Mahasiswa IT

Untungnya Kuliah Di Jurusan IT, Setelah Lulus Kamu Bisa Ini

Banyak banget jurusan kuliah yang bisa kamu ambil saat ini. Buat milih jurusan kuliah yang tepat, aku saranin disesuaiin sama kesukaan atau passion kamu. Karena nanti waktu proses selama kuliah kamu juga lebih enjoy dan bisa mendalami dengan ikhlas.

Tak hanya itu, karena kuliah merupakan proses jalan panjang yang menentukan nasib kamu nanti setelah lulus kuliah, maka dari itu pemilihan jurusan kuliah ini memang harus diperhatikan betul. Agar setelah lulus nanti dapat bekerja dibidang yang sesuai dengan yang telah dipelajari.

Kan sekarang ini ‘maaf-maaf ya‘ banyak sarjana muda yang sudah bekerja tetapi tidak sesuai dengan bidangnya. Setalah aku perhatikan sebagian besar dari mereka adalah tidak memiliki skill dibidangnya. Lhah, lha terus waktu kuliah ngapain?

Oke, aku nggak bakal mempermasalahkan itu, biarlah itu menjadi pertanyaan untuk mereka yang bekerja bukan dibidang yang dipelajarinya dulu. Kali ini aku akan memberikan beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan selepas kuliah nanti jika kuliah kamu di Jurusan IT.

Ya, karena aku dulu juga kuliah ambil IT, jadi aku agak paham sedikit-sedikit. :p

1. Kamu Bisa Bekerja Di Perusahaan Bidang Apapun

Berbanggalah jika kamu saat ini masuk di jurusan IT. Karena sekarang atau 50 tahun lagi (kayak lagu aja), IT bakal terus berkembang. Semua bidang pekerjaan membutuhkan tenaga IT. Mau itu perusahaan bidang ekonomi, sosial, industri, kuliner, dan macem-macem deh. Jadi tugas kamu sekarang khususnya buat yang masih kuliah adalah menekuni bidangmu itu. Jadilah ahli dibidang IT, tidak harus semua sih. Kalau kamu suka programming web ya tekuni saja, kalau kamu suka dunia digital marketing ya tekuni saja, kalau kamu suka networking ya tekuni saja, kalau kamu suka aku? Kamu cewek pa cowok dulu? :p

2. Kamu Bisa Kerja Sendiri

Kerja kok sendiri, maksudnya itu Freelancer dab. Sekarang ini profesi pekerjaan Freelancer IT keren lho. Kamu bisa ngantor dimana aja, rumah, restoran, mall, halaman sekolah mu dulu, kantor pajak, kantor polisi, pokoknya kantor yang ada WiFi Gratisnya. Kamu tinggal bikin website company profile mu sendiri, lalu memasarkannya skill mu ke client-client secara online. Uenak to dab. Nah, aku sekarang juga kerjanya kayak gini. Jadi ya waktunya bisa diatur semau gue, tapi ya tetap harus bijak dalam mengorganisir waktu.

3. Kamu Bisa Bikin Usaha

Kalau kamu memiliki jiwa entrepreneur, kamu bisa membuka usaha sendiri. Misalnya kalau kamu suka dalam hal hardware dan periperal komputer, kamu bisa membuka toko jual beli komputer dan aksesorisnya. Atau kalau kamu suka dalam hal pengembangan software, kamu bisa membuka usaha Software House. Bedanya dengan kerja sendiri a.k.a Freelance di atas adalah kalau bikin usaha itu kamu memiliki pegawai dan punya kantor sendiri. Keren.

Nah, itu beberapa keuntungan kalau kamu kuliah di jurusan IT. Untuk itu jangan sia-siakan skillmu hanya untuk segera mengejar title menantu. Karena biasanya selepas lulus kuliah terus dikejar title menantu itu, alhasil memilih pekerjaan yang asal, yang penting kerja dapat uang.

Ingat, masa muda adalah masa dimana kamu bisa mengeksplorasi skill mu ke dalam bentuk karya yang nyata. Semangat Belajar yaahhh…

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...