Tugas Supervisor

Mengenal Tugas Supervisor & Tanggung Jawabnya Di Perusahaan

RuangPegawai.com – Salah satu jabatan vital yang ada pada perusahaan adalah Supervisor. Mengapa jabatan ini dikatakan vital? Nanti akan dijelaskan lebih lanjut, untuk itu tetapkan dibaca dari awal agar Anda memahami tugas-tugas dari Supervisor. 🙂

Perlu Anda ketahui, tidak semua perusahaan memiliki jabatan Supervisor, tapi perusahaan yang baik sejatinya harus memiliki jabatan ini.

Secara struktur jabatan, Supervisor berapa yang di bawah Manajer dan di atasnya Staf Pelaksana. Tak heran jika Supervisor lebih sering berhubungan dengan Manajer. Akan tetapi, tugas dari Supervisor ini tidaklah mudah. Hal ini dikarenakan Supervisor bertugas langsung di lapangan untuk melaksanakan rencana yang sudah dibuat oleh Manajer.

Karena salah satu tugas dari manajer adalah mengarahkan dan mendeskripsikan strategi perusahaan kepada Supervisor.

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa Supervisor memiliki bawahan berupa Staf pelaksana. Tapi ada juga perusahaan yang menerapkan struktur tanpa bawahan di bawah jabatan Supervisor.

 

Tanggung Jawab Supervisor

Meskipun berat tapi ini bisa menjadi tantangan tersendiri untuk Anda khususnya yang ingin mengembangkan diri. Supervisor harus bertanggung jawab bahwa pekerjaan yang berapa di lingkupnya bisa berjalan dengan aman, dan tidak mengganggu keselamatan karyawan. Selain itu Supervisor juga bertanggung jawab atas hasil kerja staf bawahannya.

Sehingga tanggung jawab besar kepada karyawan/tim inilah yang menjadikan tugas utama dari Supervisor.

Untuk itu dalam menentukan siapa yang akan menduduki jabatan Supervisor tidak bisa dilakukan dengan serampangan. Karena seorang Supervisor harus mampu mengemban kepercayaan yang telah diberikan dan dapat bersinergi dengan baik antara karyawan yang berada di bawahnya maupun managernya. Ya bisa dikatakan Supervisor sebagai jembatan antara manager dengan staf pelaksana.

Jika dijabarkan, tanggung jawab Supervisor meliputi :

  • Planning ; yakni merencanakan kegiatan baik yang menjadi tugasnya maupun bawahannya
  • Organizing ; mampu mengkondisikan bahwa kegiatan dan tugas yang berada di lingkupnya berjalan dengan lancar
  • Staffing ; memastikan setiap orang yang terlibat pada tugas dan pekerjaan tersebut dapat bekerja sesuai dengan job desc masing-masing yang telah diberikan.
  • Directing ; memberikan arahan agar tugas atau pekerjaan dapat dilakukan dengan lancar.
  • Controlling ; melakukan kontrol terhadap kegiatan yang ada dalam lingkup kerjanya.

 

Tugas Supervisor dalam perusahaan

Secara umum, tugas supervisor itu ada beberapa. Di bawah ini mungkin tidak akan semuanya dilaksanakan, tapi tidak menutup kemungkinan jika suatu perusahaan memberikan job desc seperti ini untuk jabatan Supervisor.

  • Supervisor harus mengatur pekerjaan para staf pelaksana (staf di bawahnya)
  • Supervisor harus membuatkan job desc untuk pada staf di bawahnya
  • Memotivasi staf di bawahnya agar dapat melaksanakan tugas dengan baik
  • Supervisor juga harus membuatkan jadwal kegiatan untuk staf dibawahnya
  • Melaksanakan briefing dengan para staf dibawahnya
  • Menentukan pekerjaan apa saja yang akan dilakukan dalam waktu jangka pendek maupun jangka panjang
  • Menegakkan aturan yang telah dibuat oleh perusahaan agar tercipta kedisiplinan kerja
  • Mengontrol dan memberikan evaluasi terhadap kinerja bawahannya

Itulah beberapa tugas Supervisor dan tanggung jawabnya. Secara teori memang terlihat berat, namun sebenarnya itu semua bisa dilakukan dengan mudah dan menyenangkan. Apalagi jika sebuah pihak baik dari dari manajemen dan staf pelaksana dapat dikoordinasikan dengan baik untuk mencapai visi misi bersama.

Tapi yang namanya perusahaan, sudah hal wajar jika ada kendala. Tentu itu bukan menjadi masalah, justru tantangan yang harus dihadapi jika ingin menjadi pegawai yang lebih berarti. Selamat bekerja bagi Anda yang akan berada di posisi Supervisor ini.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...