpenampilan Menarik

Penampilan menarik bukan hanya sekedar cantik atau ganteng saja, tapi bisa memposisikan dirinya dengan benar sesuai dengan tempatnya. Dan cara berpakaiannya juga rapi. Karena CS berada di frontliner yang akan selalu bertemu dengan orang lain.

3. Memiliki Attitude Yang Baik

Attitude atau sikap juga sangat diperhitungkan jika Anda ingin menjadi Customer Service. Ramah, murah senyum, bijaksana dan tidak mudah marah, salah satu kriteria yang diharapkan dari posisi Customer Service.

Karena nantinya CS akan berhadapan dengan berbagai kondisi yang bisa saja menyenangkan maupun keluhan dari para pelanggan.

4. Fisik dan Mental Yang Kuat

Meski Customer Service bukan pekerjaan yang membutuhkan aktifitas fisik yang banyak, tapi kondisi fisik juga diperhitungkan. Dari sisi fisik, harus memiliki kesehatan yang baik dan tidak mudah sakit. Mental pun juga begitu, karena pasti akan berhadapan dengan orang yang berbeda-beda karakternya.

Itu beberapa tugas Customer Service dan persyaratan umum yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin bekerja sebagai CS.

Pekerjaan CS itu sangatlah menyenangkan, apalagi Customer Service Online, kerjanya cuma menghadapi pelanggan melalui telepon dan internet saja. Nah, jika Anda memang ingin bekerja sebagai Customer Service, itu pilihan yang terbaik. Semoga Anda bisa menikmati pekerjaan tersebut. 🙂

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...