Begini Kantor Yang Disukai Para Pegawai

Kantor yang disukai

Separuh hari yang dilalui oleh semua pegawai itu dihabiskan di kantor untuk bekerja. Jadi ya wajar jika pegawai menginginkan tempat kerja yang nyaman. Karena kalau tempat kerjanya nyaman, itu juga akan membuat mood kerja menjadi lebih baik. Alhasilnya kerja pun jadi produktif.

Tapi kadang sering risih jika melihat kantor-kantor yang tidak ‘memanusiakan’ pegawainya. Boro-boro banyak ruangan yang memanjakan pegawainya, ruang kerja sama sempit dan harus bersanding dengan setumpuk dokumen. Ya nggak?

Nah, sebenarnya mayoritas pegawai kantoran itu mendambakan ruangan yang nyaman dan bersih. Contohnya saja yang seperti ini.

#1 Ruang Kerja Yang Terpisah Dengan Ruang Atasan

Pernah punya pengalaman kerja di kantor di mana dalam satu ruangan diisi oleh semua pegawai dan juga atasan? Pastinya kondisi itu sangat tidak sehat buat perkembangan SDM yang ada didalamnya.

Ya sebenarnya sih tidak masalah, tetapi berada satu ruangan dengan atasan itu membuat pegawai tidak bisa ‘bebas’. Tetapi bebas di sini bukan berarti bebas untuk malas-malasan lho ya.

Pegawai itu butuh kebebasan berekspresi saat di kantor dan itu kadang akan sungkan dikeluarkan jika berada satu ruangan dengan atasan. Jadi sebaiknya segera pisah ruangan atasan dengan pegawai. Karena pegawai butuh kebebasan agar bisa lebih ekspresif dan produktif.

#2 Ada Ruang Istirahat

Yang namanya kerja kan tidak harus 8 jam non stop kan? Pasti ada jedanya, minimal ya jam istirahat siang. Nah, di waktu-waktu istirahat inilah pegawai butuh mengisi ulang tenaga dan pikirannya lagi. Jangan sampai istirahat malah menjadi beban yang pada akhirnya nanti tidak mood lagi buat kerja.

Jadi sebaiknya di kantor itu dibuatkan ruang istirahat untuk pegawai. Syukur-syukur dikasih fasilitas seperti game console, buku bacaan, atau mainan olahraga lain.

Selain itu juga bisa dikasih perabot furnitur yang memberikan kenyamanan pegawai, seperti sofa minimalis terbaru, kursi kantor yang nyaman, dan lain-lain. Intinya memanjakan pegawai itu juga penting. Asal pegawai tetap menjalankan tanggung jawabnya.

#3 Punya Desain Kantor Yang Bagus

Siapa sih pegawai yang tak suka bekerja di kantor yang bagus. Bagus di sini bukan sekedar prestasinya saja, tetapi juga desain dari kantor itu sendiri. Ini yang jarang diperhatikan oleh pihak manajemen kantor, bahwa desain interior kantor itu sangat penting khususnya untuk membangun mood yang positif bagi seluruh pegawainya.

Lagi pula untuk mewujudkan hal seperti ini juga tidak sulit, pihak kantor tinggal panggil jasa desain interior maka sudah jadi.

Coba lihat perusahaan-perusahaan startup yang besar itu, mereka punya desain interior yang bagus dan setiap sudutnya memberikan kenyamanan dan energi positif untuk pegawai.

#4 Punya Fasilitas Lengkap

Ya meskipun tidak perlu lengkap-lengkap, paling tidak pegawai menginginkan ada beberapa fasilitas seperti tempat ibadah, kantin mini, ruang santai dan koneksi internet cepat.

Sebenarnya pegawai itu tidak menginginkan yang muluk-muluk, asal mereka dapat bekerja di kantor dengan nyaman.

Banyak lho pegawai yang resign karena faktor kenyamanan. Mereka merasa tidak bisa produktif bekerja di kantor karena tidak didukung oleh sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Bahkan sering kali stress karena kondisi ruang kerjanya yang tidak memungkinkan.

***
Nah semoga ke depannya banyak perusahaan-perusahaan yang juga memikirkan kenyamanan pegawai saat berada di kantor. Bukan sekedar mengurusi bagaimana cara mendapatkan keuntungan besar. Karena sejatinya investasi perusahaan paling berharga itu adalah SDM/pegawai. Tanpa adanya pegawai yang berkualitas, niscaya perusahaan tidak akan berkembang.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 19 =