Pikiran Positif
Image via www.pexels.com

Jadilah Pegawai Yang Selalu Berpikir Positif

Membiasakan untuk berpikir positif merupakan hal yang penting. Selain bertujuan untuk menumbuhkan dan menjaga motivasi dari dalam diri secara konsisten, berpikir positif juga berguna untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.

Kok bisa? Yup, dengan berpikir positif, secara tidak langsung kondisi tubuh akan terpengaruh. Karena percaya atau tidak, manusia memiliki daya tarik pikiran bagaikan magnet. Selain itu, berpikir positif tentu saja juga dapat memberikan pengaruh besar terhadap perubahan karir Anda.

Jadi, tentu saja tidak ada salahnya untuk memulai berpikir positif. Berikut beberapa cara untuk memulai membiasakan berpikir positif.

1. Mengisi pikiran dan hati dengan perasaan bahagia

Perasaan Bahagia

Image via Pexels.com

Pada dasarnya ada banyak cara untuk mengisi hati dan pikiran dengan kebahagiaan. Salah satunya dengan cara lebih sering memanggil memori kenangan bahagia. Murah dan mudah. Misalnya saja Anda memiliki kenangan indah dengan kekasih atau keluarga, maka tumbuhkanlah kenangan tersebut dengan intensitas yang lebih sering.

Baik ketika Anda bangun tidur maupun ketika akan tidur. Selain itu, Anda juga dapat memanggil perasaan bahagia ketika Anda sedang diliputi dengan permasalahan. Jika ada peribahasa bahagia itu sederhana, maka dengan cara ini Anda dapat mewujudkan kebahagiaan di hati dan pikiran Anda.

2. Memperbanyak aktifitas positif

Memperbanyak aktifitas positif tentu saja secara tidak langsung dapat mempengaruhi cara berpikir kita. Hal ini dikarenakan, stimulus positif yang muncul tentu saja akan memicu otak untuk memberikan respon positif. Aktifitas tersebut dapat berupa berbagai macam, mulai dari bakti sosial, berkunjung ke panti asuhan, membantu teman yang sedang kesulitan, dan sebagainya.

Dengan melakukan aktifitas positif, tentu saja kita akan semakin banyak bersyukur sehingga hati dan pikiran akan selalu terjaga untuk tetap positif.

3. Menjauhkan diri dari bergosip

Stop Gosip

Image via http://karirgogo.com/

Bergosip terkadang sadar atau tidak sangat memungkinkan untuk dilakukan. Karena kecenderungan bergosip adalah membicarakan keburukan seseorang, tentu saja dapat mempengaruhi pikiran positif yang mulai Anda bentuk.

Jika Anda ingin menghindari perilaku bergosip, cukup mengingat bahwa hidup kita tidak jauh lebih baik dari orang yang kita gosipkan. Hidup sehat, dan berfokus pada kebahagiaan diri sendiri.

4. Fokus kepada kebahagiaan diri

Sangat memungkinkan kita diliputi dengan perasaan merasa berdosa, rasa bersalah, bahkan membuat kita berlarut-larut dalam kesedihan. Jika Anda ingin memulai untuk berpikir positif, maka cobalah untuk memaafkan diri Anda sendiri, dan mulailah berfokus pada kebahagiaan yang Anda alami dan yang Anda inginkan. Ingatlah selalu bahwa diri Anda adalah magnet, yang dapat menarik apa pun yang Anda pikirkan.

5. Menyusun mimpi

Semua orang, Anda, dan saya tentu saja selalu menginginkan segala sesuatu yang terbaik. Dan untuk mewujudkan hal tersebut, susunlah mimpi. Hal ini dikarenakan segala hal yang kita mimpikan pasti merupakan hal yang positif. Susunlah mimpi dan wujudkan dalam pemikiran Anda setiap saat, tanpa Anda sadari perilaku yang Anda lakukan sudah berada pada tahap menjemput mimpi. Dengan demikian, Anda akan menjadi selalu berpikir positif.

6. Selalu Yakin!

Tiada kata selain YAKIN. Anda sudah berusaha, menjaga pikiran tetap positif, dan melakukan yang terbaik, maka kini saatnya Anda menjadi yakin. Cobalah untuk menanamkan keyakinan bahwa jika Anda sudah melakukan yang terbaik, maka Anda juga akan memperoleh hasil yang baik. Proses yang Anda lakukan akan terbayarkan secara setimpal. Selain itu, yakinlah bahwa tetap ada campur tangan Tuhan dari apa yang sudah Anda kerjakan.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...