Profesi Pekerjaan

Ini Beberapa Gambaran Profesi di Dunia Kerja

Topik kali ini sangat berbeda dari topik-topik sebelumnya. Yup, tentang profesi di dunia kerja. Mengapa saya mengangkat topik ini, karena tidak jarang ditemukan para jobseeker yang ingin bekerja, namun tidak tahu ingin menjadi apa nantinya atau ingin mengerjakan nantinya. Tentu saja profesi yang saya bahas kali ini di luar profesi seperti dokter, perawat, sopir, pilot, bidan, karena sudah cukup jelas mengenai deskripsi pekerjaan mereka. Dan, pekerjaan yang akan saya bahas adalah pekerjaan yang cukup banyak diminati oleh para jobseeker. So, let’s check this out yaaa….daripada penasaran apa yang akan saya bahas.

HRD Recruitment

Mungkin bagi Anda yang memiliki background pendidikan Psikologi Industri Organisasi, maka profesi ini cukup cocok untuk Anda. Untuk lokasi di perusahaan kantoran, atau di sebuah perusahaan manufacture, kedua tempat ini memiliki perbedaan suasana kerja. Ketika Anda di tempatkan di manufacture,Anda jangan kaget jika nanti seringkali mendapatkan tekanan dari warga sekitar untuk menerima beberapa warga saat ada kebutuhan karyawan.

Kuncinya, taat prosedur, berikan rekomendasi kepada user, biarkan user atau manajemen yang berkepentingan yang mengambil keputusan.

Selain itu, tantangan lain dari bagian recruitment adalah Anda diminta untuk memenuhi kebutuhan SDM secara cepat dan tepat. Untuk saat ini, cukup sulit mencari SDM yang benar-benar bisa diandalkan. Jadi profesi ini memerlukan SDM yang mau bergerak cepat, bisa mengikuti prosedur, namun harus fleksibel, mampu belajar dengan cepat, bertanggung jawab, serta memiliki ketahanan kerja yang tinggi. So, bagi Anda yang berminat untuk mengisi posisi tersebut, siapkan diri Anda.

R & D

R & D biasa dikenal dengan Research and Development, bahasa kerennya dari pengembangan produk. Biasanya, tugasnya R & D adalah membuat inovasi dari sebuah produk yang dihasilkan perusahaan agar dapat laku keras di pasaran. Selain itu, ada juga yang bertugas untuk melakukan evaluasi dari pencapaian perusahaan untuk memberikan saran perbaikan kepada manajemen. Tantangan yang cukup besar saat menduduki posisi ini, karena target kerja yang diberikan adalah ide kreatif untuk profit perusahaan. Jadi, untuk profesi ini diperlukan SDM yang benar-benar kreatif, dan memiliki fleksibelitas serta kepekaan terhadap kebutuhan orang lain. Selain itu, tentu saja bagi Anda yang memiliki ketahanan kerja dan mampu bekerja sesuai target peluang profesi ini terbuka luas.

Biasanya, R & D menjadi target para jobseeker yang memiliki background pendidikan teknik kimia, teknik Industri, dan teknologi pangan.

Marketing

Cukup banyak diminati, namun sayangnya, para jobseeker banyak yang kurang memenuhi kualifikasi. Mengapa demikian, karena jujur saja saat ini mencari SDM yang memang memiliki daya juang tinggi dan mampu bekerja sesuai target cukup sulit. Jadi, banyak para jobseeker yang melamar di posisi marketing, diterima, kemudian hanya beberapa bulan saja. Istilahnya, menjadi kutu loncat. Pada dasarnya, untuk profesi sebagai marketing, tidaklah sulit, karena inti dari profesi ini hanya ketahanan kerja, komunikasi, memenuhi target, dan percaya diri. Namun untuk membentuk modal dasar tersebut bukanlah hal mudah yang hanya membutuhkan waktu 1-2 hari saja. Tetapi membutuhkan long life education.

Demikianlah beberapa profesi yang cukup diburu oleh para jobseeker dan mungkin dapat Anda jadikan sebagai referensi dalam mencari pekerjaan di pengalaman pertama maupun pengalaman berikutnya. Salam sukses…

Miftha Karima

Perempuan biasa, memiliki background Psikologi. Menyukai hal-hal terkait dengan pengembangan diri, training, HRD, karywan, dan sharing ilmu

Website - Twitter - Facebook

You may also like...