Rekan Kerja

Jangan Asal Pilih Teman Ketika Bekerja Di Perantauan

RuangPegawai.com – Bekerja di luar perantauan memang menjadi tantangan tersendiri bagi seorang pegawai. Selain menawarkan kemandirian, bekerja di perantauan juga akan mendapatkan pengalaman-pengalaman yang tak terlupakan. Baik pengalaman kerja maupun pengalaman dari rekan-rekan kerja yang berbeda daerah asal.

Tapi perlu Anda ketahui, jika Anda merantau ke daerah yang memang memiliki adat dan budaya berbeda dengan daerah asal Anda sebaiknya harus berhati-hati. Terlebih ketika bergaul dengan orang-orang di perantauan. Yang terpenting adalah jangan asal memilih teman.

Lingkungan Mempengaruhi Masa Depan

Banyak pengalaman dari orang-orang yang telah pulang dari perantauan, mereka mengaku telah berubah setelah lama di perantauan. Bukan berubah ke arah yang lebih baik tapi justru terjerumus ke hal-hal yang negatif. Tentu ini sangat disayangkan, mengingat tujuan merantau adalah untuk bekerja dan tak jarang pula yang uangnya dikirim ke kampung halaman. Kalau di perantauan malah berkelakuan buruk apa jadinya?

Inilah yang perlu dijadikan perhatian bagi semua pegawai yang saat ini sedang merantau. Jangan sampai Anda salah pergaulan yang pada akhirnya malah merusak masa depan Anda. Mungkin awalnya Anda merasa sungkan jika tidak bergaul dengan rekan-rekan baru Anda, tapi jika mereka memang bukan kelompok orang-orang yang baik, sebaiknya jauhi.

Terlebih jika Anda merantau di kota-kota besar yang di sana sudah menjadi hal biasa melakukan hal-hal negatif. Jika Anda tak mampu menahan diri, bisa-bisa Anda ikut terjerumus di dalamnya.

Saya punya rekan yang merantau di Jakarta, saya tidak mengatakan Jakarta buruk tapi di lingkungan kerja rekan saya tersebut sering mengadakan kegiatan-kegiatan yang negatif. Rekan saya pun menyadari sendiri kalau dirinya tak bisa jaga diri pasti sudah ikut masuk di dalamnya.

Pilih Tempat Kerja Yang Kondusif

Salah satu cara agar tidak terjerumus dalam perbuatan yang negatif salah satunya adalah dengan bekerja di tempat yang kondusif. Tempat kerja yang kondusif ini tidak hanya lingkungannya tapi juga kegiatan yang ada diperusahaan tersebut.

Misalnya saja jika Anda merantau ke suatu daerah dan di sana Anda bekerja di sebuah bar atau tempat-tempat yang memang biasa mengadakan kegiatan negatif, secara otomatis Anda pun akan masuk dalam kegiatan tersebut dan merubah diri Anda.

Jadi sebaiknya hati-hati memilih tempat kerja, apalagi jika akan merantau.

Dekatkan Diri Kepada-Nya

Supaya iman Anda terjaga dan pekerjaan Anda di perantauan bisa mendapatkan berkah dari-Nya, sebaiknya Anda memulai untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Beribadahlah sesuai dengan agama Anda masing-masing. Karena sejatinya bekerja itu juga termasuk ibadah. Jangan setengah-setengah jika beribadah.

Jangan sampai uang Anda yang kirimkan ke kampung halaman adalah uang panas yang didapatkan dari pekerjaan yang tidak jelas asal muasalnya.

Semoga artikel ini mengingatkan kita semua baik yang sedang merantau ataupun tidak. Boleh saja bergaul tapi jangan sampai pergaulan kita menjerumuskan ke hal-hal yang dilarang oleh agama kita.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...