Gaji Tinggi
image via http://ecc.ft.ugm.ac.id/public/careernews/old/foto_naik_gaji.jpg

Tips Agar Anda Mendapat Gaji Besar

RuangPegawai.com – Setiap pegawai pasti akan sangat senang jika mendapatkan gaji yang besar. Tapi kesenangan itu akan lebih berarti apabila gaji yang besar memang sesuai dengan kapabilitas dari kemampuan kita.

Tapi sayangnya tidak semua pegawai bisa mendapatkan gaji besar seperti yang diharapkan. Mimpi punya gaji besar sih ada, tapi mayoritas tidak punya upaya untuk mendapatkannya. Mereka hanya sekedar ‘merasa’ bahwa saya pantas digaji besar. Ya, hanya ‘merasa’ saja. Alhasil dampaknya jadi rasa sakit hati jika tak bisa mendapatkan gaji yang tinggi.

Oke, itu hanya sebagian dari masalah yang ada di kalangan pegawai.

Sebagai pegawai yang hebat, tentunya Anda tak boleh hanya sekedar merasa saja. Anda harus berusaha mewujudkan apa yang diinginkannya. Sehingga perusahaan pantas untuk memberikan ‘nilai’ yang sesuai dengan ekspektasi Anda.

Kali ini Ruang Pegawai akan sedikit memberikan tips bagi Anda tentang bagaimana agar Anda mendapatkan gaji besar. Tentunya gaji besar ini relatif, dan sesuai dengan bidang pekerjaan Anda. Gaji besar ini tidak bisa disebutkan dalam nominal angka, karena masing-masing pegawai punya nilai tersendiri terhadap gaji yang tinggi.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

#1 Bekerja Lebih Keras

Ingat, bekerja keras bukan berarti kerja dari pagi hingga larut malam hari. Tapi bekerja keras adalah bekerja yang setiap menit mampu menghasilkan sesuatu yang produktif. Seorang pegawai yang bekerja keras tidak akan ada yang namanya waktu luang. Kalau pun ada, waktu itu akan dimanfaatkan untuk berkarya menghasilkan sesuatu yang lebih berharga.

Jadi, kalau ingin gaji tinggi, prinsipnya jangan senang jika di kantor tak ada kerjaan. Justru Anda harus mencari pekerjaan walaupun sedang tidak ada kerjaan di kantor.

#2 Perbaiki Attitude Anda

Salah satu faktor yang membuat perusahaan dapat memberikan gaji yang lebih tinggi adalah attitude Anda. Berperilakulah positif selama di kantor, ya sebenarnya harus dimana saja sih. Sikap dan perilaku Anda akan berdampak pada penyelesaian masalah pekerjaan di kantor.

Mulailah berhenti untuk membicarakan rekan kantor, berhentilah untuk membicarakan keburukan perusahaan. Boleh mengkritik, tapi sampaikan pada orang yang tepat dan berikan kritik yang membangun untuk perusahaan.

Sikap Anda akan mengantarkan pada tanggung jawab kerja. Dan pegawai yang memiliki attitude baik pasti akan mendapatkan kepercayaan tinggi dari perusahaan. Nah, jika sudah mendapatkan kepercayaan, jangan kaget jika Anda disuruh memimpin sebuah project atau lainnya. Lambat laun, ini akan berdampak pada peningkatkan gaji yang Anda dapatkan.

#3 Jangan Malas Untuk Belajar

Perlu Anda catat baik-baik, bahwa bekerja itu adalah tempat belajar yang sesunggguhnya. Ya, ketika Anda di sekolah, belajar hanya sebatas teori, kalaupun praktek itu tidak 100% sama dengan kondisi lapangan. Dan tak jarang ketika sudah di dunia kerja akan banyak masalah yang tak jarang tidak bisa diselesaikan dengan ilmu yang sudah didapatkan ketika sekolah.

Untuk itu, teruslah semangat untuk belajar meski sudah di dunia kerja. Jangan malas untuk mempelajari hal-hal baru yang ada di perusahaan. Meski ada masalah yang bukan ranah job desk Anda, cobalah untuk membantu memecahkan masalahnya. Di situ Anda akan belajar tentang ilmu baru yang nyata ada di lapangan.

Perusahaan sangat senang dengan pegawai yang memiliki semangat untuk terus belajar. Dan pegawai-pegawai seperti ini biasanya akan cepat naik jabatan. So, dampaknya pada peningkatan pendapatan.

#4 Libatkan Tuhan

Meski ini ditempat di poin keempat, tapi melibatkan Tuhan adalah yang utama. Mintalah kemudahan pada-Nya, agar apa yang Anda kerjaan mendapatkan keberkahan. Kuncinya adalah berdoa, bekerja keras kemudian sabar, serahkan hasilnya pada Yang Maha Kuasa.

Dengan melibatkan Tuhan disetiap tindakan, akan membuat diri selalu tenang dan tetap optimis. Karena di dalam diri akan selalu ada keyakinan bahwa setiap apa yang Anda dapatkan itu adalah pemberian dari Yang Maha Besar.

Sehingga Anda tak ada rasa mengeluh, putus asa atau pun berprasangka buruk kepada sekitar.

#5 Tekun

Tekun, konsisten, sabar adalah proses yang harus Anda jalani. Dan Anda pun harus mempercayai bahwa ketekunan ini tidak bisa dibatasi oleh waktu. Mungkin Anda akan berpikir, “Saya sudah bekerja satu tahun, sudah tekun, kok ya sama saja ya?” Kalau Anda masih punya pikiran seperti ini, berarti Anda masih belum percaya akan hasil yang akan diberikan-Nya.

Lakukan saja semuanya tanpa harus melihat seberapa lama Anda melakukannya.

Karena semua itu ada prosesnya.

Pendaki gunung tak akan mencapai puncaknya jika ia tak mau melewati jalanan yang terjal, menandak, udara dingin, dan lainnya.

So, mari menikmati proses dengan diimbangi dengan poin-poin di atas. Semoga Anda termasuk pegawai yang sukses. Aamiiin.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...