Introvert

8 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Seorang Introvert

RuangPegawai.com – Sudah mencoba berbagai jenis pekerjaan tapi semuanya tak ada yang sesuai dan nyaman untuk dilakukan. Hhm, bisa jadi itu disebabkan kamu belum mengetahui sifat diri kamu yang sebenarnya. Terlebih jika kamu orang introvert.

Seseorang yang introvert memang cenderung susah nyaman dalam pekerjaan. Mereka bukannya tidak suka dengan pekerjaan tersebut, tapi kondisi lingkungan kerja yang mengharuskan bertemu dan berkomunikasi dengan banyak orang membuatnya kadang tak nyaman. Itulah mengapa seorang introvert merasa ada yang kurang jika bekerja di bidang-bidang pekerjaan yang butuh sosialisasi dengan banyak orang.

Sisi positifnya dari seorang introvert adalah bisa bekerja secara mandiri yang tak perlu campur tangan banyak orang.

Tenang, jika kamu seorang introvert tak perlu risau, kamu bisa mencoba memilih pekerjaan berikut ini yang sejatinya memang cocok untuk seorang introvert.

1. Penulis / Editor

Penulis

Ilustrasi gambar via bayanmall.org/

Menjadi penulis atau editor kamu tak perlu banyak berkomunikasi dengan orang lain. Cukup fokus dengan tulisan yang ada dibuat maka kamu sudah bisa bekerja dengan baik. Dengan bekerja berjam-jam di depan komputer, seorang introvert akan merasa nyaman-nyaman saja. Dan umumnya, seorang introvert akan mampu menghasilkan tulisan yang sempurna jika diimbangi dengan kemampuan menulis yang baik.

2. Web Developer

Web Developer

Ilustrasi gambar via reilleydesignstudio.com

Menjadi web developer hanya butuh adalah pilihan yang tepat. Seorang introvert akan dengan senang bekerja (coding) berjam-jam hingga larut malam sendirian. Mereka terlihat diam tapi sebenarnya otaknya berjalan dan berpikir keras untuk memecahkan masalah. Baginya komputer adalah sahabat terbaik yang akan membantunya bekerja.

3. Desainer Grafis

Desainer Grafis

Ilustrasi gambar via idieri2012.org

Sama halnya dengan web developer, desainer grafis juga cocok untuk seseorang yang introvert. Mereka hanya butuh suasana kerja yang tenang saja dan imajinasi mereka akan bekerja menghasilkan karya grafis yang luar biasa. Interaksi dengan pihak lain tak begitu banyak, mereka hanya fokus bagaimana membuat karya grafis yang terbaik saja. Ini pilihan pekerjaan bagi seorang introvert yang menjanjikan.

4. Pelukis (Pekerja Seni)

Pelukis

Ilustrasi gambar via harianjogja.com

Pelukis tidak menyukai keramaian ketika membuat karya lukisan. Pelukis lebih senang dengan suasana yang tenang untuk bisa membayangkan dan menggoreskan imajinasinya di atas kanvas.

5. Admin Media Sosial

Social Media Admin

Ilustrasi gambar via localwisejobs.com

Pilihan terbaik untuk seorang introvert adalah memilih pekerjaan yang menggunakan internet, dan menjadi Admin Media Sosial adalah solusi terbaik. Admin Media Sosial hanya fokus dengan interaksi di dunia maya, ia tak perlu berkomunikasi dengan orang secara langsung. Karena pekerjaannya 100% melalui online. Ini yang membuat seorang introvert cocok menjadi Admin Media Sosial.

6. Sopir

driver

Image via businessinsider.com

Menjadi sopir juga pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert. Yang dibutuhkan hanya nyaman mengemudikan kendaraan dan bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

7. Analis

Analis

Image via bisakimiadotcom.wordpress.com

Biasanya seorang yang introvert adalah tipe pemikir. Mereka kelihatan diam namun sejatinya bekerja. Menjadi analis sangat tepat karena bisa menuangkan pemikirannya dalam sebuah riset dan analisa yang bisa dilakukannya berjam-jam.

8. Fotografer

Fotografer

image via rumahtips.com

Menjadi fotografer juga salah satunya. Pekerjaan ini tak membutuhkan bicara banyak, yang terpenting bisa menghasilkan foto yang bagus. Cukup membutuhkan jiwa seni, insting mengambil gambar dan ketrampilan dalam memotret maka seorang introvert sudah bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kepribadiannya.

 

Seorang introvert bukan berarti tidak membutuhkan bantuan dan tidak mau berkomunikasi dengan rekan kerja, tapi mereka hanya ingin kenyamanan dalam bekerja secara mandiri. Mereka telah memiliki inspirasi dan ide di dalam otaknya yang nanti akan disalurkan ke dalam pekerjaannya.

Jika ada rekan Anda yang seorang introvert, dukunglah mereka tanpa harus mencercanya. Berikan waktu dan ruang untuk mereka berkarya. Karena apapun itu jenis pekerjaannya yang terpenting adalah bisa melakukannya dengan baik dan penuh tanggung jawab.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...