Job Fair
(c) http://fajar.co.id

Yakinlah, Mencari Kerja Itu Mudah

Saat ini jumlah pencari kerja cukup banyak, namun demikian, jumlah pengangguran pun juga semakin banyak. Padahal, jika kita benar-benar menjaga sejak di bangku kuliah, kita akan merasakan mencari kerja itu mudah. Mengapa demikian, berikut beberapa fakta, analisa, dan solusi yang dapat diterapkan.

1.Memilih jurusan bukan keinginan diri sendiri

Saat Anda mulai memilih jurusan di bangku kuliah, seringkali Anda dihadapkan dengan keinginan dan pilihan orang tua. Perlu diingat prinsip “Anda kuliah, bukan orang tua yang kuliah“. Jadi sepenuhnya pendidikan selama 4 tahun tersebut dijalani oleh Anda. Memang tidak mudah untuk meyakinkan orang tua mengenai pilihan Anda. Namun demikian, yakinlah bahwa dimana ada kemauan keras, disitulah pasti ada jalan. Survei membuktikan bahwa dari 10 lulusan mahasiswa, 8 diantaranya lebih mudah mendapatkan kerja melalui jurusan yang dipilih secara mandiri, daripada jurusan yang dipilihkan oleh orang tua.

2.Memilih jurusan karena keinginan yang tidak realistis

Ada pepatah yang mengatakan “Bermimpilah setinggi langit” karena memang bermimpi itu sifatnya gratis. Namun, apalah arti mimpi jika tidak diimbangi dengan usaha dan kemampuan masing-masing diri. Misalkan saja, saya pernah memiliki cita-cita untuk menjadi dokter, namun saya lemah di mata pelajaran kimia. Meskipun saya belajar, saya merasa tidak nyaman dengan pelajaran tersebut, jadi pada akhirnya memutuskan untuk melepaskan keinginan saya dan beralih pada bidang lain dan saya mencapai cita-cita yang lebih baik. Jadi, tidak perlu takut melepaskan cita-cita, karena kita tidak akan pernah tahu bagaimana kehidupan di akan datang.

3.Kuliah itu untuk belajar, organisasi tidak penting

Memang benar tujuan utama kuliah adalah belajar, namun perlu diingat bahwa hidup itu harus seimbang. Bekali keterampilan Anda sebagai persiapan di dunia kerja dengan mengikuti organisasi. Mengapa organisasi, hal ini dikarenakan dengan organisasi akan meningkatkan kemampuan manajerial, leadership, pengambilan keputusan, dan masih banyak hal terkait dengan dunia kerja. Pastikan Anda mengikuti organisasi dan mengambil peran penting dalam kegiatan agar waktu yang Anda gunakan tidak sia-sia.

4.IPK tinggi jaminan mudah diterima kerja

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, IPK tinggi bukan jaminan bahwa Anda akan mudah memperoleh pekerjaan. IPK tinggi hanya mempermudah untuk menuju kesempatan tersebut, namun bukan berarti memperoleh pekerjaan. Bisa diibaratkan dalam memperoleh pekerjaan Anda harus melewati sebuah jalan. Namun, ada dua buah jalan, yaitu jalan tol dengan aspal yang bagus, dan jalan makadam dengan bebatuan yang cukup besar.

Baca juga: Jangan Minder Jika Memiliki IPK Rendah, Anda Bisa Melakukan Hal Ini

IPK bagus hanya membantu Anda untuk melewati jalan tol saja. Sehingga bekali IPK tinggi tersebut dengan keterampilan yang memadai, misalnya keterampilan komunikasi, pengusaan mata kuliah bukan hanya sekedar teori, namun juga penerapan di lapangan. Jadi, jangan mudah puas ketika Anda memperoleh IPK tinggi, maksimalkan bangku kuliah untuk mempelajari segala macam hal. Banyak peluang terbuka luas ketika Anda banyak belajar.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...