Tetap Semangat Kerja
(c) https://rospaworkplacesafety.wordpress.com

Supaya Tetap Semangat di Tempat Kerja

Bekerja adalah suatu rutinitas yang dilakukan banyak orang untuk memperoleh kompensasi. Dalam bekerja tidak jarang Anda bahkan saya merasa jenuh. Hal ini bisa dikarenakan oleh beberapa hal, mulai dari lingkungan yang kurang nyaman, bosan dengan rutinitas, hingga seringnya dihadapkan pada permasalahan. Saya jadi teringat beberapa waktu lalu hampir setiap bangun pagi dan persiapan menuju kantor, saya selalu merasa sakit. Bahkan badan saya bisa panas sehingga saya memilih untuk tidak masuk kerja. Setelah saya resapi, ternyata hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi lingkungan kerja saya.

Menjaga semangat dalam bekerja terlihat cukup mudah, selama ada kemauan. Kemauan ini yang sering tertutup oleh nafsu atau tindakan gegabah kita dalam bekerja. Sering sudah terlalu banyaknya permasalahan, akhirnya seseorang merasa sudah tidak sanggup lagi bekerja dan memilih jalan untuk berhenti dari pekerjaannya. Solusi singkat, namun tidak menyelesaikan permasalahan. Lakukan semua dengan tenang. Jika memang pada saat itu Anda merasa sebaiknya resign, maka lakukanlah dengan elegan. Selesaikan tugas-tugas Anda, hingga semua terselesaikan dengan baik.

Baca juga: Jangan Lupa Untuk Selalu Menjadi Pegawai Yang Bahagia

Ada banyak cara untuk mempertahankan semangat, dari luar maupun dari dalam. Namun utamakan terlebih dahulu semangat dari dalam. Berikut beberapa cara untuk mempertahankan semangat dari dalam:

1.Kumpulkan perasaan bahagia

Mengumpulkan perasaan bahagia, merupakan hal utama yang harus dilakukan. Ada banyak cara. Anda bisa mengingat moment paling bahagia dalam hidup Anda ketika Anda sedang merasa kurang bersemangat. Selain itu, Anda dapat melakukan hal-hal yang Anda sukai seperti mengalihkan sejenak dari rutinitas kerja, mengambil cuti untuk berlibur, dan masih banyak hal lain yang dapat Anda lakukan. Kumpulkan perasaan bahagia tidak hanya di tempat kerja saja, namun buatlah secara rutin sebelum dan sesudah tidur sehingga istirahat Anda lebih berkualitas.

2.Niatkan Anda dapat menyelesaikan masalah dengan baik

Selama ada niat disitulah ada kemauan. Selama Anda memiliki niat di dalam diri, dan percaya terhadap kemampuan diri sendiri, maka disitulah Anda akan memiliki kekuatan yang tidak terduga untuk menyelesaikan segala permasalahan Anda. Ya, ibaratnya adalah the power of kepepet.

3.Visualisasikan rencana dan strategi Anda

Apalah arti strategi dan rencana jika tidak di aplikasikan. Seringkali banyak orang mengalami rasa takut untuk mengaplikasikan rencana maupun strategi yang dimilikinya. Tidak ada salahnya jika Anda memvisualisasikan dan membangun situasi yang sebenarnya dalam imajinasi Anda. Hal ini juga merupakan media latihan yang tidak banyak orang tahu hingga Anda benar-benar berani menerapkan dalam realita.

Tiga langkah tersebut merupakan cara singkat untuk membuat Anda tetap semangat di tempat kerja dan memupuk semangat dari dalam diri. Jika bukan Anda yang melakukan, siapa lagi?

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...