Rumah Kost
(c) http://www.lifeofpix.com

Tips Memilih Rumah Kost Bagi Karyawan

Rumah Kost atau Kost-kostan tentu saja tidak hanya untuk mahasiswa saja, namun juga sangat umum bagi karyawan yang berasal dari kota pendatang. Hal yang sering terjadi adalah ketika mencari rumah kost kita berada pada kondisi tidak memiliki kendaraan. Jadi mau tidak mau, harus memilih kos-kosan yang dekat dengan tempat kerja. Mungkin hal ini tidak menjadi masalah bagi Anda yang memiliki kantor di ruko, atau mungkin di tengah keramaian kota.

Namun akan menjadi masalah jika Anda bekerja di sebuah pabrik, yang biasanya pabrik terletak di pinggiran kota. Tentu akan menjadi problem tersendiri di dalam diri Anda. Berikut saya akan memberikan tips bagaimana memilih rumah kost yang cocok untuk karyawan merantau.

Pilihlah Rumah Kost yang dekat dengan penjual makanan

Bagi saya, hal ini adalah hal utama. Mengapa, saat hidup sebagai perantauan, tentu saja Anda harus menjaga kondisi kesehatan tubuh semaksimal mungkin. Dan kunci utama adalah makanan. Makan secara teratur dapat meminimalisir Anda jatuh sakit. Ketika Anda sudah tiba di kos, yang Anda rasakan adalah capek, dan sudah malas untuk berjalan jauh mencari makan, kemudian pada akhirnya Anda lebih memilih untuk tidur. Kemudian, tanpa Anda sadari, tiba-tiba Anda jatuh sakit dikarenakan pola makan yang tidak teratur. Dengan memilih tempat tinggal di dekat banyak penjual makanan, Anda dapat mengatur pola makan Anda meskipun dalam kondisi yang lelah. Dan ingat, pada poin penting ini jangan lupakan kebersihan makanan yang Anda santap.

Pilihlah Rumah Kost yang sesuai dengan gaji Anda

Pilihlah kost-kostan sesuai dengan budget kemampuan Anda. Jangan terlalu mahal, yang penting nyaman dan bersih. Dengan budget yang sesuai, Anda dapat membagi gaji Anda untuk biaya kost, makan sehari-hari, transport, dan untuk biaya hiburan. Sisanya Anda dapat menyisihkan untuk kebutuhan penting dadaka dan tabungan. Dengan demikian, Anda dapat hidup aman di perantauan.

Pilihlah Rumah Kost yang searah dengan rekan kerja Anda

Mencari kos-kosan yang memliki akses transportasi strategis bukanlah hal mudah. Oleh karena itu, perlu mengandalkan orang lain yang mungkin dapat menjadi alternatif solusi masalah transportasi, yaitu rekan kerja yang tinggal searah dengan kost’an Anda. Selama Anda belum memiliki akses transportasi secara mandiri, tentu saja tidak ada salahnya jika Anda mengandalkan rekan Anda untuk bersama-sama ke kantor. Ingatlah hal tentang networking dan bangunlah simbiosis mutualisme. Misalnya dengan sesekali mentraktir makan, atau sekedar jalan-jalan bersama.

Pilihlah Rumah Kost dengan penghuni yang baik

Penghuni kost, yang notabene adalah tetangga kamar Anda sangat menjadi poin penting dalam memilih kos. Baik dalam artian bukan suka menolong atau hal lainnya, namun lebih dalam artian tidak rese’ dan gaduh. Sepulang Anda kerja, tentu saja yang Anda butuhkan adalah kesunyian dan kedamaian untuk beristirahat, dan Anda tidak mungkin bisa memperoleh kedamaian jika mendapatkan penghuni kost yang rese’ dan gaduh. Ingat, cermati juga orang-orang yang sudah menghuni kost terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk tinggal atau tidak.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...