Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi Lulus Jadi Apa?

Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi
(c) pixabay

RUANGPEGAWAI.com – Ternyata banyak yang memilih jurusan kuliah melihat peluang pekerjaan apa yang nanti bisa didapatkan setelah lulus. Pertanyaan seperti kuliah jurusan Ilmu Komunikasi lulus jadi apa, juga banyak hinggap dikalangan anak-anak muda yang sedang menentukan masa depannya.

Nah, kali ini Ruang Pegawai ingin ngulik sedikit soal jurusan kuliah yang satu ini khusus untuk adik-adik yang lagi bingung nyari jurusan yang tepat atau mungkin yang memang lagi kuliah di jurusan ini tapi bingung ke depannya mau jadi apa.

Yang pertama perlu disadari adalah ketika Anda memang yakin dan niat memilih jurusan Ilmu Komunikasi adalah bersyukur. Ya, Anda harus bersyukur karena akan banyak sekali bidang pekerjaan yang bisa Anda geluti dari jurusan ini.

Langsung saja, daripada berlama-lama berikut ini beberapa peluang pekerjaan yang bisa didapatkan dari jurusan Ilmu Komunikasi.

1. Jurnalis

Yang paling umum muncul dibenak orang terkait jurusan Ilmu Komunikasi adalah ketika lulus jadi jurnalis atau wartawan. Ya, itu benar. Karena di jurusan ini memang diajarkan tentang dunia jurnalistik.

Mayoritas jurnalis memang memiliki background dari jurusan Ilmu Komunikasi, ya meskipun tidak semua harus berlatar belakang jurusan Ilkom.

Buat Anda yang suka kegiatan mencari berita, meliput berita, wawancara orang, dll, bisa memilih jurusan ini. Nantinya setelah lulus bisa mengalami karir menjadi seorang jurnalis, baik jurnalis tv, media cetak, atau online.

2. Public Relations (PR)

Jurusan Ilmu Komunikasi memang ingin mencetak lulusan yang memiliki skill komunikasi yang baik. Biasanya perusahaan-perusahaan menjadi orang dari lulusan Ilkom untuk kebutuhan yang sifatnya berhubungan dengan orang, seperti Public Relations.

Lulus dari jurusan Ilmu Komunikasi, Anda pun juga bisa mengawali karir menjadi PR bagi sebuah perusahaan. Profesi PR ini pun sangat vital, karir menjadi tombak perusahaan untuk menjadi komunikasi dengan pihak-pihak lain.

Karena tugas dari PR sendiri adalah membuat citra perusahaan supaya terjaga. Kalau pun perusahaan sedang dalam kondisi buruk, PR juga harus mampu memperbaiki citra perusahaan. Tentunya dengan menjadi komunikasi dan kerjasama dengan pihak-pihak lain.

3. Marketing

Lulusan jurusan Ilmu Komunikasi juga bisa berkarir di bidang marketing. Karena kemampuan komunikasi itulah yang bisa mengantarkan seseorang dari jurusan Ilkom bisa masuk di bidang pekerjaan ini. Masalah teknik marketing tentunya bisa dipelajari.

Namun, soal kemampuan berkomunikasi dengan orang lain dan bagaimana menyusun strategi komunikasi perusahaan, itulah yang sudah dimiliki dari lulusan jurusan IlKom.

Sehingga profesi di bidang marketing ini bisa dicoba.

4. Advertising

Banyak juga lulusan Ilmu Komunikasi yang berkarir di bidang Advertising (iklan). Spesifiknya seperti profesi Copywriting. Anak-anak di jurusan Ilmu Komunikasi tentu sudah mendapatkan ilmu bidang ini selama diperkuliahan, sehingga profesi ini bisa dijadikan pilihan ketika sudah lulus nanti.

Baca juga : [Interview] Ingin Menjadi Copywriter? Baca Ini Dulu

5. Broadcasting

Lulus dari jurusan Ilmu Komunikasi juga bisa menjadi penyiar atau bekerja di bidang broadcasting. Meskipun saat ini sudah banyak jurusan broadcasting, tetapi di jurusan Ilmu Komunikasi pun juga mempelajari hal ini.

Sehingga ketika lulus pun punya kemampuan untuk bekerja di bidang ini.

Itu beberapa bidang pekerjaan yang bisa Anda coba jika Anda tengah menempuh pendidikan di jurusan Ilmu Komunikasi.

Akan tetapi yang perlu digaris bawahi adalah, semua profesi di atas belum tentu bisa Anda dapatkan atau menjadi Anda bisa bekerja di bidang itu. Karena itu kembali lagi ke diri Anda masing-masing. Sebaik apapun jurusan kuliahnya, namun jika Anda selama belajar (kuliah) tidak bisa mengembangkan baik hard skill maupun soft skill, ya nanti ketika lulus percuma.

Anda tidak akan mendapatkan ilmu apa-apa (tanggung), yang pada akhirnya Anda bingung mau bekerja di mana. Akhirnya keputusan akhir bekerja di bidang yang bertolak belakang dengan background pendidikan.

Semoga ulasan singkat ini memberikan wawasan dan sudut pandang Anda terhadap jurusan kuliah dan peluang di masa yang akan datang.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 11 =