Jobseeker
(c) http://www.webrecruitireland.com/

Cari Kerja di Lowongan Kerja Online atau Jobfair? Simak Dulu Yuk!

Tahun 2015, jumlah para pencari kerja atau biasa dikenal dengan jobseeker semakin meningkat. Dan hampir sebagian besar dari mereka adalah lulusan Sarjana dari segala macam jurusan dan perguruan tinggi. Dan jumlah yang cukup fantastis dari tahun ketahun yang hingga saat ini beberapa perguruan tinggi ternama mampu melakukan wisuda untuk sekali event sekitar 1000 orang wisudawan. Mungkin Anda bisa membayangkan betapa banyaknya jumlah jobseeker setiap tahunnya.

Dengan menggunakan perbandingan lapangan kerja yang tersedia dengan jumlah jobseeker yang muncul dan kebutuhan dari perusahaan, rasanya tidak semua jobseeker dapat memperoleh kursi. Sehingga banyak jobseeker berlomba-lomba untuk memperoleh kursi tersebut dengan banyak cara. Mulai dari mengiriman email kepada HRD perusahaan, hingga rajin membeli koran pada setiap hari sabtu. Namun demikian, yang menjadi permasalahan selanjutnya adalah, efektifkah cara tersebut?

Mencari pekerjaan bukan hanya sekedar berbekal kemampuan yang dimiliki saja, namun harus dengan emosi yang stabil. Karena ada banyak realita di lapangan para jobseeker yang mengalami penipuan. Ambisi boleh, namun tetap harus diimbangi dengan akal sehat. So, pada pembahasan topik kali ini akan mengupas mengenai lebih efektif mana, lowongan kerja online dengan jobfair?

Lowongan Kerja Online

Saat ini banyak sekali website yang menayangkan info lowongan kerja. Dan sebagian besar dari website tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keuntungan yang jelas didapatkan dengan melamar melalui website tersebut adalah praktis dan murah. Namun demikian, sebagai pihak yang melamar kerja seringkali membuat was-was karena cukup lama proses pemanggilannya. Dan rata-rata lowongan kerja online lebih efektif dimanfaatkan jika Anda berdomisili di kota besar seperti Jakarta, Surabaya. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang memang sudah merencanakan untuk bekerja di kota tersebut.

Jobfair

Jobfair merupakan salah satu sarana lain untuk memperoleh pekerjaan dengan memasukkan lamaran kerja melalui stand-stand perusahaan yang mengikuti jobfair. Event jobfair dilakukan secara berkala pada setiap tahunnya di beberapa kota. Biasanya, untuk event jobfair ini diselenggarakan hampir bersamaan dengan pelaksanaan wisuda di perguruan tinggi. Biasanya, dalam satu kota besar seperti Jakarta dan Surabaya dapat dijumpai event jobfair sebanyak 3-5 kali. Biaya yang harus Anda siapkan adalah transportasi dan pembelian tiket masuk. Beberapa event ada yang gratis namun juga ada yang membayar. Untuk harga tiket, biasanya pihak penyelenggara memasang harga sekitar Rp 15.000 hingga Rp 35.000. Cukup terjangkau bukan?

Baca juga: STOP! Jangan Asal Memilih Pekerjaan di Pengalaman Pertama Anda

Pada event jobfair ini, terkadang ada perusahaan yang hanya meminta Anda untuk menyerahkan lamaran dan CV saja, namun ada juga yang melakukan walk in interview. Jadi tunggu apa lagi, siapkan diri Anda untuk memasuki dunia kerja.

Miftha Karima

Perempuan biasa, memiliki background Psikologi. Menyukai hal-hal terkait dengan pengembangan diri, training, HRD, karywan, dan sharing ilmu

Website - Twitter - Facebook

You may also like...