Lowongan Kerja Internet Marketing

Ini Persyaratan Untuk Lowongan Kerja Internet Marketing

Meningkatnya teknologi informasi memang sangat dirasakan oleh semua kalangan masyarakat. Bagi pemilik usaha tentu akan dimudahkan dengan adanya berbagai fasilitas teknologi informasi ini, misalnya saja dalam hal pemasaran online. Tak jarang yang saat ini membuat toko online atau website guna membantu proses pemasaran.

Dengan adanya strategi marketing tersebut, lantas juga berdampak pada meningkatnya kualitas sumber daya manusia yang dibutuhkan. Pembukaan lowongan pekerjaan bagian Internet Marketing pun semakin gencar. Beberapa perusahaan kelas menengah ke bawah pun juga mulai mengincar segmen online, dan mereka mulai mencari tenaga yang bisa membantu untuk mengelola pemasaran onlinenya.

Nah, jika Anda ingin bekerja atau tertarik melamar pekerjaan di bagian Internet Marketing ini, ada beberapa persyaratan yang harus Anda milik. Berikut diantaranya.

1. Bisa Mengoperasikan Komputer dan Internet

Ini syarat wajib yang harus dimiliki. Bekerja di bagian Internet Marketing atau Pemasaran Online, memang harus bisa mengoperasikan komputer dan internet. Karena nanti pekerjaan Anda akan fokus di online, dan menggunakan komputer. Untuk itu, bagi yang sekarang belum fasih menggunakan komputer dan internet, sebaiknya belajar lebih tekun atau bisa mengikuti kursus. Spesifik dari pengoperasian komputer dan internet ini seperti mengoperasikan aplikasi office (Word, Excel, Powerpoint), tahu bagaimana mengakses internet, membuat mengirim email, browsing, mencari gambar, dl.

2. Memiliki Blog dan Aktif di Social Media

Persyaratan khusus lain biasanya harus memiliki atau minimal pernah mengelola blog. Selain itu juga aktif di social media, seperti Facebook, Twitter, Google+, Instagram, dll. Karena media-media ini nanti adalah media yang akan membantu dalam proses marketing online.

3. Paham SEO dan SEM

Ada beberapa lowongan kerja Internet Marketing yang mensyaratkan Anda harus memahami tentang SEO dan SEM. Apa itu SEO, SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah metode internet marketing yang mengoptimal sebuah website atau toko online melalui kata kunci bidikan agar mampu memiliki peringkat atau posisi teratas di mesin pencari seperti Google. Sedangkan SEM atau Search Engine Marketing adalah metode internet marketing yang dilakukan melalui sebuah kampanye iklan seperti di Google AdWords.

Nah, itu beberapa persyaratan dasar yang biasanya ada dalam lowongan pekerjaan Internet Marketing. Namun, alangkah baiknya jika Anda juga memiliki pengetahuan dan skill tentang kemampuan analisa, keahlian programming (CMS), desain menggunakan Photoshop atau aplikasi lainnya, dan metode-metode pemasaran online lainnya seperti Email Marketing.

Asyiknya, Anda akan bisa diterima diposisi ini jika Anda memiliki skill apalagi pengalaman. Jika Anda sudah memiliki itu, biasanya latar belakang pendidikan Anda tidak dipermasalahkan lagi. Dan jangan lupa, sikap atau attitude Anda juga akan menentukan apakah Anda bisa diterima atau tidak di posisi ini.

Secara umum, pekerjaan Internet Marketing ini cukup menyenangkan. Untuk masalah gaji internet marketing, itu kembali lagi ke kebijakan masing-masing perusahaan. Saat ini belum ada standart pasti untuk gaji di bidang pekerjaan ini. Selamat Bekerja!

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...