Order Processing
Ilustrasi image via liniar.co.uk

Mengenal Pekerjaan ‘Order Processing’ di Perusahaan E-commerce

RuangPegawai.com – Dampak dari perkembangan teknologi informasi juga berpengaruh kepada munculnya bidang pekerjaan baru. Seperti yang ada di dunia e-commerce, dimana dalam perusahaan e-commerce akan banyak bidang-bidang pekerjaan yang mungkin belum familiar di telingan masyarakat.

Kali ini Ruang Pegawai berhasil tanya-tanya dengan salah satu pegawai yang bekerja di perusahaan e-commerce, dia adalah Muhammad Rizki Fajrurrohman, seorang pria yang bekerja di PT Sale Stock Indonesia Ltd cabang Yogyakarta. Pastinya kalian sudah kenal perusahaan ini kan ya? Karena memang sering muncul di iklan.

Oke, pembahasan tidak ke perusahaan tersebut, tapi ke bidang pekerjaan yang sedang ditangani oleh Rizki.

Di Sale Stock, Rizki diberikan tanggung jawab pada bagian OP (Order Processing).

Pasti diantara dari kalian ada yang belum mengenal apa itu pekerjaan Order Processing ini, dan apa saja job desk nya.

Jadi menurut Rizki, bidang pekerjaan ini memiliki job desk yakni :

  • Memproses order. Sesuai dengan namanya, ya pastinya yang utama adalah memproses order yang masuk.
  • Menganalisa bukti transfer & alamat pengiriman. Selain memproses order, juga menganalisa bukti transfer pembayaran yang dilakukan customer, apakah itu pembayarannya valid atau tidak. Mengecek alamat pengiriman juga apakah sudah lengkap dan benar atau belum.
  • Memfilter order masuk sebelum diproses. Jadi setiap order masuk itu wajib difilter terlebih dahulu, tidak langsung diproses begitu saja. Nah ini juga menjadi tugas dari OP.
  • dan lainnya.

Apabila dilihat dari job desk nya, bidang pekerjaan ini cukup menarik.

Bagaimana? Ingin mencoba pekerjaan ini? Jika iya, kamu harus memiliki kemampuan paling tidak bisa mengoperasikan perangkat komputer dan gadget.

Untuk jenjang pendidikannya yang diperlukan paling tidak D3 ya. Tapi Rizki sendiri adalah lulusan S1 jurusan Ilmu Komunikasi. Menurutnya, bidang pekerjaan ini bisa dicoba siapa saja dari berbagai jurusan. Yang terpenting adalah memiliki ketelitian yang tinggi. Selain itu juga harus memiliki attitude yang baik.

Setiap bidang pekerjaan pasti memiliki tantangan. Di OP ini juga punya tantangan tersendiri, menurut Rizki tantangannya adalah harus mampu mencapai target dan memiliki konsentrasi yang tinggi. Konsentrasi dan ketelitian ini penting karena misalnya salah membaca bukti transfer atau salah memproses order maka akan sangat fatal akibatnya.

Rizki sendiri cara untuk mengatasi tantangan itu, yakni dengan istirahat yang cukup dan konsumsi makanan yang bergizi. Karena kondisi tubuh sangat berpengaruh pada tingkat konsentrasi seseorang.

Nah kalau kamu pengen bekerja di bagian Order Processing ini, coba cari di perusahaan e-commerce. Biasanya di perusahaan seperti itu ada bagian OP.

Tips dari Rizki untuk kamu yang ingin bekerja di bidang ini adalah tetaplah Low Profile, jaga attitude karena ini sangat penting untuk karier kamu. Lalu jangan lupa bekerja sesuai dengan SOP yang ada di perusahaan tersebut.

Satu lagi, pekerjaan ini juga mempunya jenjang karier. Jadi kalau kamu kerjanya bagus dan sesuai target, bisa jadi kamu akan naik pangkat. Tapi ya jangan berharap besar, fokus saja bekerja dengan pekerjaan yang sedang diberikan. Jika kamu kerjanya baik dan memuaskan pasti akan mendapatkan penghargaan yang semestinya.

Thanks to:
Muhammad Rizki Fajrurrohman / [email protected] / @suratduka / Yogyakarta / Order Processing at PT Sale Stock Indonesia Ltd.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...