Merantau ke Jogja
Image via viva.co.id

Ini Untungnya Jika Kamu Merantau ke Jogja

Pilihan merantau itu tidak hanya ke Jakarta saja, masih banyak daerah-daerah yang menyimpan banyak sekali peluang pekerjaan contohnya saja Jogja.

Kalau kamu saat ini sedang galau untuk merantau kemana, Jogja bisa kamu jadikan solusi untuk merealisasikan mimpi mu ini. Jogja pun kini tak kalah dengan Jakarta, meski macet kadang ditemui tapi tidak separah Jakarta.

Baca juga: Jika Kamu Akan Merantau ke Jakarta, Tips Ini Akan Membantumu

Merantau ke Jogja itu sangat asyik. Selain budaya Jawa masih sangat kental di Kota ini, kamu juga akan mendapatkan banyak hal dan keuntungan jika merantau ke Jogja.

Mau tau? Simak!

1. Biaya Hidup Lebih Murah

Biaya Hidup di Jogja

Image via http://santapjogja.com/

Salah satu yang menjadi dasar pilihan mengapa harus merantau ke Jogja adalah biaya hidup di Kota ini lebih murah jika dibandingkan di Jakarta. Biaya kost bisa di dapat dengan harga mulai Rp 200rb, kalau mau yang eksklusif ya mulai Rp 600rb. Sedangkan biaya makan Rp 10rb saja sudah kenyang, kamu bisa nyari di Warung-warung burjo atau angkringan.

Jogja banyak sekali angkringan dan warung makan sederhana yang bisa kamu kunjungi setiap hari. Coba kamu cari di sekitar kampus-kampus di Jogja pasti harganya mahasiswa banget. Kecuali kalau kamu mau makan di restoran, itu beda lagi yahh. 😀

2. Warga Jogja Ramah-ramah

Warga Jogja Ramah

Image via http://blog.djarumbeasiswaplus.org/singgihdwi

Orang Jogja sangat ramah-ramah. Meskipun kamu baru saja menginjakan kaki di Jogja, kamu sudah bisa merasakan keramahan itu. Percaya atau tidak, jika kamu terkesan dengan keramahannya, kamu akan sulit untuk meninggalkan kota istimewa ini.

3. Ilmu Kamu Akan Bertambah

Ilmu Bertambah

Image via poyenghobby.blogspot.com

Jogja itu Kota Pelajar, karena di Jogja banyak sekali sekolah / perguruan tinggi yang tersebar di segala sisi. Ketika kamu berkeliling di Kota Jogja, hampir dipastikan akan menemui yang namanya mahasiswa. Apalagi kalau udah nongkrong di “Warung Burjo“, isinya mayoritas mahasiswa. Meskipun tujuan kamu merantau ke Jogja untuk bekerja, tapi tak ada salahnya ketika bertemu dengan mereka (mahasiswa) kamu bisa bertukar pikiran. Jika ada waktu luang, kamu juga bisa bermain ke kampus-kampus yang ada di Jogja untuk sekedar membaca di perpustakaan atau sharing dengan berbagai mahasiswa.

4. Kamu Jadi Nggak Gaptek

Jogja Digital Valley

Image via http://anggialfonso.com/

Kalau kamu saat ini masuk dalam kategori GapTek “Gagap Teknologi“, dengan merantau di Jogja lambat laun kegaptekan mu itu akan sirna. Karena di Jogja banyak sekali anak muda kreatif dalam bidang digital yang bisa kamu sedot ilmunya. Kalau kamu tahu perusahaan mobile games “GAMELOFT“, nah itu perusahaannya ada di Jogja, selain itu juga ada Sekolah Tinggi yang mahasiswanya jago-jago IT seperti di STMIK AMIKOM. Dan di Jogja itu banyak sekali perusahaan digital. Nggak usah malu kalau mau belajar, kamu bisa join di berbagai komunitas yang ada, seperti Komunitas Blogger Jogja, Komunitas Jogja Internet Marketing, Komunitas Robotika Jogja, dan lain-lain.

Kalau lagi senggang, kamu juga bisa maen-maen ke Jogja Digital Valley dan Maliome. Di situ kamu bakal bisa nemuin orang-orang ‘IT geek‘ yang bisa kamu sedot ilmunya.

5. Nggak Bakal Kurang Piknik

Wisata Jogja

Image via http://paketwisatajogja75.com/

Kerja terus lupa piknik, capek deh. Tapi kalau kamu merantau ke Jogja kerisauan akan kekurangan waktu piknik tidak lagi menghantui. Di Jogja dan sekitarnya banyak sekali tempat-tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Coba kamu ke daerah Gunung Kidul dan Kulon Progo, pasti banyak sekali wisata alam yang bisa kamu kunjungi. Mau nyari Candi ada, mau nyari pantai banyak, mau nyari goa jelas ada, mau kulineran tersebar luas, lengkap pokoknya. Sehingga waktumu kerja sama piknik akan seimbang.

6. Transportasi Mudah

Trans Jogja

Image via http://utakatik-dewe.blogspot.co.id

Nggak usah khawatir kalau merantau ke Jogja nggak bawa kendaraan pribadi. Di Jogja sudah banyak transportasi umum yang bisa kamu pakai seperti Trans Jogja. Shelternya pun sudah ada di mana-mana. Jadi transportasi ini bisa kamu jadikan solusi utama. Selain itu juga ada becak dan andong yang bisa kamu pilih.

7. Banyak Tempat Nongkrong

Bukit Bintang

Image via http://www.anekawisata.com/

Seminggu penat di tempat kerja, saatnya weekend buat nongkrong ceria. Di Jogja banyak sekali tempat nongkrong yang bisa kamu coba. Mau lihat pemandangan Jogja dari atas? Kamu bisa ke Bukit Bintang yang letaknya di perbukitan Pathuk, Gunung Kidul. Kalau pengen lihat keramaian Kota Jogja, kamu bisa duduk-duduk santai di Titik Nol Jogja tepatnya di ujung Jl. Malioboro. Cafe-cafe juga sangat banyak di Jogja. Bahkan, jika kamu jomblo, bisa jadi kamu mendapatkan jodoh di sini (Jogja).

Kamu akan merasakan suasana yang ngangeni kalau sudah satu dua tahun di Jogja. Bisa-bisa Anda tak mau jauh dari Jogja dan enggan pulang ke kampung halaman kamu. 🙂

Buat kamu yang ingin merantau ke Jogja, pastikan tetap jaga sikap dan sopan santun saat di Jogja.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...