Karyawan

Menjadi Karyawan Yang Pandai Melihat Peluang

RuangPegawai.com – Banyak orang yang telah memutuskan untuk memilih menjadi karyawan. Baik dengan posisi pada level staf, maupun operator. Hal ini disebabkan semakin tingginya persaingan dalam dunia kerja.

Banyak orang memperebutkan posisi untuk memperoleh mata pencaharian yang sesuai dengan kebutuhan. Namun demikian, namanya manusia, seringkali tidak pernah memiliki rasa puas. Jika kembali kita melihat kejadian setiap akhir tahun menjelang pergantian tahun, selalu kita jumpai demo buruh yang mengajukan tuntan kenaikan upah.

Ada dua buah kutub tipe pekerja, yaitu yang menerima dan banyak menuntut.

Namun demikian, terlepas dari segala polemik dengan tuntutan kenaikan upah, sebaiknya kita memilih untuk menjadi karyawan yang pandai melihat peluang.

Banyak karyawan pintar yang kalah dengan karyawan yang pandai melihat peluang, terutama jika dikaitkan dengan peningkatan penghasilan. Karyawan yang pandai melihat peluang akan mampu memperoleh penghasilan tambahan tanpa harus memberikan berbagai macam tuntutan kepada perusahaan tempatnya bekerja. Jadi, tidak ada salahnya untuk menjadi karyawan yang pandai melihat peluang bukan? Lalu, bagaimana cara menjadi karyawan yang pandai melihat peluang?

Membiasakan diri melihat masalah dengan menggunakan sudut pandang yang berbeda

Dengan menggunakan sudut pandang yang berbeda dalam melihat suatu masalah menjadikan otak lebih aktif, sehingga mampu merespon informasi dengan segera. Perlu latihan secara berkala agar dapat melakukan hal tersebut. Salah satu bentuk latihan adalah tidak menerima informasi secara mentah-mentah, selalu melihat fakta-fakta terkait dan menarik kesimpulan.

Perbanyak waktu untuk belajar

Meskipun sudah memasuki dunia kerja, tentu tidak ada salahnya untuk terus belajar. Mempelajari banyak hal yang menjadi minat Anda dapat menjadi salah satu stimulus meningkatkan kemampuan dalam melihat peluang.

Misalnya saja Anda memiliki ketertarikan untuk mendirikan bisnis travel. Anda mulai mencari informasi terkait dengan kredit mobil, informasi perjalanan wisata, biaya-biaya yang dibutuhkan, dan informasi lainnya terkait dengan bisnis yang ingin Anda jalankan. Semakin banyak informasi yang Anda peroleh, semakin banyak juga peluang yang dapat Anda raih.

Baca juga: Pentingkah Kartu Kredit Untuk Karyawan?

Perbanyak waktu untuk berdiskusi

Tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu bertemu kawan lama yang sudah “sukses” hanya sekedar sharing, dan menjalin tali silaturahmi. Siapa tahu, nantinya ada ilmu dan peluang bisnis yang dapat Anda peroleh ketika berdiskusi dengan kawan lama Anda. Seringkali peluang datang dengan cara yang tidak terduga selama kita berusaha untuk mencari. Ingat, peluang tidak akan datang jika kita hanya berdiam diri saja.

Bekerja dengan hati

Bagi seorang karyawan, tentu saja menjalankan pekerjaan harus dengan hati. Tidak dengan keterpaksaan. Saya sendiri pernah merasakan bagaimana bekerja dengan keterpaksaan. Hasil tidak maksimal, dan memberikan dampak buruk bagi kondisi psikologis saya. Hal berbeda ketika saya bekerja dengan hati dan keikhlasan, semakin banyak peluang yang dapat saya lihat, dan hasil pun semakin memuaskan.

Well, mulai sekarang, berlatihlah untuk melihat peluang disekitar Anda. Kita tidak pernah tahu hingga kapan kita bisa bertahan untuk bekerja sebagai seorang karyawan. Manusia pasti memiliki titik jenuh. Pastikan Anda mencapai titik tersebut di waktu yang tepat sehingga kejenuhan tidak membawa Anda menuju jurang kehancuran melainkan kepada pencapaian yang lebih baik.

Miftha Karima

Perempuan biasa, memiliki background Psikologi. Menyukai hal-hal terkait dengan pengembangan diri, training, HRD, karywan, dan sharing ilmu

Website - Twitter - Facebook

You may also like...